Review Smartphone

    Review Redmi 9, Kelas Terjangkau Rasa Menengah

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 23 Juli 2020 13:01 WIB
    Review Redmi 9, Kelas Terjangkau Rasa Menengah
    Xiaomi Redmi 9
    Jakarta: Smartphone teranyar Xiaomi yang meluncur di Indonesia baru-baru ini adalah Redmi 9. Masih seperti generasi sebelumnya, ini adalah rumpun yang menekankan harga terjangkau. Tahun ini tampaknya menjadi lebih spesial karena Xiaomi mencoba menghadirkan beragam fitur kelas menengah pada Redmi 9.

    Sudah datang di meja pengujian redaksi teknologi, kami sudah tidak sabar untuk melihat aspek baru apa saja yang ditawarkan. Sebelum peluncurannya, Xiaomi mengklaim ada 9 upgrade pada Redmi 9 dibanding generasi sebelumnya. Berikut review Redmi 9 oleh Medcom.id.
     

    Desain

    Redmi 9 tampak lebih besar dan lebar, didukung oleh layar 6,53 inci dengan rasio ke bodi mencapai 83,2 persen. Ini membuatnya sebagai salah satu smartphone terjangkau yang punya bezel tipis. Pengalaman penggunaan memang akan terasa lebih baik, ditambah dengan resolusi FHD+ (2340 x 1080). Satu hal yang menarik adalah tekstur bodi belakang yang tidak mulus.

    Motif seperti riak air dengan kamera sebagai pusatnya. Sementara motif ini memberikan grip yang cukup baik, ia agak susah dibersihkan saat ada debu yang sangat kecil menempel di selanya.

    Pada bodi belakang ini juga telah terpasang empat kamera, hal yang cukup mewah pada ponsel dengan harga kurang dari Rp2 juta. Tak lupa dengan pemindai sidik jari yang berada dalam bingkai yang sama dengan kamera. Bingkai ini punya model agak menonjol, sehingga ada baiknya untuk berhati-hati saat meletakkan Redmi 9 di atas meja atau permukaan manapun. Tak ada salahnya juga untuk menggunakan jelly case bawaan dalam paket penjualan.

    Review Redmi 9, Kelas Terjangkau Rasa Menengah

    Unit Redmi 9 yang kami uji mengusung warna Ocean Green, yang berarti hijau dengan sedikit sentuhan unsur biru cerah, membuat warna hijau menjadi lebih elegan. Pembaruan berikutnya yang tersedia adalah adopsi USB-C. Xiaomi akhirnya secara resmi meninggalkan port Micro USB, setidaknya untuk saat ini.

    Melihat perkembangan teknologi pengisian baterai, port Micro USB memang sudah harus ditinggalkan, apalagi jika smartphone ingin menggunakan daya baterai yang besar. Di sekitar port USB-C ini juga tersedia lubang speaker dengan rongga agak lebar, tak lupa dengan lubang mikrofon. Sementara untuk pinggir atas terdapat sensor inframerah.

    Untuk kartu SIM, ia menggunakan model triple slot, tak perlu lagi harus mengorbankan kartu SIM demi memasang satu Micro SD.

    Review Redmi 9, Kelas Terjangkau Rasa Menengah
     

    Antarmuka dan Fitur

    Redmi 9 telah mengadopsi Android 10 berduet MIUI 12. Secara keseluruhan, tidak ada perbedaan dengan MIUI pada seri Redmi lain yang telah meluncur lebih dahulu, walau Redmi 9 sendiri langsung menggunakan antarmuka Xiaomi yang paling baru.

    Saat ini, fitur yang paling diunggulkan adalah Game Turbo. Fitur ini menyediakan peningkatan performa dan grafis secara otomatis. Tambahannya, tingkat sensitivitas sentuh dan responsivitas di area layar juga bisa ditingkatkan lewat fitur di dalamnya.

    Game Turbo pada Redmi 9 sudah disesuaikan dengan performa chipset. Oleh karena itu, ia tidak menyediakan banyak kustomisasi, tetapi masih menyediakan fitur-fitur esensial untuk bermain game. Fitur lainnya yang cukup menarik adalah Emergency SOS. Menu ini tersedia secara terpisah pada bagian Pengaturan. Sesuai namanya, Redmi 8 bisa mengaktifkan dan mengirimkan pesan darurat kepada kontak telepon yang dipilih.

    Review Redmi 9, Kelas Terjangkau Rasa Menengah

    Akses izin aplikasi kini juga bisa dilihat secara spesifik pada menu Permissions. Pada menu yang menjadi fitur unik kedua ini, Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang mendapatkan akses ke perangkat tertentu, seperti kamera, daftar kontak, sampai memori penyimpanan.

    Permissions memberikan informasi akses apa saja yang telah diizinkan untuk satu aplikasi. Pengguna juga dapat menentukan aplikasi yang bisa berjalan setiap ponsel baru menyala.

    Satu kekurangan pada Redmi 9 adalah ketiadaan NFC. Menurut pihak Xiaomi, ini merupakan timbal balik yang muncul karena menanamkan salah satu fitur yang biasanya hadir untuk kelas menengah.

     

    Kamera

    Redmi 9 punya komposisi kamera belakang 13MP wide, 8MP ultrawide, 5MP macro, dan 2MP depth. Secara teknologi, smartphone ini merupakan salah satu ‘pendobrak’ tren di kelas terjangkau karena berani memasang lebih dari dua lensa kamera.

    Saat kami jajal mengambil beberapa sampel, kamera Redmi 9 mampu menghasilkan foto yang memadai. Harus diingat bahwa Xiaomi selalu mencoba menghadirkan kamera yang lumayan di kelas Redmi, dan sekali lagi, mereka berhasil membuktikannya di Redmi 9. 

    Review Redmi 9, Kelas Terjangkau Rasa Menengah

    Review Redmi 9, Kelas Terjangkau Rasa Menengah

    Untuk kondisi di luar ruangan, ia sama sekali tidak punya masalah dalam merekam detail objek dan warna. Begitu juga saat pengambilan macro, akurasi detail dan elemen warna termasuk akurat.

    Meskipun masuk dalam kelas murah, kamera Redmi 9 sudah mendukung mode HDR, yang cukup membantu dalam pengambilan foto dalam ruangan dengan cahaya yang kurang terang. Masih kalah dengan smartphone kelas menengah, ia sudah cukup untuk merekam berbagai momen pengguna dan mengunggahnya di medsos.

    Review Redmi 9, Kelas Terjangkau Rasa Menengah

    Review Redmi 9, Kelas Terjangkau Rasa Menengah

    Sementara untuk kamera depan 8MP, kami menemukan tak ada yang spesial dari Redmi 9. Setidaknya, untuk swafoto pengguna mendapatkan hasil yang cukup mumpuni, apalagi kebutuhannya untuk disimpan di jejaring sosial. Mematikan fitur beautify akan memberikan akurasi objek yang lebih baik, bisa juga ditambah mode HDR.

    Contoh yang kami ambil menggunakan kondisi di dalam ruangan dengan pencahayaan standar. Sedangkan untuk kemampuan mengambil video, Redmi 9 sanggup merekam pada resolusi 1080p di frame rate 30fps.

    Review Redmi 9, Kelas Terjangkau Rasa Menengah
     

    Performa

    Redmi 9 bisa dibilang smartphone pertama yang menggunakan chipset anyar MediaTek Helio G80. Ia memang berada satu kelas di bawah Helio G90, dan sejauh ini performanya cukup memuaskan untuk penggunaan sehari-hari. Pada hasil benchmark kita bisa melihat selisih performa hingga dua kali lipat dari Redmi 8, baik lewat PCMark maupun 3DMark.

    Ini membuang anggapan MediaTek selalu menyediakan chipset yang tergolong biasa saja. Selain itu, ia juga tidak menghasilkan panas yang mengganggu. Kami mengambil contoh setiap hari digunakan untuk mengakses dua sampai tiga medsos, dan di sela-selanya bermain game seperti PUBG Mobile, tak ada panas berlebih. 

    Review Redmi 9, Kelas Terjangkau Rasa Menengah

    Dalam bermain PUBG Mobile, secara bawaan Redmi 9 mendukung grafis medium dan smooth. Anda bisa saja meningkatkan kualitasnya ke High, yang setelah beberapa kali mencoba, berdampak pada turunnya fps. Namun, pengalaman bermain selama kami menggunakannya sudah tepat.

    Daya tahan baterai Redmi 9 cukup awet. Daya 5.020 mAh yang didukung pengisian cepat 18W memungkinkannya beroperasi tanpa henti. Dalam pengujian, daya ini masih kalah dengan beberapa kompetitornya, termasuk Redmi 8. Ini masih termasuk wajar karena performa prosesor yang lebih baik berimbas pada konsumsi baterai.

    Optimalisasi mungkin dapat dilakukan saat memberikan pembaruan OTA. Kasus semacam ini sebelumnya juga kami temui pada smartphone yang menggunakan Helio G90 atau G90T, yang konsumsi baterainya lebih efisien setelah mendapatkan update software.

    Review Redmi 9, Kelas Terjangkau Rasa Menengah


    Kesimpulan
    Redmi 9 memang layak menjadi smartphone yang menggiurkan di harga kurang dari Rp2 juta. Ia mencoba menawarkan beragam fitur yang umumnya hadir di kelas menengah, mulai dari desain bodi sampai kemampuan kamera dan chipset

    Konsekuensinya, ada fitur yang harus dihilangkan seperti NFC. Ini mengacu pada Redmi Note 9 yang sudah mendukung fitur tersebut. Di sisi lain, menghilangkan salah satu fitur juga termasuk hal lumrah karena mempertimbangkan aspek ekonomis.

    Setidaknya, Xiaomi telah mencoba dan membuktikan bahwa Redmi dengan varian terendah tidak berarti murahan.
     
    Spesifikasi  Xiaomi Redmi 9
    Prosesor MediaTek Helio G80
    GPU Mali-G52 MC2
    OS Android 10 + MIUI 12
    RAM  4GB
    Memori Internal 64GB
    Kamera Belakang 13MP+8MP+5MP+2MP
    Depan 8MP
    Baterai 5.020 mAh, fast charging 18W
    Layar  6,53 inci IPS LCD
    Harga Rp1.949.000
     
     
    8.5
    Redmi 9
    Plus
    • Kamera lumayan
    • Daya baterai dan pengisian cepat
    • Performa memadai
    Minus
    • NFC
    • Bodi tak mudah dibersihkan


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id