comscore

Samsung Galaxy A73 5G, Tetap Bawa Kualitas Premium

Mohammad Mamduh - 18 Mei 2022 14:10 WIB
Samsung Galaxy A73 5G, Tetap Bawa Kualitas Premium
Samsung Galaxy A73 5G.
Jakarta: Samsung telah membawa generasi terbaru Galaxy A Series untuk meramaikan pasar smartphone Indonesia paruh pertama tahun 2022. Sebagai generasi terkini, semua smartphone tersebut telah mendukung jaringan 5G.
 
Begitu juga dengan Galaxy A73 5G, varian tertinggi dan tercanggih dalam rumpun Galaxy A Series 5G. Menghadirkan berbagai peningkatan dari generasi sebelumnya, Samsung tetap menanamkan jargon Awesome, yang berarti keunggulan dari berbagai aspek yang diperlukan konsumen Gen Z.
 
Gen Z dikenal sebagai segmen pengguna yang menginginkan smartphone dengan fitur lengkap, atau dengan kata lain serba bisa. Tidak hanya bermain game, mereka juga ingin HP yang bisa memenuhi kebutuhan hiburan, baik untuk menonton film atau berselancar di media sosial.

Sanggupkah Samsung Galaxy A73 5G menyediakan semua kebutuhan ini? Berikut review oleh redaksi teknologi Medcom.id.
 

Desain

Secara garis besar, Samsung Galaxy A73 5G mengusung desain yang sama dengan seri lainnya di rumpun Galaxy A 5G Series yang hadir 2022. Bodi belakangnya menyematkan material polikarbonat dengan tekstur matte cukup unik.
Selain menawarkan grip cukup baik tekstur ini masih bisa memantulkan cahaya. Di sisi lain, tekstur ini masih meninggalkan sidik jari, meskipun tak terlalu terlihat. Unit yang kami uji menggunakan warna Awesome Gray, abu-abu cenderung gelap yang cukup elegan.

Samsung Galaxy A73 5G, Tetap Bawa Kualitas Premium

Sudut bingkai yang biasanya punya sudut tajam dan memperlihatkan kamera seperti punya komponen tersendiri, kini menyatu dan menyesuaikan kontur komponen kamera. Satu hal yang unik adalah lensa masing-masing kamera yang punya bingkai cukup besar, dan perhatian orang bisa langsung tertuju pada kamera tersebut saat pertama kali melihat Samsung Galaxy A73 5G.
 
Layar 6,7 inci yang tersemat punya rasio layar ke bodi hingga 87 persen. Masih ada bingkai layar sedikit di keempat sisinya, dan kamera depan mengusung model Infinity yang memberikan pengalaman layar lebih luas.

Samsung Galaxy A73 5G, Tetap Bawa Kualitas Premium

Pada paket penjualan, sisi pinggir ini sudah dilapisi plastik pelindung sebelum dipakai pengguna. Satu hal unik berikutnya adalah slot kartu SIM tersimpan di pinggir atas. Ia menyediakan dua slot kartu SIM dengan slot kedua juga berfungsi sebagai slot kartu Micro SD.

Samsung Galaxy A73 5G juga telah menggunakan USB-C sebagai port pengisian daya, dan mendukung fast charging 25W. Perlu diingat bahwa adapter dijual terpisah, sebagai bentuk dukungan ramah lingkungan.

Samsung Galaxy A73 5G, Tetap Bawa Kualitas Premium

Smartphone ini tak menyediakan jack audio, sesuatu yang rasanya semakin normal untuk smartphone kelas menengah. Ini karena pengguna mulai terbiasa dengan earphone TWS lewat koneksi bluetooth. 
 

Antarmuka

Samsung Galaxy A73 5G menggunakan antarmuka pengguna One UI 4.1 versi terbaru, menghadirkan tampilan antarmuka pengguna yang kaya fitur serta sejumlah peningkatan, salah satunya adalah integrasi lebih baik dengan layanan Google.
 
Jika membandingkan dengan generasi sebelumnya, aplikasi pihak ketiga bawaan kini hadir lebih sedikit. Samsung lebih fokus memperbanyak aplikasi yang membuka akses ke ekosistem mereka. Tentunya sudah ada aplikasi pendukung seperti SmartThings, Galaxy Wearables, Samsung Pay, Bixby, dan Game Launcher.

Samsung Galaxy A73 5G, Tetap Bawa Kualitas Premium

Samsung Galaxy A73 5G menawarkan pendekatan baru, dengan kemampuan gaming yang lebih optimal, terutama untuk bermain game populer seperti Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile. Untuk mereka yang lebih suka game simpel, Samsung menyediakan berbagai pilihan game yang bisa diakses langsung via Game Launcher.
 
Melanjutkan tradisi Samsung Galaxy A73 5G didukung sertifikasi IP67, artinya ponsel tahan terhadap debu dan dapat digunakan untuk berkreasi di bawah air bersih, jernih dan bukan air laut atau kolam renang, hingga kedalaman satu meter dengan durasi maksimum selama 30 menit.
 
Sertifikasi ini benar adanya, setelah kami mencoba mengambil foto dan merekam dalam kondisi smartphone masuk ke dalam air. Smartphone dapat merekam dengan mulus tanpa lag.
 

Kamera

Sebagai varian tertinggi, Samsung Galaxy A73 5G didukung empat kamera di bagian belakang, terdiri dari kamera utama 108MP, kamera ultrawide angle 12MP, kamera makro 5MP, dan sensor kedalaman 5MP.

Untuk kamera depan, Samsung membekali Galaxy A73 5G ini dengan kamera beresolusi 32MP. Ia juga berbekal teknologi Optical Image Stabilization (OIS), membantu perekaman video tanpa guncangan.

Samsung Galaxy A73 5G, Tetap Bawa Kualitas Premium
 
Baik kamera depan maupun belakang Samsung Galaxy A73 5G mampu menghasilkan foto dengan warna, ketajaman dan detail yang baik saat dipotret dalam kondisi pencahayaan cukup. Demikian juga saat memotret dengan kondisi pencahayaan redup.

Khususnya kamera depan, foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan redup juga tampil baik, dengan noise yang tidak terlalu kentara. Selain itu, foto juga tampil sedikit lebih terang dari kondisi pencahayaan yang sebenarnya.

Samsung Galaxy A73 5G, Tetap Bawa Kualitas Premium

Tidak hanya mode Pro untuk foto, Samsung juga membekali Galaxy A73 5G dengan mode video Pro yang memungkinkan Anda melakukan modifikasi pada pengaturan dasar seperti ISO, panjang fokal, exposure, aperture, dan white balance.

Anda juga mendapatkan opsi untuk mengubah arah mikrofon, seperti yang dapat ditemukan pada perangkat premium Samsung. Ditujukan untuk generasi muda yang kreatif, Samsung turut membekali kamera Galaxy A73 5G dengan mode Fun.

Samsung Galaxy A73 5G, Tetap Bawa Kualitas Premium
 
Mode ini hadir dengan tujuh filter dari Snapchat, memungkinkan Anda memotret dan merekam video dengan hiasan filter layaknya di media sosial tersebut. Selain tujuh filter yang tersedia secara default, Anda juga dapat menjelajahi perpustakaan filter Snapchat melalui ikon kaca pembesar yang tersemat di bagian ujung dari rangkaian filter.

Samsung Galaxy A73 5G, Tetap Bawa Kualitas Premium

Kemampuan video Samsung Galaxy A73 5G juga terbilang bagus. Ia bisa merekam video 4K pada kecepatan 30fps, dan 1080p hingga 60fps. Untuk kamera depannya juga mampu merekam video 4K dan Full HD 30fps. Kestabilan saat perekaman cukup mumpuni berkat dukungan EIS.
 

Performa dan Baterai

Didukung chipset Qualcomm Snapdragon 778G 5G, Samsung menjanjikan performa baik pada perangkat ini, termasuk dalam hal gaming. Janji ini dapat kami temukan saat memainkan game Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile yang berjalan sangat mulus pada setting optimal dan tidak terasa panas setelah bermain sekitar 30 menit. 
 
Pengalaman gaming menyenangkan ini juga berkat dukungan layar dengan refresh rate 120Hz, tak lupa layar 6,5 inci yang cukup luas. Untuk PUBG Mobile sendiri, kami menggunakan seting tertinggi pada grafis Ultra dan kualitas HDR. Selama bermain, frame rate yang dihasilkan terasa mulus, mencapai 60fps.

Samsung Galaxy A73 5G, Tetap Bawa Kualitas Premium

Performa baik ini juga terlihat pada skor hasil uji yang melibatkan aplikasi benchmark 3DMark dan PCMark. Pada pengujian melibatkan 3DMark Wildlife Extreme, Samsung Galaxy A73 5G memperoleh skor sebesar 690.

Sedangkan pada pengujian yang melibatkan 3DMark Wildlife, smartphone ini memperoleh skor 2.491 dan pada pengujian melibatkan PCMark Work 2.0, memperoleh skor 12.119. Menyoal baterai, Samsung membekali smartphone ini dengan baterai 5.000mAh dan mendukung teknologi pengisian daya cepat 25W.
 
Seperti yang sudah disebutkan, untuk kali ini Samsung sudah tidak menyertakan adapter pada paket penjualannya. Untuk pengguna yang sebelumnya sudah memiliki smartphone Samsung generasi sebelumnya, bisa menggunakan adapter yang sama.

Untuk mereka yang baru saja memiliki smartphone dengan fitur terkini, bisa membeli adapter 25W secara terpisah. Sementara itu untuk mengisi baterai Samsung Galaxy A73 5G dari kosong hingga penuh, Anda hanya perlu menunggu selama sekitar 1,5 jam dengan menggunakan charger berdaya 25W.

Samsung Galaxy A73 5G, Tetap Bawa Kualitas Premium 

Pada pengujian baterai yang melibatkan aplikasi benchmark, baterainya mampu bertahan selama 9 jam 59 menit. Ia mungkin kalah dari Galaxy A53 5G karena perbedaan jenis chipset yang digunakan.

Kesimpulan
Hadir sebagai perangkat kelas menengah dengan spesifikasi tertinggi, Samsung Galaxy A73 5G menawarkan berbagai keunggulan yang dihadirkannya baik dari segi performa maupun fitur. Tak lupa desain yang berduet dengan balutan warna yang menarik, memberikan kesan elegan di kelasnya, tak kalah dengan ponsel premium.
 
Pengalaman penggunaan ini harus ditebus dengan harga Rp7.799.000. Ketiadaan adapter belum tentu dapat diterima setiap konsumen yang mencari smartphone dengan segmen harga tersebut. Terlepas dari hal itu, ia masih bisa menjadi salah satu pertimbangan saat membeli smartphone baru.
 
Spesifikasi  Samsung Galaxy A73 5G
Prosesor Qualcomm Snapdragon 778G 5G
GPU Adreno 642L
OS Android 12 + One UI 4.1
RAM 8GB
Memori  256GB
Kamera Belakang  108MP + 12MP + 5MP + 5MP
Depan 32MP
Baterai 5.000 mAh, fast charge 25W
Layar 6,7 inci FHD+ Super AMOLED 1080 x 2400 piksel, refresh rate 120Hz
Harga Rp7.799.000
 
 
8.5
Samsung Galaxy A73 5G
Plus
  • Desain dan warna keren
  • Performa mumpuni
  • Kualitas kamera bagus
Minus
  • Slot kartu SIM hybrid
  • Daya tahan baterai


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id