MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Noctua NH-L9x65, CPU Cooler Mini Terbaik dari Noctua

    Cahyandaru Kuncorojati - 02 April 2019 18:02 WIB
    Noctua NH-L9x65, CPU Cooler Mini Terbaik dari Noctua
    Paket penjualan Noctua NH-L9x65 sangat lengkap.
    Jakarta: Produsen CPU cooler Noctua kembali merilis produk terbaru beberapa waktu lalu. Medcom.id juga sudah cukup sering mengulas produk-produk Noctua, kali ini kami berkesempatan menjajal produk terbarunya yaitu Noctua NH-L9x65.

    Ada alasan mengapa Medcom.id selalu menyukai impresi awal dari produk buatan Noctua. Noctua NH-L9x65 hadir dengan paket penjualan yang lengkap. Di dalamnya berisi peralatan mulai dari obeng, thermal paste, hingga dua jenis bracket SecuFirm buatan Noctua untuk soket motherboard Intel dan AMD.
    Dari deskripsi situs resminya, Noctua NH-L9x65 hadir mengusung opsi CPU cooler ukuran sangat ringkas, bahkan terhitung paling mungil di antara seri lainnya. Noctua mengklaim produk ini menyediakan sistem pendingin terbaik dengan tingkat kebisingan yang rendah.

    Noctua NH-L9x65, CPU Cooler Mini Terbaik dari Noctua

    Dimensi Noctua NH-L9x65 termasuk kipasnya adalah 95 x 95 mm dengan ketinggian seluruhnya 65mm. Jadi tidak heran Noctua menyebut produknya ditujukan untuk casis PC ukuran small form factor atau motherboard ukuran kecil.

    Medcom.id mencoba memasangnya pada motherboard ukuran ATX, dan memang banyak tersisa ruang di setiap sisinya. Noctua NH-L9x65 masih menyisakan jarak antara slot RAM dan PCI yang bisa terpasang kartu grafis. 

    Noctua NH-L9x65, CPU Cooler Mini Terbaik dari Noctua

    Noctua juga menegaskan bahwa Noctua NH-L9x65 tidak cocok untuk kebutuhan overclocking dan saat digunakan dengan CPU yang memiliki Thermal Design Power lebih dari 84W.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
    Motherboard  ASUS Z370-A Prime
    RAM  Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
    VGA  Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
    Pendingin  Noctua NH-U21S
    Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS PB287Q 4K, ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70


    Bagian heatsink Noctua NH-L9x65 memiliki dukungan empat heatpipe untuk penyaluran panas. Di antara sirip pada heatsink tersedia sebuah ruang letak baut yang merekatkan produk ini ke bracket SecuFirm. Untuk mengaksesnya, obeng yang digunakan harus masuk lewat ruang yang tersedia antara sirip kipas di atasnya.

    Menurut Medcom.id, cara ini cukup merepotkan, dan agak berbahaya merusak sirip kipas apabila penggunanya tidak teliti saat melakukannya. Kipas pendingin yang digunakan oleh Noctua adalah Noctua NF-A9x14 dengan fitur PWM, sehingga kecepatan baling kipasnya bisa diatur.

    Kecepatan putar maksimalnya bisa mencapai 2500 RPM dan terendah 600 RPM. Meskipun begitu, Noctua mengklaim bahwa kinerjanya cukup senyap, sekitar 23,6 dB.

    Noctua NH-L9x65, CPU Cooler Mini Terbaik dari Noctua

    Kesimpulan
    Bagi pengguna PC dengan chasis dan motherboard ukuran kecil, Noctua memberikan pilihan CPU cooler mumpuni lewat Noctua NH-L9x65. Ukurannya yang kecil dan ramping masih menyisakan dengan slot RAM dan PCIe untuk kartu grafis.

    Performa senyap yang menjadi keunggulan dari Noctua NH-L9x65 juga terbukti. Jadi pengguna PC bercasis kecil tidak perlu merasa resah perangkat mereka akan bising saat diajak bekerja.

    Namun soal pilihan warna lagi-lagi Noctua masih tegas dengan warna khas varian coklat muda di frame kipas dan coklat tua di bagian baling-baling. Kecuali konsumen mau membeli aksesoris kipas Noctua Chromax untuk memberikan variasi warna.

    Dari pantauan Medcom.id harga Noctua NH-L9x65 dibanderol di harga sekita USD60 atau sekitar Rp853 ribu di Amazon. Di e-commerce Tanah Air, produk ini dibanderol mulai dari Rp600 ribu.
     
     
     
    Noctua NH-L9x65
    Plus
    • Desain sangat compact
    • Performa senyap
    • Solusi untk motherboard ukuran kecil 
    • Harga tergolong terjangkau
    Minus
    • Pilihan warna kipas




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id