Review Mouse

    Logitech M590, Mungil dan Senyap

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 01 Agustus 2020 12:11 WIB
    Logitech M590, Mungil dan Senyap
    Logitech M590
    Jakarta: Logitech M590 menjadi mouse berikutnya yang datang ke meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id. Anda juga mungkin sudah mengetahui bahwa Logitech merupakan pemain lama untuk produk mouse.

    Seiring dengan perkembangan teknologi, mereka menciptakan berbagai seri yang dirancang untuk berbagai kebutuhan. Logitech M590 kali ini ingin menyasar segmen pekerja yang memerlukan mouse mungil dengan konektivitas nirkabel. Tak seperti mouse standar, ia tercipta dengan beberapa fitur unggulan. Berikut review Logitech M590 oleh kami.

    Mendukung mobilitas tinggi, Logitech M590 menyediakan dimensi yang cukup kecil. Ini sama dengan beberapa mouse mereka lainnya yang dipasarkan dengan kotak penjualan yang kurang cocok untuk disimpan kembali, seperti seri MX atau gaming. Begitu pertama kali dipakai, mouse ini menyediakan kontur khusus pada bagian ibu jari, tentu untuk menyediakan grip.

    Logitech M590, Mungil dan Senyap

    Bodinya menggunakan material plastik yang bagus, dengan lapis karet pada sisi pinggir demi memberi kesan ergonomis dan grip saat dipakai dalam waktu lama. Material karet berarti punya tekstur matte dan dapat menyerap keringat.

    Selama beberapa hari pemakaian pengguna akan merasakan grip yang kurang nyaman karena dimensi kecil dan kontur yang kurang “berani”. Secara tidak langsung ini berdampak pada tingkat kenyamanan yang pada akhirnya dirasa kurang.

    Sebagai mouse ringkas, Logitech M590 menyediakan rumah untuk receiver, dan menggunakan baterai AA untuk pengoperasian. Anda bisa membuka sisi bawahnya untuk memasang baterai dan menyimpan receiver.

    Pemakaian satu unit baterai AA memungkinkan ia beroperasi lebih dari tiga bulan, walaupun secara intensif. Ini karena dukungan non aktif otomatis saat mouse tidak dipakai Pada sisi bawah ini juga terpasang switch power. 
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Sementara terkait antarmuka lainnya, mouse mungil ini bisa terbilang cukup mumpuni. Tombol scroll menyediakan dua fungsi geser kiri dan kanan, tak lupa dengan dua tombol pada bagian ibu jari.

    Di belakang scroller terdapat tombol pengganti konektivitas, yang memungkinkan Logitech M590 terhubung dengan dua perangkat sekaligus. Sebagai contoh, Anda bisa menghubungkannya dengan PC dan laptop di saat yang sama, cukup lewat konektivitas receiver dan bluetooth. 

    Logitech M590 merupakan salah satu mouse yang mendukung fitur Logitech Flow, yaitu pengoperasian yang tersambung pada dua perangkat. Contoh mudahnya, Anda bisa memindahkan beberapa jenis data dari PC ke laptop hanya dengan menggeser kursor ke ujung layar sampai pindah ke layar lain.

    Fitur ini dapat aktif setelah menginstal aplikasi Logi yang disarankan begitu mouse pertama kali terpasang. Lewat aplikasi ini Anda juga bisa mengkustomisasi fungsi beberapa tombol. 

    Logitech M590, Mungil dan Senyap

    Dari aspek fitur hardware, Logitech M590 menanamkan satu kelebihan yang pada tombol klik yang cukup sunyi. Logitech mengklaim bahwa bunyi klik pada mouse ini berkurang hingga 9- persen.

    Selama menggunakannya, harus diakui klaim tersebut sesuai. Hampir tak ada bunyi klik yang biasanya menjadi penanda perintah berhasil masuk. Meskipun sunyi, tombol klik ini tetap memberikan respons yang sesuai, seperti tak ada komponen yang dikorbankan.

    Kini saatnya membicarakan pengalaman penggunaan. Logitech M590 mampu memberikan akurasi yang cukup baik untuk keperluan kantoran. Salah satu faktor pendukungnya adalah sensor 1.000 DPI.

    Oleh karena itu, tidak disarankan memakainya untuk bermain game yang memerlukan presisi tinggi. Jika Anda masih ingin menggunakannya untuk bermain game, pilihlah judul yang tak menuntut kecepatan tangan kanan, seperti game strategi atau turn-based.

    Scroller juga menjadi komponen berikutnya yang cukup unik. Pergerakannya berbeda dengan scroll mouse logitech pada umumnya. Ia bisa bergerak lebih lincah ketika pengguna memberikan sedikit tenaga, tetapi pergerakan ini masih dalam batas yang wajar. 

    Kesimpulan
    Di Indonesia, Logitech M590 dijual pada rentang harga Rp380.000 sampai Rp410.000. Harganya cukup ekonomis cenderung menarik berkat beberapa fitur yang tidak ditemukan pada mouse standar.

    Fitur ini tersedia secara software dan hardware, tak lupa dengan daya tahan baterai yang sangat baik. Satu kekurangan yang kami lihat pada Logitech M590 adalah tingkat ergonomis yang semestinya masih bisa lebih baik.
     
     
    8
    Logitech M590
    Plus
    • Silent click
    • Baterai sangat awet
    • Logitech Flow
    • Harga menarik
    Minus
    • Kurang ergonomis


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id