Review Motherboard

    Asus ROG Maximus XII Extreme, Paket Mewah Bertenaga

    Cahyandaru Kuncorojati - 09 Juli 2020 20:14 WIB
    Asus ROG Maximus XII Extreme, Paket Mewah Bertenaga
    Asus ROG Maximus XII Extreme.
    Jakarta: Medcom.id mendapatkan kesempatan untuk mengulas dua prosesor terbaru Intel Generasi ke-10 yaitu Core i9-10900K dan Core i5-10600K. Mengingat prosesor ini hadir dengan soket baru, maka dibutuhkan motherboard baru untuk pengujian.

    Salah satu motherboard yang dapat mendukung performa keduanya adalah Asus ROG Maximus XII Extreme. Membaca namanya saja sudah jelas bahwa motherboard ini ditujukan untuk pengguna yang gemar melakukan overclocking performa PC mereka alias kalangan enthusiast.

    Asus ROG Maximus XII Extreme, Paket Mewah Bertenaga

    Medcom.id yang ingin menguji performa bawaan dari kedua prosesor tadi sekaligus mendapatkan sedikit pengalaman untuk membagikan pengalaman yang ditawarkan Asus ROG Maximus XII Extreme. Pertama mari membahas desainnya.

    Asus ROG Maximus XII Extreme punya desain futuristik yang menjadi ciri khas seri tinggi motherboard gaming dan enthusiast Asus. Meskipun mengusung warna monokrom, tapi ada LED RGB yang menyala di tepi dan di atas VRM heatsink hingga M.2 heatsink secara diagonal.

    Logo ROG di armor atau cover heatsink chipset motherboard ini juga bisa menyala. Jadi tampilan visual motherboard Asus ROG Maximus XII Extreme menurut kami tidak memiliki kekurangan. Efek menyala RGB di sini bisa dikonfigurasi dan tersinkronisasi dengan perangkat lain lewat Asus AuraSync.

    Bagi overclocker, motherboard ini menyediakan panel OLED Live Dash yang menyediakan infromasi status sistem secara real-time. Di sini juga masih tersedia debug LED codes untuk mengetahui status motherboard.

    Asus ROG Maximus XII Extreme, Paket Mewah Bertenaga

    Asus ROG Maximus XII Extreme hadir dengan chipset Intel Z490 dan soket LGA 1200. Meskipun tidak lagi mengusung soketLGA 1151 tapi sistem pendingin CPU di generasi tersebut masih kompatibel dengan soket terbaru. Jadi Anda masih bisa menggunakan liquid cooler lama yang masih ada.

    Motherboard ini menyediakan dukungan empat slot RAM DDR4 kapasitas maksimal 128GB dual-channel memory yang sudah didukung Intel XMP dan OptiMem III. Menyoal dukungan storage, Asus ROG Maximus XII Extreme menawarkan empat slot M.2.

    Empat slot M.2 ini dibagi menjadi dua lokasi. Dua tersedia di dekat slot PCIe dengan fitur cover heatsink dan dua lagi sebagai ekspansi menggunakan aksesori ROG DIMM.2 heatsink yang dipasang pada slot ada di sebelah deretan RAM.

    Fitur tersebut memang terasa sudah sangat canggih, tapi Asus ROG Maximus XII Extreme tetap menyediakan delapan port SATA 6Gbps. Beralih ke fitur slot PCIe disediakan dua slot PCIe x16 yang mendukung konfigurasi NVIDIA 2-Way SLI maupun AMD 3-Way CrossFireX.

    Asus ROG Maximus XII Extreme, Paket Mewah Bertenaga

    Konektivitas di motherboard ini hadir sebagai paket lengkat. Ada dukungan aksesori antena untuk modem Intel WiFi 6 AX201 yang punya kemampuan dual-band. Di koneksi internet berbasis LAN tersedia dua port Ethernet yang mendukung bandwidth 2,5 GbE dan 10 GbE.

    Di bagian back panel I/O port, Asus ROG Maximus XII Extreme menyediakan fitur lain seperti ragam USB port termasuk tombol untuk USB Bios FlashBack dan Clear CMOS yang memudahkan overclocker untuk reset konfigurasi BIOS.

    Bagaimana Performanya?
    Medcom.id melakukan pengujian performa bawaan dari prosesor Intel Core i9-10900K dan Core i5-10600K. Jadi Asus ROG Maximus XII Extreme digunakan secara wajar tanpa mengaktifkan mode overclocking manual maupun berbasis AI.

    Tentu saja apabila motherboard ini digunakan dengan mode overclock atau konfigurasi untuk memacu performanya, hasil pengujian akan berbeda-beda tergantung kemampuan masing-masing pengguna dalam menemukan formula konfigurasi yang tepat.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Kami menguji prosesor Intel Core i9-10900K dan Core i5-10600K di Asus ROG Maximus XII Extreme dengan dukungan sistem pendingin Noctua Chromax Black NH-U12S dan RAM 16GB DDR4 HyperX Fury serta kartu grafis ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC. Sisanya menggunakan komponen yang ada di testbed Medcom.id.

    Hasil pengujian menggunakan Asus ROG Maximus XII Extreme dan dua prosesor Intel tadi berhasil performa yang cukup tinggi berdasarkan skor yang diperoleh dari beberapa pengujian.
     
    PENGUJIAN: PCMark 10 Modern Office
     
    3DMark Fire Strike
     
    Cinebench R20 single-core
     
    Cinebench R20 multi-core
     
    Intel Core  i9-10900K 7322 18656 514 6147
    Intel Core i5-10600K 6701 17896 425 3338

    Kemudian Medcom.id menguji Intel Core i9-10900K dan Core i5-10600K di Asus ROG Maximus XII Extreme untuk bermain tiga game di kualitas grafis tinggi. Hasilnya kami memperoleh game yang berjalan di frame rate rata-rata tergolong tinggi dan memuaskan.
     
    PENGUJIAN: Assassin's Creed Odyssey
    (fps min/max/average)
    World War Z

    (fpx min/max/average)
    Gears 5

    (fps average)
    Intel Core i9-10900K 33/124/60fps 123/240/163fps 85fps
    Intel Core i5-10600K 30/114/60 112/229/115fps 84fps


    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id, Asus ROG Maximus XII Extreme berhasil menjanjikan performa yang memuaskan dan kami yakin kemampuannya masih bisa dipacu lagi hingga tikat ekstrem.

    Motherboard ini hadir dengan banyak fitur dan aksesori yang lengkap. Di paket penjualannya Asus juga melengkapi dengan peralatan untuk memasang komponen sistem pendingin. Hal ini tidak heran apabila membuat harga jualnya tinggi.

    Penelusuran Medcom.id di ecommerce atau marketplace lokal, Asus ROG Maximus XII Extreme dibanderol mulai dari Rp13 juta. Harganya melebihi satu unit prosesor Intel Core i9-10900K. Namun apabila Anda seorang overclocker seharusnya harga ini dianggap normal dan sebuah upgrade signifikan.
     
    9
    Asus ROG Maximus XII Extreme
    Plus
    • Tampilan menarik
    • Fitur lengkap dan premium
    • Fitur sangat mendukung untuk overclocking
    Minus
    • Harga tergolong tinggi


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id