Samsung Galaxy M22, Fitur Lengkap di Kelasnya

    Lufthi Anggraeni - 25 November 2021 07:56 WIB
    Samsung Galaxy M22, Fitur Lengkap di Kelasnya
    Samsung Galaxy M22 menyuguhkan fitur tergolong lengkap di kelasnya, dengan keunggulan daya tahan baterai.



    akarta: Samsung menghadirkan Galaxy M22 untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan perangkat berharga terjangkau namun dengan bekal fitur lengkap, guna mendampingi aktivitas sehari-hari yang banyak melibatkan perangkat dan internet akibat pandemi.

    Serupa dengan perangkat seri M lainnya, Samsung masih mengunggulkan kapasitas baterai besar dan daya tahan lama pada Galaxy M22 ini. Namun, Samsung mengklaim desain Galaxy M22 lebih stylish jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

     



    Selain keunggulan soal baterai, apa lagi yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy M22 ini? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.
     

    Desain

    Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy M32, Samsung Galaxy M22 hadir dengan desain tergolong lebih sederhana. Kesederhanaan ini dihadirkan pada sasis bagian belakang perangkat yang tidak mengkilat.

    Tidak mengurangi keindahan dan estetika tampilan, absennya efek mengkilat ini juga digantikan dengan permukaan bertekstur, membantu menjaga stabilitas perangkat saat digenggam serta mengurangi risiko bodi perangkat terlihat kotor akibat noda sidik jari.

    Samsung Galaxy M22, Fitur Lengkap di Kelasnya

    Namun, selain menghilangnya kesan mengkilat dari bodi bagian belakang yang menampilkan efek pelangi saat terpapar cahaya, Samsung Galaxy M22 ini masih mengusung pola garis vertikal serta bentuk penyematan kamera dan lampu flash serupa pendahulunya.

    Selain itu, jika dilihat sekilas mungkin Anda tidak akan menyadari bahwa ponsel cerdas ini berbekal fitur pemindai sidik jari, sebab Samsung menyematkannya di tombol daya di sisi kanan bodi, yang berdampingan dengan tombol fisik untuk volume.

    Samsung Galaxy M22, Fitur Lengkap di Kelasnya

    Kenyamanan menggenggam perangkat ini juga didukung oleh ketebalannya yang tipis, setebal 8,4mm, serta bobot 186 gram. Hal ini memungkinkan Anda menggenggam perangkat dengan nyaman meski dalam jangka waktu lama.

    Berdimensi tipis, Samsung tidak berkompromi soal layar pada perangkat yang ditujukan untuk mendampingi konsumen dalam beraktivitas via perangkat. Samsung membekali Galaxy M22 dengan layar berukuran 6,4 inci dan menggunakan panel Super AMOLED dan refresh rate 90Hz.

    Layar perangkat beresolusi HD+ ini mengusung desain poni layar berbentuk tetes air sebagai lokasi penyematan kamera depan, sehingga Anda tetap dapat menikmati tampilan layar luas tanpa terganggu poni layar.

    Samsung Galaxy M22, Fitur Lengkap di Kelasnya

    Selain semua itu, Anda juga akan menemukan slot kartu SIM dan microSD di sisi kiri atas perangkat, serta lubang speaker dan jack headphone 3,5mm yang mengapit port USB-C di sisi bawah perangkat.
     

    Antarmuka dan Fitur

    Samsung Galaxy M22 menggunakan sistem operasi Android 11, mampu menyuguhkan kenyamanan saat digunakan. Kenyamanan ini juga didukung oleh One UI Core 3.1 berkat pengalaman navigasi familiar.

    Namun, seperti sebagian besar smartphone produksi Samsung, Galaxy M22 juga berbekal aplikasi bawaan dalam jumlah banyak, yang berpengaruh pada kapasitas memori perangkat. Merupakan versi Core dari UI utama karya Samsung, Galaxy M22 ini tidak berbekal sejumlah fitur.

    Meskipun demikian, absennya sejumlah fitur ini tidak mengurangi kenyamanan menggunakan Galaxy M22. Sebab smartphone ini masih didukung dengan fitur Dual Messenger, Google Discover pada homescreen, serta opsi gestur tambahan.

    Samsung Galaxy M22, Fitur Lengkap di Kelasnya

    Fitur yang tidak dimiliki Galaxy M22 salah satunya adalah perekaman layar atau screen recording, sehingga untuk dapat memanfaatkan fitur tersebut di smartphone ini, Anda perlu mengunduh aplikasi tambahan.

    Namun, Galaxy M22 ini juga didukung fitur NFC sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan pengisian ulang pada kartu uang elektronik. Sementara itu untuk urusan audio, Samsung mendukung Galaxy M22 dengan efek Dolby Atmos, meski speaker pada ponsel ini masih mono.

    Sementara itu, masih mengusung resolusi HD+, layar Samsung Galaxy M22 masih mampu menyuguhkan tampilan konten yang nyaman dilihat, serta membantu menghemat konsumsi daya baterai.

    Selain itu, layar Galaxy M22 sudah didukung fitur Always-On Display dan refresh rate 90Hz. Sayangnya, refresh rate ini belum adaptif, sehingga Anda perlu memilih antara refresh rate 90Hz ata 60Hz secara manual. Layar ini juga menyuguhkan responsivitas, akurasi warna dan kontras yang baik.
     

    Kamera

    Samsung Galaxy M22 dipersenjatai dengan empat kamera di bagian belakang, dengan kamera utama beresolusi 48MP f/2.0. Kamera utama ini didampingi oleh kamera ultra wide-angle beresolusi 8MP f/2.2, dan kamera potret dan makro masing-masing beresolusi 2MP.

    Foto yang dihasilkan kamera Galaxy M22 ini juga tergolong baik, dengan tampilan yang tajam dan detail yang baik, serta warna cerah pada kondisi pencahayaan terang. Hasil sedikit berbeda kami temukan pada foto yang dipotret dengan kondisi pencahayaan redup.

    Samsung Galaxy M22, Fitur Lengkap di Kelasnya

    Samsung Galaxy M22, Fitur Lengkap di Kelasnya

    Pada hasil foto tersebut, Anda dapat menemukan noise halus, terutama pada bagian lebih gelap. Pada bagian yang lebih terang, garis batas antar obyek sedikit tidak tegas, terutama saat diperbesar atau zoom in.

    Karenanya, kami tidak menyarankan Anda melakukan pemotongan atau crop berlebihan pada hasil foto yang dipotret dengan Galaxy M22 ini dalam kondisi pencahayaan redup. Sedangkan untuk kamera depan, pecinta selfie atau foto diri mungkin akan menyukai ponsel cerdas ini.

    Samsung Galaxy M22, Fitur Lengkap di Kelasnya

    Samsung Galaxy M22, Fitur Lengkap di Kelasnya

    Samsung Galaxy M22, Fitur Lengkap di Kelasnya

    Sebab meski tidak mengaktifkan fitur untuk mempercantik tampilan di foto atau Beautify, kamera Galaxy M22 mampu menghasilkan foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan terang dengan warna lebih cerah sehingga wajah tampak lebih merona.

    Sedangkan pada kondisi pencahayaan redup, Anda juga akan mendapati noise, meski tidak terlalu kentara. Anda dapat memanfaatkan fitur Night Mode untuk sedikit memperterang tampilan foto, meski selama memotret, Anda harus menjaga stabilitas perangkat.
     

    Performa

    Serupa pendahulunya, Galaxy A32, spesifikasi Samsung Galaxy A22 juga didukung chipset prosesor MediaTek Helio G80 dengan fabrikasi 12nm dan kecepatan clock tertinggi hingga 2GHz. Prosesor ini didampingi oleh RAM 6GB dan ruang penyimpanan internal berkapasitas 128GB.

    Performa perangkat ini kami rasakan salah satunya saat memainkan game PUBG Mobile dengan pengaturan default grafis diatur di HD dan frame rate di High. Samsung Galaxy M22 ini tergolong baik sebab suhu bodi belakang ponsel mulai terasa hangat setelah bermain dalam jangka waktu lama.

    Ponsel ini juga kami uji menggunakan aplikasi benchmark seperti PCMark dan 3DMark for Android. Pada pengujian melibatkan 3DMark, Samsung Galaxy M22 memperoleh skor tidak jauh berbeda jika dibandingkan pendahulunya, Galaxy M32.

    Pada pengujian 3DMark Slingshot Extreme OpenGL, Samsung Galaxy M62 memperoleh skor sebesar 1.326. Sedangkan pada pengujian yang melibatkan 3DMark Slingshot, smartphone ini memperoleh skor 1.697.

    Samsung Galaxy M22, Fitur Lengkap di Kelasnya

    Sementara itu, pada pengujian melibatkan PCMark Work 3.0, Samsung Galaxy M32 memperoleh skor lebih tinggi jika dibandingkan Galaxy M32, yaitu sebesar 7104. Menyoal baterai, Samsung membekali Galaxy M22 dengan baterai berkapasitas 5.000mAh.

    Dengan kapasitas tersebut, Anda dapat menggunakan Galaxy M22 ini selama sekitar satu hari dalam kondisi penggunaan harian normal. Namun, Galaxy M22 ini mampu bertahan hingga tiga sampai empat hari dalam satu kali pengisian daya dalam mode siaga.

    Pada aplikasi PCMark, smartphone ini mampu bertahan selama 15 jam 1 menit. Mendukung teknologi fast charging 25W, baterai Samsung Galaxy M22 ini dapat terisi dari sisa baterai sebanyak lima persen hingga penuh 100 persen dalam kurun waktu sekitar satu setengah jam atau 90 menit.

    Samsung Galaxy M22, Fitur Lengkap di Kelasnya

    Namun, pada kemasan penjualan, Samsung menyediakan charger dengan dukungan daya pengisian baterai 15W, sehingga waktu pengisian baterai perangkat hingga penuh 100 persen membutuhkan waktu lebih lama.

    Kesimpulan
    Tidak sempurna, namun Samsung Galaxy M22 dengan harga Rp2.799.000 ini menyuguhkan pengalaman penggunaan menyenangkan berkat berbagai fitur yang mendukngnya, dengan fitur utama baterai berdaya tahan lama.

    Dukungan kamera yang baik, meski bukan premium, juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri, terutama bagi Anda yang gemar memotret dengan smartphone. Penggunaan antarmuka One UI yang sederhana juga mudah dipahami sehingga mudah digunakan.
     
    Spesifikasi Samsung Galaxy M22
    Prosesor MediaTek Helio G80 12nm
    GPU  Mali-G52 MC2
    OS  Android 11, One UI Core 3.1
    RAM  6GB
    Memori internal  128GB
    Kamera  Belakang 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
    Depan 13MP
    Baterai  5.000mAh
    Layar  6,4 inci AMOLED HD+
    Harga  Rp2.799.000
     
     
    8.5
    Samsung Galaxy M22
    Plus
    • Layar AMOLED 90Hz
    • Baterai tahan lama
    Minus
    • Resolusi layar HD+


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id