Review Smartwatch

    Huawei Watch Fit Elegant Edition, Elegan, Bermanfaat

    Lufthi Anggraeni - 30 April 2021 15:22 WIB
    Huawei Watch Fit Elegant Edition, Elegan, Bermanfaat
    Huawei Watch Fit Elegant Edition tidak hanya mendukung tampilan tapi juga aktivitas olahraga.



    Jakarta: Huawei memperkuat ekosistem produknya di Indonesia dengan meluncurkan berbagai produk selain smartphone, salah satunya adalah smartwatch. Pada kategori perangkat wearable ini, Huawei merilis sejumlah produk termasuk Watch Fit Elegant.

    Huawei Watch Fit Elegant Edition merupakan varian lebih mewah jika dibandingkan dengan Huawei Watch Fit versi standar. Meskipun demikian, Huawei juga membekali perangkat ini dengan fitur pelacak fitness tergolong lengkap.






    Sesuai dengan namanya, Huawei Watch Fit Elegant Edition hadir dengan tampilan elegan, menggunakan bingkai berbahan stainless steel yang tersedia dalam dua pilihan warna, Frosty White dengan tali berwarna putih dan bingkai berakses emas, serta Midnight Black dengan tali hitam dan bingkai perak.

    Pada perangkat yang kami coba, kehadiran bingkai dengan warna perak mengkilat ini menjadi pendukung utama kesan elegan yang disuguhkan Huawei Watch Fit Elegant Edition ini. Tidak hanya soal bingkai, bentuk persegi yang lebih memanjang di atas dan bawah turut mendukung kesan elegan perangkat ini.

    Huawei Watch Fit Elegant Edition, Elegan, Bermanfaat

    Berkat bentuk tersebut, perangkat ini sesuai untuk digunakan oleh laki-laki dan perempuan. Hanya saja, ukuran bagian utama smartwatch ini tergolong besar, sehingga mungkin akan terlihat sedikit terlalu besar saat dikenakan pengguna dengan pergelangan kecil.

    Kesan elegan pada tampilan perangkat ini juga didukung oleh bekal satu tombol fisik di sisi bodi, sedangkan bagian utama jam tangan cerdas ini didominasi oleh layar sentuh. Anda dapat mengendalikan menu pada jam tangan cerdas ini melalui layar sentuh tersebut, yang mampu menyuguhkan responsivitas baik.

    Selain itu, layar berukuran 1,64 inci dan beresolusi 280 x 456 piksel ini juga mampu menampilkan konten di perangkat dengan baik meski digunakan di bawah terik matahari. Anda juga dapat mengatur tingkat kecerahan hingga lima level atau secara otomatis.

    Sedangkan pada bodi bagian bawah, Anda akan menemukan sensor untuk mendeteksi detak jantung yang tampak agak menonjol meski tidak mengganggu kenyamanan atau estetika tampilan perangkat.

    Huawei Watch Fit Elegant Edition, Elegan, Bermanfaat

    Di bagian bawah, Anda juga akan menemukan pin magnetik untuk mengisi daya baterai jam serta akses untuk melepaskan tali. Namun perlu diperhatikan bahwa bahwa sambungan tali ini tidak universal, sehingga Anda harus membeli tali yang khusus ditujukan untuk perangkat ini.

    Untuk mengisi baterai perangkat, Huawei menyediakan charger khusus yang secara otomatis menempel saat di dekatkan ke bagian belakang Watch Fit Elegant. Sayangnya, magnet charger ini kurang kuat sehingga mudah terlepas atau bergeser saat secara tidak sengaja tersenggol.

    Huawei Watch Fit Elegant Edition juga hadir dengan tali berbahan karet yang lembut, menghadirkan kenyamanan saat digunakan dalam jangka waktu lama. Namun saat mengenakannya dengan ketat, tali ini akan meninggalkan jejak di kulit Anda.

    Meskipun demikian, Anda akan dapat menggunakan jam tangan ini dalam jangka waktu lama tanpa gangguan rasa gatal akibat pergelangan yang berkeringat. Kenyamanan menggunakan perangkat ini juga didukung oleh bobotnya yang ringan, seberat 34 gram.

    Huawei Watch Fit Elegant Edition didukung chipset prosesor Kirin A1 dan menggunakan sistem operasi Lite OS karya Huawei. Chipset tersebut memungkinkan jam tangan cerdas ini menyuguhkan kinerja perangkat cukup responsif dan hemat daya.

    Huawei Watch Fit Elegant Edition, Elegan, Bermanfaat

    Lite OS pun terasa begitu ringan meski dari segi kelengkapan fitur maupun ekosistemnya tidak semegah Wear OS. Selain itu, perangkat ini berbekal rating tahan air 5ATM sehingga Anda dapat menggunakannya saat berenang di kolam renang, laut atau tetap mengenakannya saat mandi.

    Lebih mengutamakan kesan elegan pada tampilannya, Huawei tidak melupakan salah satu fungsi jam tangan cerdas ini, yaitu sebagai alat pelacak fitness. Karenanya, Anda tetap akan menemukan fitur untuk melacak kesehatan dan aktivitas olahraga.

    Salah satunya didukung oleh sensor pelacak detak jantung Huawei TruSeen 4.0 untuk pelacakan detak jantung secara berkala selama 24 jam. Sensor ini juga digunakan pada fitur pelacak level stress, serta memungkinkan pengukuran level SpO2, sehingga Anda dapat melacak kadar oksigen dalam darah setiap saat.

    Fitur Huawei TruSleep 2.0 untuk memantau pola tidur Anda, lengkap dengan berbagai saran agar Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, ada pula Huawei TruRelax untuk memantau tingkat stres selama beraktivitas, dan Breathing Exercise untuk melatih pernapasan untuk melepas stres.

    Khusus untuk pengguna perempuan, Huawei menyediakan fitur pemantau siklus datang bulan. Anda juga akan menemukan 12 animasi panduan olahraga seperti Burn Fat Fast, Full-Body Stretch, Neck & Shoulder Relaxation, Exercise at Work, dan lainnya.

    Huawei Watch Fit Elegant Edition, Elegan, Bermanfaat

    Tersedia juga total 96 pilihan mode olahraga pada perangkat ini, termasuk 11 olahraga populer dan profesional antara lain berlari, berenang, bersepeda, hingga yoga. Selama Anda melakukan olahraga tersebut, semua data-data terkait denyut jantung, kalori yang terbakar, jarak, dan durasi akan terekam di aplikasi Huawei Health.

    GPS Selain itu, Huawei Watch Fit Elegant Edition ini juga didukung oleh GPS terintegrasi untuk melacak ketika Anda berolahraga di outdoor.  Artinya, Anda tidak perlu membawa smartphone saat jogging atau bersepeda.

    Tersedia juga fitur Auto-Detect Workouts yang berkemampuan untuk secara otomatis mendeteksi jenis olahraga yang Anda lakukan. Huawei Watch Fit Elegant Edition juga dapat menampilkan notifikasi yang masuk saat perangkat terhubung dengan smartphone.

    Hanya saja, Huawei Watch Fit Elegant Edition hanya dapat menampilkan notifikasi pesan salah satunya via aplikasi pesan WhatsApp dan tidak demikian dengan panggilan telepon yang tidak terjawab atau missed call.

    Namun, jam tangan cerdas ini dapat menampilkan notifikasi telepon dari jaringan seluler umum, meski Anda hanya akan menemukan tombol untuk menolak panggilan dan tidak tersedia tombol untuk menjawab telepon.

    Huawei Watch Fit Elegant Edition, Elegan, Bermanfaat

    Huawei Watch Fit Elegant Edition juga berkemampuan untuk mengendalikan musik, meski untuk memanfaatkan fitur ini, smartwatch harus terhubung ke smartphone. Sayangnya, Anda tidak dapat menyimpan musik di dalam perangkat, meski berbekal kapasitas ruang penyimpanan internal 4GB.

    Tersedia juga banyak pilihan antarmuka perangkat atau watch face, yang dapat diakses via aplikasi Huawei Health. Perangkat ini secara default menyediakan opsi watch face bawaan yang sudah cukup banyak, meski Anda dapat menambahkannya via toko di dalam aplikasi.

    Soal baterai, Huawei Watch Fit Elegant Edition mampu bertahan selama hampir 10 hari pada penggunaan normal, dan tujuh hari dengan skenario penggunaan berat serta 12 jam dalam mode GPS.

    Huawei Watch Fit Elegant Edition yang dipasarkan seharga Rp1.699.000 ini sesuai untuk Anda yang menggemari olahraga, pekerja profesional, peduli dengan penampilan, maupun pelajar atau mahasiswa.
     
     
    8.5
    Huawei Watch Fit Elegant Edition
    Plus
    • Desain elegan
    • Tingkat kecerahan layar AMOLED baik
    • Ada dukungan sensor detak jantung 24 jam
    • Ada fitur pelacakan kesehatan dan fitness tergolong lengkap
    • Baterai tahan lama
    • Harga tergolong terjangkau
    Minus
    • Dimensi bodi kurang ideal untuk pengguna dengan pergelangan tangan kecil
    • Tidak tersedia opsi untuk menjawab panggilan telepon
    • Magnetic pin charger mudah terlepas


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id