Review Smartwatch

    Review Mi Watch Lite, Murah yang tak Terlihat Murahan

    Cahyandaru Kuncorojati - 22 Februari 2021 10:41 WIB
    Review Mi Watch Lite, Murah yang tak Terlihat Murahan
    Mi Watch Lite.



    Jakarta: Di awal tahun Xiaomi merilis sejumlah produk AIoT yang salah satunya adalah smartwatch atau jam tangan pintar Mi Watch dan varian harga terjangkaunya yaitu Mi Watch Lite.

    Embel "lite" kerap dianggap hanya menang di harga murah namun apakah hal ini membuat Mi Watch Lite tidak menarik dengan banderol harga Rp899.000?






    Pertama kali diberi kesempatan untuk menjajal Mi Watch Lite menurut saya produk ini sama sekali tidak menegaskan tampilan murahan hanya karena ada embel "lite"

    Mi Watch Lite mengusung desain layar persegi dengan tepi yang membulat. Desain ini diakui tidak baru mengingat merek lain termasuk yang di segmen high-end atau mahal juga menggunakan desain serupa. Jadi bukan sebuah kekurangan.

    Review Mi Watch Lite, Murah yang tak Terlihat Murahan

    Desain seperti ini lebih stylish dibandingkan smartwatch dengan model layar berbentuk melingkar. Layarnya jelas terasa lebih lega sehingga enak digunakan dengan dukungan layar sentuh.

    Melihat ke penggunaan lebih mendalam, ada sedikit lag antara perintah dari sentuhan jari dengan reaksi di watch face. Serupa dengan smartwatch lain watch face bisa diubah lewat aplikasi pendamping Xiaomi wear.

    Review Mi Watch Lite, Murah yang tak Terlihat Murahan

    Layarnya berwarna dan punya kecerahan yang cukup bagus. Di bawah kondisi matahari terik tampilannya agak sedikit sulit terlihat akibat pantulan cahaya. Hanya ada satu tombol yang tersedia di sisi layar Mi Watch Lite yang berfungsi sebagai tombol Power sekaligus kunci layar.

    Desain tali atau band di Mi Watch Lite terlihat biasa saja bahkan materialnya menggunakan karet. Tidak ada kesan mewah di bagian ini namun tidak menjadi masalah karena tidak akan terlalu terlihat saat digunakan. Layar akan menyala saat pergelangan tangan diangkat dan dihadapkan ke wajah.

    Review Mi Watch Lite, Murah yang tak Terlihat Murahan

    Build quality produk ini terasa cukup kokoh dan akan awet digunakan namun rasa cemas masih ada saat kembali melihat desain layarnya yang terkesan mewah karena bezel-less. Ada rasa takut tergores atau retak akibat benturan.

    Di bagian belakang Mi Watch Lite ada sensor bagian magnet yang juga berfungsi sebagai pengisian baterai saat terpasang ke charger bawaannya. Baterai berkapasitas 230 mAh diklaim bisa bertahan hingga sembilan hari pemakaian.

    Review Mi Watch Lite, Murah yang tak Terlihat Murahan

    Di pengalaman penggunaan dengan sensor dan notifikasi yang terhubung ke Mi Watch Lite baterainya tergolong awet melihat penggunaan selama satu hari penuh. Pengisian baterainya cukup cepat.

    Soal fitur, Xiaomi dilengkapi dukungan untuk 11 jenis mode olahraga yang bisa diintegrasikan ke aplikasi Xiaomi Wear untuk monitoring. Soal sensor kesehatan terdapat pemantauan detak jantung, kualitas tidur, dan pernapasan.

    Review Mi Watch Lite, Murah yang tak Terlihat Murahan

    Xiaomi Mi Watch Lite punya fitur tahan air hingga 5 ATM atau kisaran kedalaman 50 meter. Soal GPS, perangkat ini menggunakan A-GPS Glonass dan berdasarkan pengalaman penggunaan GPS-nya cukup akurat.

    Kesimpulan
    Menurut saya fitur monitoring kebugaran dan olahraga di atas sudah sangat lengkap untuk sebuah smartwatch dengan embel "lite" melihat harganya dibanderol Rp899.000.

    Harga ini masih termasuk terjangkau dan harus dicatat bahwa membawa lebih banyak fitur dibandingkan smart band. Di segi desain Xiaomi Mi Watch Lite juga menarik dan fashionable sehingga pantas digunakan untuk sehari-hari, tidak hanya saat berolahraga.
     
    8
    Xiaomi Mi Watch Lite
    Plus
    • Desain layar terasa mewah
    • Fitur lengkap
    • Antarmuka mudah dipahami
    • Ada aplikasi pendamping
    • Harga terjangkau
    Minus
    • Layar dan tali (band) mudah tergores

     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id