comscore

Ambisi Populerkan Blockchain Lewat Game

Cahyandaru Kuncorojati - 16 Januari 2022 14:52 WIB
Ambisi Populerkan Blockchain Lewat Game
Tim project Eizper Chain.
Jakarta: Di bulan Oktober silam sebuah developer game asal Indonesia memperkenalkan proyek game terbaru yaitu Eizper Chain. Bukan hanya menawarkan genre RPG namun hal yang menarik adalah game ini mengadopsi konsep blockchain.

Eizper Chain diperkenalkan mengadopsi teknologi blockchain yang identik dengan aset kritpo. Game ini mengusung mode play-to-earn jadi setiap pemain akan mendapatkan aset kripto. 
Meskipun begitu teknologi blockchain dan aset kripro di Indonesia tergolong baru sehingga butuh edukasi lebih luas. Medcom.id berbincang dengan Lead Project Eizper Chain, Rudi Harli Setiawan.

Kapan Eizper selaku developer game Eizper Chain berdiri dan siapa pendirinya serta bagaimana ceritanya bisa mendirikan studio game ini?
Eizper Chain memulai project-nya lima bulan lalu. Saya merupakan founder dari project ini. Bekal latar belakang sebagai seorang businessman dan juga seorang gamer, saya melihat trend dalam games dan dalam teknologi blockchain. Kami berkeliling mencari orang-orang yang tertarik dengan idenya dan berdirilah project ini

Ambisi Populerkan Blockchain Lewat Game

Apa latar belakang menciptakan game Eizper Chain terutama dengan mengusung konsep blockchain dan play-to-earn?
Simple saja. Manusia membutuhkan dua hal. Kesenangan salah satunya hiburan dan pendapatan. Kalau bisa menggabungkan aktivitas yang menyenangkan sambil mendapatkan income, tentu ini akan memberi manfaat bagi banyak orang.

Blockchain merupakan teknologi yang memungkinkan Play & Earn, kita menyebutnya demikian terjadi, dengan desentralisasi asset, transparansi aset, dan feature-feature lainnya dalam teknologi blockchain

Apa saja tantangan yang ditemukan dalam pengembangan game tersebut dan konsep blockchain di dalamnya?
Area blockchain di industri game yang masih baru menjadi tantangan utama terutama untuk mengumpulkan sumber daya manusia yang memiliki minat untuk mengeksplorasi peluang ini. Kondisi tersebut juga ditambah dengan perubahan yang cepat dan massive di dalamnya.

Tidak hanya itu, edukasi ke target market jadi tantangan lain yang harus dihadapi karena area atau sektor blockhain di industri masih jarang tersentuh.

Eizper Chain dikabarkan terpilih sebagai salah satu pemenang di Global Solana Hackathon, apa bisa diceritakan mengenai event tersebut?
Ya, kami beruntung ketika pengembangan telah memasuki bulan kedua kami melihat ada Solana Hackaton tersebut. Kami mengikuti jalur blockchain game dan terpilih menjadi juara ketiga, terpilih dari sekitar 120 project seluruh dunia. Kami senang bisa membawa industri game Indonesia ke pentas dunia.

Ambisi Populerkan Blockchain Lewat Game

Apa saja keunggulan yang dinilai oleh juri di Global Solana Hackathon sehingga Eizper Chain bisa terpilih sebagai salah satu pemenang?
Kami memiliki playable game, sedangkan project lain kebanyakan baru konsep yang sangat dasar meskipun usia pengembangan game kami baru tiga bulan. 

Kualitas Tradisional Game yang kami bawa, tentu merupakan angin segar di dunia Blockchain Game yg lebih diwarnai Gamified dan kurang memperhatikan kualitas. UI/UX yang menarik dan mudah dipahami akan membawa mass adoption untuk teknologi blockchain

Apa saja dukungan yang diterima Eizper Chain dari Global Solana Hackathon?
Tentu saja kami mendapatkan reward prize tapi yang lebih penting untuk project kami adalah dukungan teknis blockchain dan ecosystem. Terlebih lagi Solana mempunya ecosystem leader yang berfokus pada market Indonesia

Ambisi Populerkan Blockchain Lewat Game

Ke depannya, apa yang akan dihadirkan atau dikembangkan lagi oleh Eizper Chain?
Perjalanan kami masih sangat panjang, sekarang team game developer Eizper sedang menyelesaikan tahap Beta yang kami rencanakan  akan dirilis pada bulan Februari 2022.

Ada berbagai plan yang akan kami lakukan di tahun 2022, pertama, ecosystem building di 10 kota di Indonesia termasuk play-to-earn yang diyakini memberikan hal baru bagi masyarakat, tidak cuma komunitas gamer.

Hal ini didukung dengan kehadiran experience center yang akan didirikan sebagai bagian edukasi sehingga masyarakat memahami konsep blockchain dan lainnya. Kami juga menyiapkan fitur seperti multiplayer, workable NFT transaction, dan lainnya.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id