HyperX Fury RGB, Kencang dan Tampilan Menarik

    Cahyandaru Kuncorojati - 29 November 2019 14:01 WIB
    HyperX Fury RGB, Kencang dan Tampilan Menarik
    HyperX Fury.
    Jakarta: Sama seperti smartphone, di PC khususnya PC Gaming kebutuhan RAM termasuk komponen penting. Seiring perkembangan game, kebutuhan kapasitas RAM semakin besar sekaligus kencang. PC enthusiast bahkan overcloker tidak segan memacu kemampuan RAM di PC.

    Kingston yang dikenal sebagai perusahaan penyedia komponen memori juga punya bisnis di segmen gaming lewat nama HyperX. Di sini mereka menawarkan produk RAM khusus yang salah satunya adalah HyperX Fury.

    Beberapa waktu lalu meja redaksi kanal Teknologi Medcom.id kedatangan produk RAM dari HyperX Fury RGB. Kami menerima HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz. Beradasarkan namanya, bisa diketahui kartu RAM dengan form factor UDIMM ini mengusung tampilan berhiaskan RGB LED RGB tersebut berada di bagian atasnya.

    Menurut saya, build quality HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz sangat bagus dan membuatnya punya usia yang panjang. Desainnya sangat pas untuk berbagai sistem atau PC build tema apa saja, termasuk PC gaming karena bodinya dibalut warna hitam.

    HyperX Fury RGB, Kencang dan Tampilan Menarik

    Terdapat beberapa tulisan di bodinya yang menggunakan warna abu-abu. Di bagian atas LED RGB juga terdapat tulisan HyperX yang tidak aneh. Cahaya yang dihasilkan LED RGB dari HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz juga sangat memikat perhatian.

    Medcom.id mudah mengenali efek cahaya yang disajikan berbeda dengan LED RGB yang sekadar menyala berganti warna. HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz memiliki LED RGB dengan delapan pola efek cahaya dan bisa dibuat siknron dengan efek RGB dari software bawaan motherboard, seperti Aura Sync dan Mystic Light.

    Hal ini sangat memudahkan PC builder yang memadukan beragam merek komponen di motheboard mereka. Jadi mereka tidak perlu memasang banyak software companion untuk setiap komponen. Kini masuk ke dalam spesifikasi yang ditawarkan.

    HyperX Fury RGB, Kencang dan Tampilan Menarik

    Seri HyperX Fury sebetulnya tersedia dalam dua jenis yaitu RGB dan non RGB. HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz juga punya saudara dengan kapasitas 16GB. Pilihan paket penjualannya terdiri dari single module, kit 16Gb dan kit 64GB yang terdiri dari empat keping 16GB.

    HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz sudah mengadopsi DDR4 dengan menawarkan frekuensi mulai dari 2400MHz hingga 3466Mhz. Kemampuannya juga visa dilakukan overclock. Kartu RAM ini sudah mendukung fitur XMP Ready dan Plug N Play.

    Fitur Plug N Play membuat HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz secara otomatis berjalan di performa overclock yang sudah diatur oleh BIOS. Kecepatannya bisa berjalan di 2400MHz hingga 2666MHz.

    Kami menguji HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz dengan memasangnya pada testbed yang dimiliki. Kartu RAM ini digunakan pada motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming dengan prosesor Intel Core i9-9900K.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB, Seagate Barracuda 8TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Pengujian menggunakan software AIDA64 Extreme dan HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz berjalan di mode default di frekuensi 2400Mhz. Hasilnya, kartu RAM ini punya kemampuan memory read di 34.608MBps dan memory write 34.293MBps.

    Performa tersebut terbilang kencang meskipun masih di mode default. Kecepatannya tentu meningkat lagi apabila dipacu lagi dan mengaktifkan Intel XMP.

    Berbekal kartu grafis ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz kami ajak untuk bermain tiga game di resolusi 1920x1080 dan kualitas grafis Ultra alias tertinggi. Hasilnya, kartu RAM tersebut bisa mendukung testbed kami mendapatkan frame rate rata-rata yang tinggi.

    HyperX Fury RGB, Kencang dan Tampilan Menarik

    Kesimpulan
    HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz termasuk dalam kartu RAM yang pantas untuk dipilih baik PC gamer maupun PC enthusiast. Tampilan yang menarik memang jadi salah satu bukti build quality dari HyperX Fury sangat terjamin.

    Bagi penggemar RGB, HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz punya RGB yang tamnpilannya tidak murahan. Kompatibilitas dengan efek RGB dari sistem PC atau motherboard membuat konfigurasi efek LED RGB tidak lagi repot.

    Di sisi performa HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz punya kemampuan yang sangat bisa diandalkan bahkan di mode perfroma bawaan. Apabila penggunanya bisa memacu kartu RAM ini tentu performanya bisa lebih tinggi lagi.

    Melihat kualitas dan performa, tidak heran apabila HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz punya harga yang agak mahal. Pantauan Medcom.id di internet, HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz di Indonesia dijual mulai dari harga Rp1 juta.

     
     
     
    HyperX Fury RGB 8GB 3200MHz 
    Plus
    • RGB mudah tersinkron dengan software lain
    • Desain pelindung keren
    Minus
    • Harga


     



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id