Review Headset

    Huawei Freebuds Studio, Kesunyian Menyenangkan

    Lufthi Anggraeni - 25 November 2020 10:36 WIB
    Huawei Freebuds Studio, Kesunyian Menyenangkan
    Huawei Freebuds Studio menyuguhkan kemampuan ANC memuaskan.
    Jakarta: Headphone menjadi salah satu aksesori yang paling sering digunakan oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Sebab headphone memungkinkan penggunanya menikmati musik dengan lebih khusyuk saat dalam perjalanan.

    Kini, smartphone menjadi perangkat utama yang digunakan masyarakat sebagai pemutar musik sebab telah mendukung berbagai aplikasi pemutar dan penyimpanan lagu kesukaan penggunanya.

    Tidak hanya soal musik, headphone juga memungkinkan penggunanya untuk menerima panggilan telepon dan berbincang dengan lebih leluasa, terutama saat dalam perjalanan. Karenanya sejak beberapa tahun terakhir, berbagai produsen smartphone turut menghadirkan headphone karya mereka, tidak terkecuali Huawei.

    Untuk pertama kalinya, Huawei menghadirkan perangkat audio berupa headphone nirkabel dalam rangkaian produk IoT karyanya. Perangkat ini bertajuk Freebuds Studio diklaim mengkolaborasikan desain bergaya dan teknologi peredaman bising terbaik. Benarkah?

    Huawei Freebuds Studio, Kesunyian Menyenangkan

    Soal desain, klaim tersebut sudah ditegaskan Huawei melalui kotak kemasan penjualannya, yang turut menghadirkan kotak penyimpanan untuk Freebuds Studio ini dengan bahan keras atau hard case.

    Kotak penyimpanan berbentuk seperti telur ini hadir dengan bahan serupa kulit bertekstur, dengan bagian logo berwarna hitam mengkilat. Sedangkan pada bagian dalam, Huawei membalutnya dengan bahan kain lembut.

    Bagian dalam kotak ini juga terdapat slot khusus untuk menyimpan kabel charger perangkat dengan penutup berbahan kain yang sama. Kesan elegan juga dihadirkan Huawei pada unit Freebuds Studio, dengan dominasi warna hitam.

    Selain elegan dan maskulin dengan balutan warna hitam, Huawei Freebuds Studio juga hadir dengan bobot ringan. Hal ini sedikit berbeda dengan kesan pertama yang kami dapatkan, mengingat Freebuds Studio hadir dengan bentuk yang tergolong tebal, terutama di bagian earcups.

    Huawei Freebuds Studio juga hadir dengan tali kepala yang didukung bantalan untuk meningkatkan kenyamanan saat dikenakan. Bantalan pada tali kepala di headphone juga berbalut bahan kesat hingga membantu menjaga perangkat tidak mudah bergerak dari kepala.

    Earcups pada headphone ini juga berbekal bantalan busa yang mencakup seluruh daun telinga saat dikenakan. Tidak hanya mendukung kenyamanan menggunakan headphone dalam jangka waktu lama, bantalan ini juga membantu dalam menghalangi gangguan suara dari lingkungan sekitar masuk dan mengganggu pengalaman mendengarkan lagu.

    Huawei Freebuds Studio, Kesunyian Menyenangkan

    Serupa beberapa headphone yang tersedia di pasar, Huawei Freebuds Studio juga berbekal fitur pause otomatis, sehingga lagu akan secara otomatis berhenti berputar saat headphone dilepaskan dari kepala.

    Huawei Freebuds Studio juga mengandalkan teknologi Bluetooth untuk menghubungkannya dengan perangkat pemutar musik, sehingga Anda tidak perlu khawatir soal untaian kabel yang membatasi ruang gerak.

    Menghubungkan perangkat ini juga tergolong mudah, Anda hanya perlu mengaktifkan headphone dan fitur Bluetooth di headphone dan perangkat. Kemudian Anda hanya perlu mencari nama Huawei Freebuds Studio pada daftar Bluetooth yang terdeteksi dan tekan pairing.

    Untuk mengaktifkan Bluetooth pada Huawei Freebuds Studio, Anda hanya perlu menekan tombol di earcups sebelah kanan, berdampingan dengan tombol daya dan port USB-C untuk mengisi daya, serta mikrofon untuk menangkap suara dari sekitar.

    Sedangkan di earcups sebelah kiri, Anda dapat menemukan tombol untuk mengaktifkan teknologi Active Noise Cancellation (ANC). Huawei mengandalkan teknologi ini untuk menghalau gangguan suara dari sekitar, yang dikolaborasikan dengan chipset Kirin A1.

    Huawei mengklaim teknologi ANC ini mampu meredam suara hingga 40 desibel, meski perangkat ini juga didukung fitur Awareness Sound sehingga Anda sesekali tetap dapat mendengarkan suara dari sekitar.

    Huawei Freebuds Studio, Kesunyian Menyenangkan

    Hal ini kami rasakan saat mendengarkan lagu melalui Huawei Freebuds Studio. Headphone ini juga mampu menyuguhkan suara yang tergolong tidak cempreng atau pecah serta tidak tumpang tindih saat kami gunakan untuk mendengarkan beberapa lagu.

    Mendengarkan lagu Hotel California dari The Eagles, telinga kami dimanjakan oleh suguhan suara bass yang baik, meski tidak terlalu menghentak seperti preferensi kami. Tidak hanya bass, Huawei Freebuds Studio juga mampu menyuguhkan detail suara dengan baik dan jelas.

    Kesenangan mendengarkan lagu dengan menggunakan Huawei Freebuds Studio ini juga karena headphone ini mampu menyuguhkan lagu dengan arah datang suara atau soundstage yang baik.

    Sementara itu pada earcup Freebuds Studio, Huawei juga menyelamatkan sensor untuk mengoperasikan perangkat, dan Anda hanya perlu menyentuh sensor di earcup bagian kanan. Mengetuk dua kali pada bagian ini akan memutar atau mematikan musik yang tengah Anda dengarkan.

    Gestur ini juga berfungsi untuk menerima dan mengakhiri panggilan telepon. Mengusap ke arah atas atau bawah berfungsi untuk menaikkan dan mengurangi volume suara. Menyoal baterai, headphone ini mampu mendampingi kegiatan sehari-hari selama 6 jam, dengan penggunaan umum untuk mendengarkan musik, zoom meeting, menonton youtube atau mendengarkan podcast.

    Huawei Freebuds Studio, Kesunyian Menyenangkan

    Namun Huawei mengklaim perangkat ini dapat digunakan selama 24 jam penuh, dengan satu kali pengisian daya baterai. Selain itu, Huawei juga mengklaim bahwa FreeBuds Studio bisa melakukan pemutaran ANC selama lima jam dan delapan jam tanpa ANC, hanya dalam 10 menit masa pengisian baterai.

    Hanya saja, mengingat ukurannya yang tidak mungil, terlebih saat disimpan pada kotak penyimpanan hardcase yang diberikan oleh Huawei, Anda perlu menyiap ruang sedikit lebih besar di tas saat membawanya bepergian.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 7 3800XT
    Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
    Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Kesimpulan
    Huawei Freebuds Studio dihargai Rp4.299.000 di Indonesia, harga yang tepat untuk sebuah headset degnan kualitas yang bagus. Tidak hanya memanjakan kami dengan desain yang mempesona, tapi juga dengan kemudahan dan kenyamanan penggunaan, serta suguhan suara yang menyenangkan yang juga didukung teknologi penghalau kebisingan ANC.

    Sayangnya, ukuran yang sedikit besar akan mengharuskan Anda mempersiapkan ruang penyimpanan lebih besar di tas saat dibawa bepergian.
     
     
    8.5
    Huawei Freebuds Studio
    Plus
    • ANC memuaskan
    • Desain elegan dan ringan
    • Mudah dihubungkan ke perangkat pemutar musik via Bluetooth
    • Suguhan audio baik
    Minus
    • Butuh ruang penyimpanan di tas lebih besar


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id