comscore

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition, Pamer Performa Terbaik AMD

Cahyandaru Kuncorojati - 28 November 2021 01:08 WIB
Asus ROG Strix G15 Advantage Edition, Pamer Performa Terbaik AMD
Asus ROG Strix G15 Advantage Edition.
Jakarta: Asus ROG kian percaya diri menunjukan performa terbaik dengan dukugan komplit dari AMD, salah satunya yang beberapa waktu dirilis adalah Asus ROG Strix G15 Advantage Edition. Nama “Advantage Edition” sendiri berasal dari AMD yang menandakan CPU dan GPU didukung sepenuhnya oleh AMD dan memiliki fitur khusus sehingga performanya semakin tangguh berkat penggunaan prosesor dan kartu grafis pabrikan AMD.

Makanya laptop gaming Asus ROG Strix G15 Advantage Edition menarik perhatian ditambah seri ROG Strix series dikenal menawarkan perangkat yang fokus ke performa dilengkapi dengan sejumlah fitur upgradeable.
 

Desain dan Layar

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition hadir dengan balutan warna hitam serta akses merah pada bodi bagian belakangnya. Warna yang dipilih diakui memiliki kesan tema AMD yang sangat kuat. Di bagian belakang layarnya termasuk di sebagian sisi permukaan keyboard diberikan sentuhan teks bertuliskan “ROG”.
Asus ROG Strix G15 Advantage Edition, Pamer Performa Terbaik AMD

Bagian warna merah di bodi belakangnya merupakan armor cap yang bisa dilepas. Di paket penjualan Anda akan menerima dua pilihan warna lain yaitu hitam dan perak. Hal ini menurut kami hanya bagian dari gimmick.

Secara keseluruhan desain form factor Asus ROG Strix G15 Advantage Edition masih mirip dengan seri ROG Strix sebelumnya, mulai dari desain engsel hingga bodi bagian belakang tempat berkumpul semua port. Di sisi bagian depan atau bawahnya terdapat LED RGB yang memanjang.

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition, Pamer Performa Terbaik AMD

Efek RGB yang bisa dikustomisasi tersebut memang sangat menarik perhatian, cocok bagi penggemar RGB. Backlit RGB juga masih dijumpai pada bagian keyboard. Di sini Asus ROG Strix G15 Advantage Edition tidak memiliki perbedaan dari seri sebelumnya soal layout keyboard.

Laptop gaming Asus ROG Strix G15 Advantage Edition hadir dengan bobot yang tidak ringan namun juga tidak berat meskipun punya bodi agak tebal. Beratnya sekitar 2,5kg dengan mengusung ukuran layar lega.

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition, Pamer Performa Terbaik AMD

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition menyediakan layar 15,6 inci IPS-level resolusi QHD (2560x1440) kualitas warna 100% DCI-P3 dengan fitur AMD FreeSync serta refresh rate 165Hz response time 3ms.
 

Fitur

Di balik ukuran bodinya yang agak tebal Asus ROG Strix G15 Advantage Edition menawarkan sistem pendingin terbaik untuk prosesor AMD Ryzen 9 5900HX Mobile dan GPU AMD Radeon 6800M. Di dalamnya digunakan liquid metal sebagai thermal compound untuk mendistribusikan suhu panas lebih baik dan cepat.

Asus juga merancang vapor chamber di dalamnya dengan ukuran besar dan bisa menjangkau area yang membutuhkan sistem pembuangan panas serta sebelumnya tidak terhubung ke model heatpipe tradisional.

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition, Pamer Performa Terbaik AMD

Di bagian kipas pendingin digunakan model Arc Flow yang diklaim menyediakan aliran udara optimal dengan tingkat bising yang renda serta memiliki daya tahan tinggi. Di sini juga masih ada kemampuan self cleaning cooling yang mampu membuang debu saat terhirup ke sistem pendingin.

Software Armoury Crate juga masih menyediakan preset atau kustomisasi performa laptop gaming Asus ROG Strix G15 Advantage Edition. AMD sendiri membenamkan kemampuan Smart Access Memory yaitu CPU bisa mengakses seluruh memori GPU untuk komunikasi lebih cepat sehingga mencapai frame rate lebih tinggi.

Teknologi lainnya yaitu AMD SmartShift yang secara cerdas mengatur performa sesuai kebutuhan, fokus ke CPU maupun GPU saat dibutuhkan. Di sisi hardware, Asus ROG Strix G15 Advantage Edition menyediakan kemampuan upgrade.

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition, Pamer Performa Terbaik AMD

Kapasitas RAM bawaan DDR4 3200 16GB bisa ditambahkan menjadi 32GB. DI bagian storage yaitu M.2 NVMe PCIe 2.0 SSD 1TB masih bisa ditambah karena tersedia satu slot lagi. Port yang disediakan juga tergolong lengkap dengan sebagian besar ditaruh pada bodi belakang agar lebih ergonomis. Laptop ini juga sudah mendukung konektivitas WiFi 6 802.11ax.
 

Performa dan Baterai

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition mengandalkan prosesor AMD Ryzen 5 5900HX dan GPU discrete AMD Radeon RX 6800M GDDR6 12GB. Kapasitas RAM bawaan DDR 3200 16GB dan storage M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD 1TB.

Kami melakukan pengujian menggunakan aplikasi 3DMark dan PCMark dari UL Benchmarks dengan pengaturan performa di preset Turbo pada Armoury Crate. Hasil skor pengujian menunjukan performa Asus ROG Strix G15 Advantage Edition sangat mumpuni.
 
PENGUJIAN: PCMark 10
Modern Office
3DMark Fire Strike Cinebench R23
Multi/Single
SKOR:  7366 26245 13279/1458

Pengujian selanjutnya dilakukan dengan benchmark in-game di Horizon Zero Dawn (Ultimate Quality) dan Assassin’s Creed Valhalla (Ultra High) tertinggi di masing-masing game dengan resolusi native 2560x1440. Frame rate rata-rata (average) yang disajikan tergolong memuaskan.

Asus ROG Strix G15 Advantage Edition, Pamer Performa Terbaik AMD

Pengujian selanjutnya adalah daya tahan baterainya menggunakan simulasi dari PCMark. Di sini laptop dikondisikan dalam preset Silent di Armoury Crate dan Power Saving aktif. Asus ROG Strix G15 Advante Edition dalam kondisi backlit dan RGB nonaktif serta terhubung ke WiFi.

Hasil pengujian mencatat laptop ini mampu bertahan hingga  enam jam 53 menit. Jadi dengan kondisi tersebut bisa diprediksi bahwa Asus ROG Strix G15 Advantage Edition tetap bisa diandalkan untuk bekerja secara mobile.


Kesimpulan
Menurut Medcom.id laptop gaming Asus ROG Strix G15 Advantage Edition menawarkan performa terbaik dengan fitur upgradeable yang menarik meskipun penggunanya harus rela memiliki perangkat yang agak tebal. Asus ROG Strix G15 Advantage Edition dirilis di Indonesia dengan banderol Rp33.900.000.
 
SPESIFIKASI Asus ROG Strix G15 Advantage Edition
Prosesor AMD Ryzen 9 59500HX
RAM 16GB DDR4 3200MHz 
Memori Internal 1TB M.2 NVMe PCIe SSD
Layar 15,6 inci QHD (2560x1440) 165Hz
GPU AMD Radeon RX 6800M GDDR6 12GB
Bobot 2,5kg
Dimensi 35,4 x 25,9 x 2,72cm
Harga Rp33.999.000
 
9.5
Asus ROG Strix G15 Advantage Edition
Plus
  • Spesifikasi bisa upgrade
  • Performa memuaskan
Minus
  • Bodi agak tebal


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id