ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC, Luar Biasa Tanpa RTX

    Cahyandaru Kuncorojati - 02 April 2019 17:19 WIB
    ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC, Luar Biasa Tanpa RTX
    ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC.
    Jakarta: Di akhir Februari, NVIDIA sudah mengumumkan kehadiran kartu grafis terbaru di keluarga GeForce GTX. Hal menariknya adalah GTX 1660 Ti menggunakan GPU arsitektur Turing, bukan Pascal seperti keluarga GTX lainnya.

    Artinya, beberapa fitur andalah dari GPU Turing di keluarga GeForce RTX disunat, tidak tersedia di GTX 1660 Ti. Namun dalam sesi conference call dengan media, Medcom.id mendapatkan klaim dari NVIDIA bahwa performa produk terbarunya ini masih terbaik di keluarga GTX.

    Banyak pihak menilai kehadiran GTX 1660 Ti berasitektur Turing ini adalah cara NVIDIA mengatasi kekurangan RTX yang dirasa masih sangat mahal. 

    ASUS merilis lima varian kartu grafis tersebut. Salah satu yang sudah Medcom.id uji adalah ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC. ASUS memodifikasi kartu grafis ini dengan mengusung form factor menggunakan tiga kipas pendingin. Jadi ukurannya lebih panjang, dan menurut Medcom.id cukup tebal.

    ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC, Luar Biasa Tanpa RTX

    Tampilan depan ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC masih menggunakan formula yang sama seperti produk ASUS sebelumnya. Tersedia dua LED RGB yang bisa dikustomisasi. Selain itu, tersedia tombol untuk menonaktifkan LED.

    Untuk mencegah bending, ASUS masih melengkapi frame tambahan dengan tulisan GeForce GTX pada bodinya. Beralih ke sistem pendingin, produk ini masih menggunakan tiga kipas pendingin.

    Dilihat secara saksama, bentuk sirip kipasnya sama dengan ASUS ROG Strix GeForce RTX 2080 08G Gaming yang pernah kami ulas. Sirip kipas yang digunakan adalah paten Axial-tech Fans milik ASUS. Motor kipasnya juga masih mendukung mode pintar, kipas tidak akan bekerja selama suhu di bawah 55 derajat celcius.

    ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC, Luar Biasa Tanpa RTX

    Satu lagi fitur yang bisa ditemukan seperti di versi keluarga NVIDIA RTX adalah switch untuk P (Performance) Mode dan Q (Quiet) Mode. Di P Mode, kipas akan bekerja maksimal sementara di Q Mode kipas akan bekerja dengan mengurangi tingkat kebisingan.

    ASUS mengklaim bahwa mode yang diberi nama Dual BIOS itu tidak akan memengaruhi performanya. Kemudian komponen pendingin di dalamnya masih menggunakan desain heatsink dan heatpipe paten ASUS MaxContact Technology seperti di produk mereka yang lain.


    Bagaimana Performanya?
    Di situs resminya, ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC disebut memiliki GPU Boost Clock 1860Mhz dan Base Clock 1500MHZ dalam mode default. Mengingat versi ini mendukung overclocking (OC) ASUS menyebut Boost Clock bisa menyentuh 1890MHz dengan Base Clock 1530MHz.

    CUDA core yang dimiliki sebanyak 1536 core dengan VRAM GDDR 6GB dan memory clock 12002MHz. Memory interface yang digunakan adalah 192bit dan BUS Standard yang didukung PCIe 3.0.

    Medcom.id menguji ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC pada testbed. Mengandalkan prosesor Intel Core i7-8700K di motherboard ASUS Z370-A Prime.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
    Motherboard  ASUS Z370-A Prime
    RAM  Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
    VGA  Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
    Pendingin  Noctua NH-U21S
    Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS PB287Q 4K, ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70


    Dalam pengujian ini kami mencari tahu performa bawaan dalam P Mode pada pilihan Dual BIOS. Kartu grafis ini menyediakan I/O Port yang terdiri dari dua port HDMI 2.0b, dua Display Port. ASUS menyebut ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC tidak mendukung mode NVLink maupun Crossfire.

    Dalam pengujian menggunakan software 3DMark Fire Strike, ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC mendapatkan skor 14.974, skor yang cukup tinggi untuk kelas GeForce GTX. Kemudian Medcom.id mengujinya dengan memainkan tiga game kelas AAA di kualitas grafis tertinggi pada resolusi 1920 x 1080. 

    ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC, Luar Biasa Tanpa RTX

    Terpantau average frame rate yang diperoleh semuanya hampir bisa menyentuh di atas 50fps dan minimum frame rate berada di atas 30fps. Tanpa dukungan ray tracing khas keluarga GeForce RTX, ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC masih luar biasa bagi yang mengejar frame rate tinggi.


    Kesimpulan
    ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC masih disajikan oleh ASUS mengejar kesempurnaan yang mereka berikan di seri keluarga GeForce RTX. Produk ini memiliki tampilan luar yang masih sama seperti seri tersebut.

    Harus diakui saat menggenggamnya, Medcom.id menemukan rasa yang berbeda. Seri ini terlihat tidak gagah seperti seri GeForce RTX. Mungkin alasannya adalah untuk menunjukkan bahwa kartu grafis ini tetap menjadi bagian dari rumpun GTX, terlepas dari arsitektur yang dipakai. Fitur seperti Dual BIOS dan switch untuk menonaktifkan mode LED RGB ada di depannya.

    Performa yang diberikan ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC memang terasa seperti saat dulu menjajal kartu grafis berbasis NVIDIA GeForce GTX 1070. Jadi produk ini rasanya tepat bagi pengguna GTX 1060 maupun GTX 1050 yang ingin merasakan frame rate tinggi.

    ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC dibanderol mulai dari Rp4 juta. Di pasar sendiri, tersedia produk kartu grafis berbasis NVIDIA GeForce RTX 2060 di harga mulai dari Rp5 juta. Jadi harga tersebut bisa dibilang selisih sedikit.
     
     
     
    ASUS ROG Strix GTX 1660 Ti 6G Gaming OC
    Plus
    • Performa memuaskan
    • Fitur yang disediakan ASUS sama seperti di seri GeForce RTX.
    Minus
    • Desainnya masih menggunakan tampilan lama
    • Harganya selisih sedikit dengan seri GeForce RTX 2060




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id