Ini Pengalaman Menjajal realme 3

    Mohammad Mamduh - 17 September 2019 12:17 WIB
    Ini Pengalaman Menjajal realme 3
    realme 3
    Jakarta: realme bisa dibilang berhasil menarik perhatian konsumen Indonesia. Masuknya mereka ke dalam posisi lima besar pangsa pasar smartphone Indonesia berdasarkan laporan beberapa lembaga riset, menunjukkan bahwa realme punya beragam fitur dan karakteristik yang layak dilihat.

    Salah satu smartphone mereka, realme 3, juga termasuk di dalamnya. Smartphone yang meluncur pada bulan Maret lalu ini dipatok dengan harga tidak sampai Rp2,7 juta. Memang, banyak produsen yang bertarung di rentang harga tersebut.

    Sebagai varian yang tidak mengusung embel-embel Pro, realme 3 mencoba menawarkan beberapa kelebihan. Seperti apa kelebihan tersebut? Apa kekurangan yang dimilikinya? Berikut ulasan Medcom.id.
     

    Desain

    realme 3 tetap meneruskan karakteristik merek realme, yang menawarkan desain menarik dengan harga yang layak dilirik. realme 2 menyematkan desain Diamond Cut, sedangkan realme 3 memainkan unsur gradasi, tanpa memberikan motif nyata pada bodi belakangnya. Kelemahannya, bodi ini mudah kotor akibat sidik jari, begitu juga dengan layar depannya.

    Fokus model ini adalah memainkan beberapa elemen warna yang saling terhubung. Unit yang kami uji menyematkan warna biru, sehingga ketika dilihat dari beberapa sisi, akan muncul warna tosca. Di luar dugaan, bodi plastiknya punya kualitas yang bagus, lebih bagus dibandingkan dua saudara realme.

    Ini Pengalaman Menjajal realme 3

    Tetap mengikuti tren saat ini, realme 3 menyematkan layar bezel tipis dengan motif poni pada sisi speaker dan kamera depan. Layar ini berukuran 6,26 inci, dengan rasio layar ke bodi mencapai 81,6 persen. Tidak sepenuhnya menutupi bodi, Anda masih bisa melihat bingkai hitam di setiap pinggiran, terutama sisi bawahnya. Dari sisi estetika, ukuran layar ini juga masih proporsional, nyaman digenggam satu tangan. 

    Begitu juga dengan lapisan bodi yang cukup memberikan grip. Di sisi lain, bodinya yang menyematkan konsep seperti cermin membuat sidik jari mudah membekas, meskipun tidak lebih buruk dari produk pesaing. Kembali ke bodi belakang, kamera realme 3 dipasang secara vertikal, dengan bingkai yang menyatukan semua komponen.

    Bukan pemindai sidik jarinya, satu hal yang menjadi ciri khas adalah arsiran emas yang melingkari salah satu komponen kamera. Dengan begitu, konsumen bisa mengetahui saat ada orang yang menggunakan realme 3, tanpa harus melihat logo realme yang terpasang secara horizontal. 

    Ini Pengalaman Menjajal realme 3

    Untuk konektivitasnya, realme 3 menyediakan dua slot kartu SIM, yang biasanya menjadi pertimbangan konsumen Indonesia saat mencari smartphone terjangkau. Ia juga masih mengadopsi port Micro USB untuk mengisi baterai dan transfer data via kabel. Kesan bahwa pengisian baterainya lambat seharusnya sudah tidak ada, karena port tersebut dirancang untuk penggunaan VOOC Charge. Ponsel ini juga masih menyediakan jack audio 3,5 mm. 

    realme 3 punya desain bodi yang menarik di kelasnya. Balutan warna yang memberikan ponsel ini tidak berasal dari kelas terjangkau bisa memberikan rasa percaya diri kepada penggunanya. 
     

    Antarmuka Pengguna

    realme 3 sudah mengadopsi Android 9 dengan antarmuka ColorOS 6. ColorOS mememberikan kustomisasi berupa fitur, desain ikon, dan elemen warna yang bisa dibilang tampil beda. Untuk Anda yang sudah terbiasa dengan antarmuka ini, beberapa fungsi akan terlihat sama, walaupun ada pembaruan dari segi sistem Android.

    Ketika mengakses beberapa panel, penggunanya mungkin sadar bahwa banyak elemen yang mirip dengan iOS. Namun, sejatinya ColorOS bisa memberikan pengalaman eksklusif. Beberapa ftur ini terlihat langsung pada bagian pengaturan.

    Salah satu fitur menarik adalah mode berkendara. Jika dilihat secara terliti pada bagian pengaturan, mode berkendara bisa membantu Anda mencegah perhatian teralihkan ke smartphone saat menyetir mobil.

    Misalnya dengan menghilangkan notifikasi untuk sementara, sehingga Anda tidak penasaran ketika berkendara dalam kecepatan tinggi. Fitur ini juga bisa dipakai secara spesifik saat mengendarai sepeda motor. Anda juga bisa menghubungkan smartphone ke dasbor mobil yang mendukung koneksi bluetooth

    Ini Pengalaman Menjajal realme 3

    Selain hardware, strategi realme 3 dalam memenuhi kadar TKDN adalah lewat software. Jika membandingkannya dengan produk kompetitor, smartphone ini menyediakan aplikasi lokal yang cukup banyak. Anda bakal langsung menyadari banyak aplikasi yang muncul begitu pertama kali menyalakannya.

    Lazada dan BliBli adalah dua aplikasi e-commerce yang terpasang, ditambah dengan Babe dan Baca Plus. Ada juga satu aplikasi media. realme 3 punya Game Space, aplikasi yang membuka akses langsung untuk menyimpan beberapa game agar dapat berjalan maksimal. Game Space juga bisa mencegah notifikasi mengganggu saat bermain.
     

    Kamera

    Sebagai ponsel di kelas terjangkau, realme 3 berusaha menghadirkan kamera dengan kualitas yang layak dipertimbangkan. Kamera belakang terdiri dari lensa 13MP dan 2MP. Sensor kamera kedua fokus mengukur jarak objek, dan sensor kamera utama mengandalkan aperture f/1.8. Kamera ini juga mendukung fungsi HDR dan pengambilan video 1080p pada kecepatan 30fps.

    Di bawah ini adalah beberapa contoh hasil foto kamera belakang realme 3. Terlihat bahwa hasilnya cukup baik. Sebagian orang mungkin akan membandingkannya dengan ponsel Xiaomi di kelas yang sama. realme 3 masih bisa memastikan warna yang terkam cukup akurat, baik dalam kondisi pencahayaan terang maupun agak gelap.

    Ini Pengalaman Menjajal realme 3

    Ini Pengalaman Menjajal realme 3

    Ini Pengalaman Menjajal realme 3

    Ini berkat satu fitur dari software yang akan meningkatkan intensitas warna objek, yang realme beri nama Chroma Boost. Bisa dibilang, fitur ini memanfaatkan kecerdasan buatan, dan secara otomatis menambah elemen warna yang dianggap tepat.

    Sejauh penggunaan, hasil foto dengan fitur ini cukup baik. Satu foto yang diambil pada malam hari, dengan kondisi cukup banyak cahaya lampu, menunjukkan bahwa kamera kurang mampu mengambil objek bergerak.

    Hal ini terhitung wajar untuk ponsel yang ada di kelas terjangkau. Contoh foto makanan yang kami ambil juga menunjukkan akurasi warna yang cukup baik, dengan elemen warna merah dan warna yang berdekatan dengan merah.

    Ini Pengalaman Menjajal realme 3

    Ini Pengalaman Menjajal realme 3

    Untuk kamera depan realme 3 punya kualitas 13MP, yang sebenarnya sudah cukup umum di ponsel Android. Kemampuannya memang sudah memadai untuk mengambil wajah pengguna, baik dalam kondisi cahaya cukup atau agak gelap.

    Kamera depan ponsel Android identik dengan kemampuan menghaluskan wajah dan seringkali mengurangi ketajaman objek. Hal ini juga berlaku pada realme 3, tetapi dengan beberapa peningkatan. Anda bisa melihat contohnya di atas.
     

    Performa

    realme 3 mengadopsi prosesor MediaTek Helio P60, berpadu dengan dua pilihan RAM 3GB atau 4GB. Kapasitas penyimpanannya terdiri dari dua pilihan, yaitu 32GB dan 64GB. Versi 4GB/64GB tentunya menawarkan performa yang lebih baik, yang terlihat dari lancarnya penggunaan sehari-hari.

    Smartphone ini tidak menemukan masalah ketika menjalankan beberapa aplikasi media sosial sekaligus, ditambah untuk menonton film dari data yang telah tersimpan atau streaming lewat aplikasi tertentu. Saat bermain game, realme 3 tidak menghasilkan panas yang cukup mengganggu, begitu juga saat smartphone dipakai untuk merekam video dalam waktu yang lama.

    Ini Pengalaman Menjajal realme 3

    Seperti yang terlihat pada grafik di atas, performa realme 3 cukup baik. Ia mampu mengalahkan dua ponsel Nokia, yang sejauh ini hanya dikenal sebagai ponsel tahan banting. realme 3 punya peforma lebih baik sekitar 2.000 poin dari ZenFone Max M2. Sementara untuk ketahanan baterai, 11 jam adalah durasi yang cukup lama, terutama terlihat dari pengukuran aplikasi PC Mark.

    11 jam di sini Anda bisa beraktivitas dengan realme 3 hampir sehari penuh, dengan asumsi berangkat bekerja sampai pulang. Smartphone ini mungkin akan menyisakan daya baterai sekitar 20 sampai 30 persen.

    Ini Pengalaman Menjajal realme 3
    Saat dipakai untuk memainkan beberapa game populer seperti PUBG Mobile, realme 3 mampu menjalankannya secara maksimal pada pengaturan medium. Tidak disarankan untuk memainkannya pada pengaturan tertinggi. Ini berguna untuk memberikan respons lebih baik terhadap perintah yang diberikan pemain. Sedangkan untuk Asphalt 9: Legends, realme 3 optimal ketika bermain dengan pengaturan terendah.

    Kesimpulan
    Dengan harga kompetitif, realme 3 adalah salah satu pilihan yang tepat, terutama jika Anda tidak terlalu suka dengan smartphone besutan Xiaomi. Produk kompetitor tersebut dikenal dengan spesifikasi yang menggiurkan, dibungkus dengan harga menarik. Performanya jika diukur lewat aplikasi benchmark juga terbukti cukup menarik. 

    Pada kenyataannya, performa dalam bentuk angka mungkin tak terlihat dalam penggunaan sehari-hari. Sementara dari aspek desain, realme 3 terbilang lebih baik. Ini juga telah terbukti dari generasi sebelumnya, yang berusaha menunjukkan hal berbeda, baik dari kompetitor maupun saudaranya. Kualitas kameranya juga layak dipuji, mengingat kelasnya yang tidak termasuk dalam kategori mahal.

    Daya tahan baterainya juga cukup lama. Ini merupakan salah satu faktor penting untuk pengguna yang menyasar smartphone kelas menengah cenderung terjangkau. Baterai yang awet memastikan si pengguna tak perlu lagi membawa powerbank dan kabel pengisi daya. Sejauh ini, realme 3 menjadi bukti realme serius bertarung di ranah smartphone kelas menengah ke bawah.
     
      realme 3
    Prosesor  MediaTek Helio P60 2.0 GHz
    GPU Mali-G72 MP3
    OS Android 9.0 Pie + Color OS 6
    RAM 4GB
    Memori Internal  64GB
    Kamera 13MP + 2MP (belakang), 13MP (depan)
    Baterai 4.230 mAh
    Layar 6,22 inci, 720 x 1520 piksel
    Harga Rp2.099.000
     
     
    8
    realme 3
    Plus
    • Desain rasa kelas menengah
    • Fitur berkendara
    • Kamera belakang memadai
    • Baterai awet
    Minus
    • Layar dan bodi depan mudah kotor




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id