Tips & Trik

    Cara Temukan Arah Kiblat Pakai Smartphone Tanpa Pasang Aplikasi

    Cahyandaru Kuncorojati - 14 April 2021 10:40 WIB
    Cara Temukan Arah Kiblat Pakai Smartphone Tanpa Pasang Aplikasi
    Qibla Finder dari Google memanfaatkan teknologi GPS di smartphone.



    Jakarta: Kebutuhan untuk mengakses konten religi di smartphone semakin meningkat seiring tren teknologi digital dan datangnya bulan Ramadan. Hal yang biasanya paling dibutuhkan adalah menentukan arah Kiblat untuk salat.

    Tidak semua orang berada di lokasi yang memiliki fasilitas ibadah, sebagian dari Anda mungkin sedang dalam perjalanan mudik lebih awal atau mungkin ada dari Anda yang harus melakukan isolasi di rumah sakit akibat pandemi Covid-19 dan lupa menanyakan arah Kiblat untuk salat.






    Medcom.id sudah membuat panduan untuk menentukan arah Kiblat memakai smartphone bahkan tanpa harus memasang aplikasi khusus. Hal ini mungkin sangat membantu bagi pengguna yang memiliki memori innternal kecil atau sudah memiliki terlalu banyak aplikasi.

    1. Buka browser internet di smartphone kemudian lakukan pencarian Qibla Finder. Anda akan menemukan Qibla Finder yang disediakan oleh situs milik Google.

    2. Setelah Anda membuka situs Qibla Finder maka dia akan meminta izin agar browser bisa mengakses fitur lokasi/GPS dan kamera di smartphone Anda. Berikan izin untuk situs Qibla Finder mengaksesnya.

    3. Apabila Anda sudah memberikan izin selanjutnya arahkan hape ke bawa, maka Anda akan melihat sebuah kompas. Kompas ini akan menunjukan garis biru yang apabila Anda arahkan dengan smartphone maka akan terlihat menuju sebuah ilustrasi Ka'bah.

    4. Terakhir, arahkan smartphone agar berada dalam garis luruh dengan Ka'bah, maka Qibla Finder akan menyesuaikan titik dan memberikan notifikasi bahwa Anda sudah menghadap ke arah Kiblat.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id