Review Smartphone

    Samsung Galaxy M51, Si Baterai Luar Biasa

    Lufthi Anggraeni - 05 Desember 2020 11:11 WIB
    Samsung Galaxy M51, Si Baterai Luar Biasa
    Samsung Galaxy M51 menghadirkan kapasitas baterai besar dengan performa memuaskan.
    Jakarta: Baterai menjadi salah satu faktor yang menjadi perhatian konsumen saat membeli smartphone, mengingat dalam beberapa tahun terakhir tingkat mobilitas masyarakat mengalami peningkatan, meski mobilitas ini mengalami penurunan akibat pandemi.

    Namun, hal ini tidak mengurangi kebutuhan masyarakat terhadap baterai berkapasitas besar. Karenanya, Samsung kembali menyuguhkan smartphone dengan dukungan baterai berkapasitas besar melalui Galaxy M51.

    Kehadiran smartphone ini ditujukan Samsung untuk mendukung kegiatan sehari-hari pengguna, terutama di masa pandemi kala berbagai kegiatan dialihkan ke ranah online. Lantas apa lagi yang ditawarkan Galaxy M51 ini?

     

    Desain

    Samsung Galaxy M51 desain dengan desain sederhana, sekilas juga menyerupai smartphone seri lain karya Samsung, yaitu seri Galaxy A. Bodi smartphone ini berbalut bahan polycarbonate mengkilat di bagian belakang.

    Selain itu di bagian belakang, Anda juga akan menemukan kamera yang tersusun berbentuk huruf L. sedangkan di bagian depan, ponsel cerdas ini mengusung desain layar berlubang sebagai lokasi penyematan kamera depan di bagian tengah atas layar.

    Samsung Galaxy M51, Si Baterai Luar Biasa

    Serupa dengan smartphone generasi terbaru karya Samsung, Galaxy M51 ini juga hadir dengan bezel tipis di setiap sisi, ditujukan untuk menghadirkan pengalaman menonton di layar lebih luas. Namun pada bezel bagian atas, Anda akan menemukan speaker untuk menelepon.

    Namun Samsung Galaxy M51 ini tampil sedikit berbeda dengan salah satu tren yang tengah populer di kalangan produsen teknologi yaitu desain bodi tipis. Sebab ponsel cerdas ini hadir dengan ketebalan bodi yang tergolong tebal, setebal 9,5mm, yang cukup terasa saat menggenggamnya.

    Samsung Galaxy M51, Si Baterai Luar Biasa

    Meskipun demikian, berkat kombinasi bobot tergolong ringang, ketebalan bodi ini tidak mengganggu kenyamanan saat menggenggamnya. Ketebalan ini dapat dimaklumi mengingat Samsung membekali Galaxy M51 ini dengan baterai berkapasitas besar.

    Namun, kami tetap menyarankan Anda untuk melapisi bodi ponsel cerdas ini dengan sasis pelindung eksternal berbahan kesat, guna meminimalisir peluang ponsel jatuh saat dalam genggaman akibat bodi bagian belakang yang sedikit licin.

    Samsung Galaxy M51, Si Baterai Luar Biasa

    Sayangnya, Samsung tidak menyediakan jelly case pada paket penjualan Galaxy M51 ini. Sementara itu, Samsung Galaxy M51 hadir dengan dukungan jack headphone 3,5mm di bagian bawah, fitur yang kini mulai jarang ditemukan di smartphone generasi terbaru.

    Jack headphone ini didampingi oleh lubang speaker yang mengapit port USB-C. Dan di bagian sisi kanan, Anda akan menemukan tombol volume dan power, sedangkan slot dua kartu SIM dan microSD terdapat di sisi kiri.

    Samsung Galaxy M51, Si Baterai Luar Biasa

    Tombol daya pada Samsung Galaxy M51 ini tergolong unik sebab berbentuk pipih, tidak menonjol seperti pada umumnya, dengan tekstur berbeda. 
     

    Fitur & Antarmuka

    Samsung Galaxy M51 menggunakan sistem operasi karya Samsung, yaitu One UI Core versi 2.1 dan berbasis Android 10. Merupakan versi lebih dasar dari One UI, One UI Core tidak berbekal sejumlah fitur yang umum ditemukan pada versi One UI lainnya.

    Sejumlah fitur yang tidak tersedia di Galaxy M51 ini termasuk Bixby, Secure Folder, Link to Windows, Edge Lighting, dan Samsung Kids. Ketidakhadiran sejumlah fitur ini mungkin akan mempengaruhi pengalaman pengguna, namun perbedaannya tidak terlalu signifikan.

    One UI Core 2.1 hadir dengan ikon dan elemen menu berukuran besar serta menyuguhkan pengalaman penggunaan yang intuitif. Selain itu, Galaxy M51 menjadi smartphone Galaxy M series pertama dengan dukungan konektivitas NFC.

    Samsung Galaxy M51, Si Baterai Luar Biasa

    Hal ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan fitur Samsung Pay dan pembayaran dengan memanfaatkan layanan dompet dan uang elektronik. One UI Core 2.1 juga menawarkan mode gelap hingga ke sistem, tema tambahan dan halaman pengaturan dengan tampilan ikon da kategori lebih terorganisir.

    Dan karena layar ponsel cerdas ini tergolong tinggi, sebagian besar ikon shortcut aplikasi interaktif muncul di bagian bawah layar, memudahkan proses mengakses. Launcher default juga tergolong sederhana, berbekal opsi untuk memilih ukuran grid, layout dan opsi kustomisasi lain.

    Selain itu, Anda juga akan menemukan fitur lain seperti Blue Light Filter, Screen Recorder, Focus Mode untuk membantu Anda tetap fokus pada aktivitas yang dilakukan. Fitur Focus Mode ini menawarkan opsi Me Time atau Work Time.
     

    Kamera

    Samsung Galaxy M51 berbekal empat kamera di bagian belakang, dengan kamera utama beresolusi 64MP f/1.8 dan sensor Sony IMX682 berukuran 1/1.73 inci dan piksel 0.8µm. Sensor ini mengadopsi teknologi Quad Bayer, dengan hasil optimal secara default beresolusi 16MP dan dengan piksel besar 1.6µm, atau 64MP jika semua piksel digunakan dengan piksel 0.8µm.

    Selain itu, kamera ini juga didukung fitur HDR yang secara otomatis aktif bila dibutuhkan, serta AI Scene Optimizer, berkemampuan mengenali subjek atau adegan, kemudian mengoptimalkan pengaturan sesuai kondisi.

    Samsung Galaxy M51, Si Baterai Luar Biasa

    Samsung Galaxy M51, Si Baterai Luar Biasa

    Sementara itu, mode foto 64MP dapat dipilih via pengaturan aspek rasio, namun mode resolusi tinggi ini tidak didukung HDR dan AI Scene Optimizer. Selain itu, tersedia juga kamera sekunder beresolusi 12MP f/2.2 dengan lensa ultrawide yang memberikan bidang pandang seluas 123 derajat.

    Kamera lainnya yaitu kamera depth sensor beresolusi 5MP f/2.2 serta lensa macro 5MP f/2.4. Menyoal kamera depan, Samsung Galaxy M51 mengusung kamera depan beresolusi 32MP f/2.0 menggunakan sensor Sony IMX616.

    Samsung Galaxy M51, Si Baterai Luar Biasa

    Samsung Galaxy M51, Si Baterai Luar Biasa

    Dengan dukungan spesifikasi kamera tersebut, Samsung Galaxy M51 mampu menyuguhkan hasil foto baik, tidak hanya di kondisi pencahayaan cukup, tapi juga dalam kondisi pencahayaan redup. Dalam kondisi pencahayaan redup, Samsung Galaxy M51 ini mampu menampilkan gambar dengan noise yang tidak kentara.
     

    Performa

    Menyoal dapur pacu, Samsung Galaxy M51 didukung chipset Qualcomm Snapdragon 730G. Dukungan prosesor ini menjanjikan pengalaman gaming menyenangkan, mengingat prosesor tersebut memang dirancang untuk keperluan gaming.

    Semenetara itu, semua fitur gaming di Samsung Galaxy M51 dapat Anda akses via fitur pusat kendali permainan bertajuk Game Launcher. Fitur ini didukung Game Booster, memungkinkan Anda mengatur mode game ke focus on performance jika membutuhkan tenaga ekstra.

    Selain itu via Game Launcher, game yang tersimpan di perangkat dikumpulkan dalam satu bagian, didampingi oleh informasi seperti statistik, history, dan tips bermain. Chipset prosesor ini didampingi oleh GPU Adreno 618 dengan kecepatan clock 575MHz.

    Prosesor ini juga didampingi oleh RAM 6GB dan ruang penyimpanan internal 128GB. Seperti klaim prosesor yang mendukungnya, menggunakan smartphone ini untuk bermain game PUBG mobile menyuguhkan pengalaman menyenangkan tanpa gangguan lag. 

    Secara default, game ini hadir dengan pengaturan grafis HD serta Frame Rate dalam pengaturan High. pengalaman menyenangkan juga kami nikmati saat sekadar menjelajahi peramban atau aplikasi pada ponsel cerdas ini.

    Samsung Galaxy M51, Si Baterai Luar Biasa

    Sementara itu, pada pengujian yang melibatkan aplikasi benchmark 3DMark Slingshot Extreme Open GL, dengan perolehan skor sebesar 2058, sedangkan pada aplikasi benchmark 3DMark Slingshot, Samsung Galaxy M51 memperoleh skor sebesar 3550. Pada pengujian yang melibatkan aplikasi PCMark Work 2.0, Samsung Galaxy M51 memperoleh skor sebesar 7782.

    Samsung mengunggulkan baterai pada Galaxy M51 ini, dan menjadi salah satu smartphone bekal kapasitas baterai terbesar saat ini yaitu sebesar 7.000 mAh. Dengan bekal tersebut ponsel cerdas ini mampu bertahan selama lebih dari empat hari dalam mode siaga.

    Samsung Galaxy M51, Si Baterai Luar Biasa

    Baterai Samsung Galaxy M51 juga mampu bertahan hampir sekitar dua hari dalam penggunaan sehari-hari. Sedangkan pada pengujian yang melibatkan aplikasi PCMark Work 2.0 Battery Life, baterai smartphone ini mampu bertahan selama 21 jam 41 menit.

    Smartphone ini juga didukung pengisian cepat 25W, mendampingi kapasitas baterai besar yang diusungnya. Dan dengan kapasitas baterai yang sangat besar ini, Anda juga dapat membagikan daya ke perangkat lain layaknya powerbank.

    Kesimpulan
    Samsung Galaxy M51 mengunggulkan dan memanjakan kami dengan daya tahan baterai tahan lama, menjadikannya sebagai smartphone yang sesuai untuk Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan dan jauh dari soket listrik.

    Atau, smartphone ini juga sesuai untuk Anda yang harus menjalani banyak kegiatan dengan smartphone tanpa ingin terganggu daya baterai melemah sehingga harus menggunakan smartphone tidak jauh dari soket listrik, yang mungkin tidak nyaman.

    Sayangnya, bodi sedikit licin mungkin akan mengharuskan Anda untuk membeli sasis pelindung eksternal untuk menghindari smartphone tergelincir saat digenggam.
     
    Spesifikasi Samsung Galaxy M51
    Layar Super AMOLED 6,7 inci 1080 x 2400 piksel
    Dimensi 164,1 x 76,5 x 9,5 mm
    Bobort 213 gram
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 730G
    GPU Adreno 618
    Sistem Operasi  Android 10 + One UI
    RAM 8GB
    Memori Internal  128GB, microSD hingga 512GB
    Kamera Belakang 64MP+5MP+5MP+12MP
    Depan 32MP
    Baterai 7.000 mAh
    Harga Rp5.499.000
     
    8.5
    Samsung Galaxy M51
    Plus
    • Daya tahan baterai sangat lama
    • Layar jernih dan tajam
    • Performa mulus
    • Kamera baik
    Minus
    • Refresh rate layar tidak tinggi
    • Bodi tergolong tebal


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id