Review Mouse

    Pengalaman Menjajal Mouse Rp200 Ribu Logitech M185

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 07 Oktober 2020 15:05 WIB
    Pengalaman Menjajal Mouse Rp200 Ribu Logitech M185
    Logitech M185
    Jakarta: Produk berikutnya yang datang ke meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id adalah Logitech M185. Mouse kasual ini hadir dalam harga murah, dan bisa Anda jumpai dengan mudah di sejumlah toko ritel di kota besar.

    Sesuai dengan target pasar, ia hadir dengan kemampuan esensial yang ringkas, dan pastinya bisa dipakai secara nirkabel. Mouse ini bukanlah satu-satunya yang tersedia dengan harga ekonomis, dan ada juga seri palin yang diproduksi Logitech agar menambah pilihan untuk konsumen. Begini review kami mengenai Logitech M185.

    Jika membicarakan harga, Logitech M185 dipatok Rp239.000. Harga ini memang masih lebih mahal ketimbang seri lain yang dibanderol rentang Rp100 ribu. Oleh karena itu, Logitech harus menanamkan beberapa fitur menarik tetapi tidak berlebihan pada M185. Tujuannya tetap untuk menarik hati konsumen tanpa harus dibayar dengan harga yang mahal.

    Pengalaman Menjajal Mouse Rp200 Ribu Logitech M185

    Mouse ini menggunakan material plastik yang kualitasnya sudah teruji dalam setiap produk besutan Logitech. Material ini memungkinkan mouse hadir dengan bobot ringan. Dengan begitu, ia bisa menggunakan satu baterai AA, yang membuat mouse ini diklaim bisa beroperasi hingga 12 bulan.

    Baterai ini terpasang di dalam bodinya yang cukup gemuk tetapi masih dapat menopang telapak tangan dengan nyaman. Anda juga bisa menyimpan receiver bawaan di dalam bodi ini, dengan tempat khusus yang sudah tersedia. Perlu diingat bahwa mouse ini menggunakan koneksi 2,4GHz dan hanya bisa terhubung dengan receiver bawaan, tak bisa dengan bluetooth.

    Logitech M185 menggunakan warna dasar hitam dengan beberapa pilihan warna pelengkap: biru, merah dan abu-abu. Warna pelengkap ini dirancang mengkilap dan tidak terlalu cerah, serta punya porsi yang cukup terlihat pada bodi mouse.

    Ia menyediakan fungsi dasar mouse wireless, yaitu tiga tombol utama klik kiri, kanan, dan scroll. Anda bisa mengaktifkan Logitech M185 lewat tombol power yang ada di sisi bawah. Satu kelemahan yang kami lihat adalah ketiadaan indikator berupa LED atau nyala merah pada optiknya, sebagai penanda mouse telah aktif atau mati.

    Satu-satunya cara untuk mengetahui bahwa ia sudah aktif atau baterainya masih punya daya adalah dengan menggerakkan mouse.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 7 3800XT
    Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
    Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Hadir dengan fungsi standar, lensa optik Logitech M185 punya sensitivitas 1.000DPI yang tidak dapat diubah. Sensitivitas ini sudah mencukupi untuk keperluan standar kantoran. Oleh karena itu, pengguna juga tidak perlu menggunakan software tambahan.

    Pergerakan mouse juga cukup baik berkat bobot yang masih tergolong tepat. Meskipun mouse ini punya harga yang masih terjangkau, ada baiknya untuk tetap menduetkannya dengan mousepad. Tak hanya untuk memudahkan pergerakan mouse, mousepad juga tidak merusak bodi bawah mouse yang pada umumnya cepat aus akibat permukaan yang kurang bagus.

    Sejauh pengalaman penggunaan, Logitech M185 menjalankan perannya dengan tepat. Beberapa kali kami mencobanya juga untuk bermain game, yang sebenarnya juga memadai. Hanya saja, ini berlaku untuk genre tertentu, tidak disarankan untuk bermain game FPS atau game lainnya yang punya tempo cepat dengan mouse ini.

    Dengan konsumsi daya yang irit, Anda juga tidak perlu repot lagi mematikan power secara manual. Beberapa kelebihan ini memang menjadi alasan tepat untuk pengguna yang tidak perlu punya mouse dengan keperluan spesifik.

    Kesimpulan
    Harganya yang masih dalam batas wajar merupakan kelebihan berikutnya. Mungkin untuk sebagian konsumen, Logitech M185 masih lebih mahal dari beberapa mouse yang dibanderol sekitar Rp150 ribu.

    Namun, kualitas khas Logitech memberikan jaminan bahwa ia punya daya tahan yang baik, dan pastinya dapat mendukung produktivitas. Satu kekurangan berupa indikator LED sebagai status mati atau aktif merupakan aspek yang mungkin tidak terlalu dipikirkan orang. Selain itu, ia hanya bisa digunakan dengan receiver bawaan.

     
     
    8
    Logitech M185
    Plus
    • Wireless
    • Baterai awet
    Minus
    • Tak ada indikator LED


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id