Platform Digital UMKM Jadi Solusi Membangun Bisnis di Masa Pandemi

    Adri Prima - 27 September 2021 22:35 WIB
    Platform Digital UMKM Jadi Solusi Membangun Bisnis di Masa Pandemi
    Platform digital khusus UMKM berpotensi mengangkat ekonomi. (dok ist)



    Jakarta: Situasi pandemi menjadi momok bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Tidak sedikit UMKM yang terpukul bahkan koleps imbas dari pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama dua tahun. 

    Namun kini, angin segar kembali didapat pengusaha UMKM menyusul peluncuran platform digital khusus UMKM bernama Tokko yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan para pebisnis untuk membesarkan brand mereka. 

     



    VP Community Tokko, Bobby Silalahi mengakui bahwa pandemi berkepanjangan mempengaruhi pendapatan pelaku UMKM secara signifikan. Namun dibalik itu, masa pandemi juga nyatanya berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi digital. 

    “Menurut riset dari Google di akhir 2020, sektor pertumbuhan ekonomi digital Indonesia menunjukkan pertumbuhan pesat. Sektor ini tumbuh 11 persen dibanding 2019. Riset ini juga menunjukkan dalam 3 tahun ke depan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia akan tumbuh sekitar 3 kali lipat. Inilah kenapa go digital adalah jalan yang tepat,” ujar Bobby saat peluncuran virtual platform Tokko di Bandung, Sabtu 25 September 2021. 

    Platform Tokko menawarkan konsep berbeda dengan e-commerce yang cuma menaruh foto produk barang di dalamnya. Hal ini dinilai tidak cukup untuk membangun bisnis jangka panjang yang berbasis pelanggan.

    “Berjualan di e-commerce mirip seperti berjualan di pujasera, semua toko terlihat serupa dengan menu yang hampir sama. Kalau ada satu menu yang kemahalan, maka pelanggan akan pindah ke lapak dengan harga lebih murah,” lanjut Bobby. 

    Lewat aplikasi Tokko, pelaku UMKM bisa membuat website resmi mereka sendiri. Sehingga identitas brand pelaku UMKM akan tertap terjaga. 

    “Lalu yang paling penting, setelah memiliki website resmi, kita akan membangun hubungan yang terus-menerus dengan pelanggan. Tokko punya fitur daftar pelanggan yang memudahkan kamu menghubungi pelanggan setia,” ungkap Lead Product Manager Tokko, Radix Juniardi Hidayat.

    Selain itu Tokko juga sudah terintegrasi dengan berbagai macam opsi pengiriman baik regular, ekspres, same day, sampai instan yang disediakan oleh partner logistik. Fitur menarik lainnya adalah platform ini sudah terintegrasi dengan media sosial sehingga memudahkan pelaku mendapatkan pelanggan baru.

    (PRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id