comscore

Huawei Watch GT Runner, Lengkap Buat Penggemar Olahraga

Cahyandaru Kuncorojati - 05 Mei 2022 14:56 WIB
Huawei Watch GT Runner, Lengkap Buat Penggemar Olahraga
Huawei Watch GT Runner.
Jakarta: Huawei sejak lama menyediakan jam tangan pintar dengan desain dan fitur yang ditujukan untuk mendukung gaya hidup sehat penggunanya atau mereka yang menggemari olahraga. Beberapa waktu lalu mereka meluncurkan Huawei Watch GT Runner dengan banderol harga Rp4 juta.

Medcom.id berkesempatan untuk menjajalnya dan merasakan pengalaman menggunakan smartwatch yang ditujukan sepenuhnya untuk penggemar olahraga, berikut kesan kami.
`

Desain

Melihat harga yang ditawarkan sudah sangat jelas bahwa Huawei Watch GT Runner merupakan produk di segmen high-end. Di sini ditawarkan smartwatch dengan desain yang tetap sporty tapi tetap cocok digunakan sehari-hari, Anda bisa mengganti strap yang digunakan dengan mudah.
Huawei Watch GT Runner hadir dengan panel layar 1,43 inci dengan diameter 46mm yang dilengkapi fitur layar sentuh. Fitur kendalinya juga didukung oleh tombol di sisi kanan dan crown di bagian atasnya yang bisa diputar. 

Huawei Watch GT Runner, Lengkap Buat Penggemar Olahraga

Bagian utama atau casing terasa sangat kokoh, lebar tapi terasa ringan. Strap yang disedakan Huawei Watch GT Runner juga terasa sangat elastis sekalipun di pasang cukup ketat di pergelangan tangan. Saat digunakan, saya masih merasa sangat nyaman terutama ketika tangan berayun saat lari.

Huawei Watch GT Runner diklaim memiliki daya tahan rating IP68 dan bertahan di dalam air hingga kedalaman 50 meter. Saya mencoba untuk menggunakan di bawah sinar terik matahari dan perangkat ini tidak terasa ikut panas sehingga tetap nyaman digunakan sehari-hari atau di kegiatan outdoor.

Huawei Watch GT Runner, Lengkap Buat Penggemar Olahraga

Layarnya sangat cerah saat digunakan di bawah sinar matahari, jadi Anda bisa melihat dengan jelas. Tingkat kecerahannya juga bisa diatur apabila Anda ingin semakin menghemat konsumsi baterainya.

Sama seperti smartwatch lain, layar Huawei Watch GT Runner akan menyala saat perangkat di arahkan ke wajah Anda. Sayangnya, fitur ini tidak selalu beroperasi dengan optimal karena saya harus membuat gerakan yang sangat jelas pada pergelangan tangan. 

Huawei Watch GT Runner, Lengkap Buat Penggemar Olahraga

Pengalaman ini cukup mengecewakan mengingat Huawei Watch GT generasi pertama yang saya miliki masih lebih responsif. Sebelum menjajal fiturnya, saya akan menceritakan proses integrasi Huawei Watch GT Runner dengan aplikasi mobile.

Konektivitas

Huawei Watch GT Runner bekerja dengan terhubung ke smartphone lewat konektivitas Bluetooth. Di sini akan diminta akses ke kontak, telepon, konten seperti musik, dan aplikasi lain, misalnya aplikasi kebugaran yang kompatibel dengan sistem operasinya yaitu Harmony OS 2.0.

Sayangnya proses pairing antara Huawei Watch GT Runner dengan smartphone selain Huawei tidak semudah seperti yang dibayang, saya sudah sempat mencobanya dengan Asus ROG Phone 3 dan Xiaomi 12 Pro. Anda harus terlebih dulu download dan memasang Huawei Health serta Huawei Mobile Service (HMS) Core.

Huawei Watch GT Runner, Lengkap Buat Penggemar Olahraga

Di sini kami menemukan bahwa versi dari Google Play Store tidak kompatibel sehingga proses pairing lewat aplikasi ini akan gagal. Solusi yang ditawarkan adalah Anda harus mengunduh Huawei Health dari layanan Huawei AppGallery dan mengizinkan proses download dari browser.

Ya, hal ini yang menjadi tantangan saat menggunakan perangkat wearable Huawei dengan smartphone bukan merek yang sama. Kondisi ini jelas sangat disayangkan karena Huawei Watch GT Runner dan produk lain dari Huawei sebenarnya punya kualitas yang sangat bagus.
 

Fitur dan Baterai

Soal fitur memang Huawei Watch GT Runner membawa sejumlah fitur yang sudah bisa ditemukan pada smartwatch di segmen kebugaran, tapi harus diakui fitur tersebut sangat lengkap dan kompleks. Ragam pilihan olahraga tersedia di sini mulai dari lari, senam, dan olahraga ekstrim atau outdoor.

Di sini Anda harus memasukan terlebih dahulu profil dari berat badan dan tinggi untuk kemudian secara cerdas memudahkan pengguna memiliki pelatih kebugaran pribadi. Data yang disajikan bisa terlihat di Huawei Watch GT Runner atau aplikasi Huawei Health untuk lebih lengkapnya.

Huawei Watch GT Runner, Lengkap Buat Penggemar Olahraga

Informasi yang disajikan mulai dari detak jantung, kecepatan, jarak, dan frekuensi atau perbandingan dari sesi olahraga sebelumnya. Huawei Watch GT Runner juga secara cerdas bisa mengingatkan Anda durasi istirahat yang dibutuhkan.

Huawei Watch GT Runner punya daya tahan tingkat 5 ATM alias bisa dibawa berenang di air tawar maupun air laut hingga kedalaman 50 meter. Di samping bodinya Anda juga akan menemukan lubang yang berfungsi untuk mengeluarkan sisa air di dalamnya saat menyalakan fitur Drain.

Huawei Watch GT Runner, Lengkap Buat Penggemar Olahraga

Hampir mirip dengan memiliki coach atau asisten kebugaran sendiri. Huawei Watch GT Runner mendukung fitur untuk penggunanya memasang jadwal olahraga, durasi, dan target kebugaran alias body goals yang ingin dicapai. 

Huawei Watch GT Runner dilengkapi teknologi generasi terbaru yaitu Huawei TruSeen 5.0+ yang diklaim bisa membaca detak jantung secara real-time dan lebih akurat tapi hemat daya. Demikian juga dengan fitur dual-band Five System GNSS yang membuatnya bisa terhubung ke lima sistem satelit sekaligus untuk akurasi GPS yang tinggi.

Sebelum bicara daya tahan baterainya, Huawei Watch GT Runner memiliki fitur mikrofon dan speaker sehingga bisa menerima panggilan suara. Di sini juga ada memori 4GB yang bisa diisi lagu, jadi saya tidak harus membawa smartphone saat olahraga sambil mendengarkan musik.

Huawei Watch GT Runner, Lengkap Buat Penggemar Olahraga

Di pengujian yang saya lakukan, Huawei Watch GT Runner digunakan untuk olahraga jogging biasa dengan kondisi selalu terhubung ke smartphone. Perangkat ini juga aktif menerima notifikasi yang diterima dari smartphone. 

Baterai Huawei Watch GT Runner terbukti masih bertahan hingga separuh dalam pemakaian tersebut selama seminggu. Huawei sendiri mengklaim daya tahannya bisa mencapai dua minggu, melihat hal tersebut maka tidak ada lagi yang perlu diragukan. Daya tahan selama tujuh hari menurut saya sudah sangat cukup.

Kesimpulan
Huawei Watch GT Runner menurut saya pantas menjadi pilihan smartwatch segmen kebugaran yang memiliki fitur sangat lengkap bagi pengguna yang sangat ‘gila’ olahraga dan sisi lain tetap ingin merasakan fitur canggih dari gadget mereka alias geeky.

Kekurangan yang cukup mengganggu adalah perangkat kurang bersahabat dengan smartphone selain merek Huawei. Namun sesuai dengan pengalaman penggunaan saya, apabila Anda benar-benar menyukai fitur yang dimilikinya maka Huawei Watch GT Runner adalah salah satu smartwatch terbaik saat ini.
 
 
9.5
Huawei Watch GT Runner
Plus
  • Desain sporty tapi juga bisa elegan
  • Fitur pemantau kebugaran sangat lengkap
  • Fitur mikrofon dan speaker
  • Daya tahan baterai sesuai janji
Minus
  • Konektivitas kurang bersahabat dengan smartphone selain Huawei.

 

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id