ASUS ROG Zephyrus S (GX701), Tipis Pakai NVIDIA RTX 2080

    Cahyandaru Kuncorojati - 01 Mei 2019 21:03 WIB
    ASUS ROG Zephyrus S (GX701), Tipis Pakai NVIDIA RTX 2080
    ASUS ROG Zephyrus S (GX701).
    Jakarta: Kehadiran kartu grafis tertinggi dari NVIDIA seperti yaitu seri GeForce RTX 2080 langsung diadopsi oleh perangkat gaming di kelas high end. Tidak hanya PC gaming, laptop juga langsung mengadopsinya untuk menawarkan performa grafis tertinggi.

    Tidak tunggu lama, ASUS di jajaran produk Republic of Gamers (ROG) langsung melakukan refresh di spesifikasi VGA yang digunakan laptop gamingnya, termasuk seri high end. ASUS merilis ROG Zephyrus S (GX701) yang kini menggunankan NVIDIA GeForce RTX 2080 Max-Q.

    Medcom.id berkesempatan menjajal laptop gaming tertipis di dunia sekaligus performa paling mumpuni yang diklaim oleh ASUS. Berapa hebat ASUS ROG Zephyrus S (GX701) yang juga didukung oleh kartu grafis terbaru?

     

    Desain

    ASUS ROG Zephyrus S (GX701) dari luar masih sama seperti sebelumnya tampil menawan dan mewah finishing metal brush diagonal di bagian depannya. Di seluruh sisi bodinya terdapat garis aksen berwarna emas.

    Diakui bahwa desain ini sama sekali tidak ada hal baru dibandingkan pendahulunya. Namun hal ini justru menjadi identitas pembeda seri ASUS ROG Zephyrus dengan seri laptop gaming ASUS lainnya, mengingat Medcom.id sudah sangat sering mengulas laptop gaming terutama keluarga ASUS ROG.

    Desain luarnya yang juga masih sama dari seri pendahulunya adalah desain lubang sistem pendingin di bagian belakang. Bagian yang diberi nama ROG Active Aerodynamic System ini akan terbuka bersamaan saat layar laptop dibuka.

    ASUS ROG Zephyrus S (GX701), Tipis Pakai NVIDIA RTX 2080

    Meskipun bodinya ASUS ROG Zephyrus S (GX701) sangat kukuh, bagian penampang dari ROG Active Aerodynamic System sebetulnya terasa ringkih. Alasannya penampang tersebut juga tergolong tidak cukup tebal dan menggunakan material plastik.

    ASUS ROG Zephyrus S (GX701) memiliki dimensi bodi 39,9 x 27,2cm dengan ketebalan 1,87cm, tertipis di kelas laptop gaming 17 inci. Ukuran tersebut juga masih tergolong lebih kecil dibandingkan laptop lain di kelas 17 inci. Desain ini dicapai dengan ukuran screen to body ratio mencapai 80 persen.

    Layarnya berukuran 17 inci dengan bezel sangat tipis di bagian atas, kanan, dan kirinya. ASUS ROG Zephyrus S (GX701) menjadi tidak memiliki webcam tapi di bagian atas tersedia docking untuk memasang aksesoris webcam dari ASUS ROG.

    Layar ASUS ROG Zephyrus S (GX701) memiliki ukuran 17, 3 inci dengan resolusi FHD (1920x1080) dengan refresh rate 144Hz dan response time 3ms. ASUS ROG Zephyrus S (GX701) dipastikan mendukung NVIDIA G-Sync.

    ASUS ROG Zephyrus S (GX701), Tipis Pakai NVIDIA RTX 2080

    Beralih ke bagian keyboard, ASUS ROG Zephyrus S (GX701) kembali mengadopsi gaya pendahulunya yang meletakkan posisi keyboard persis ke tepian laptop dengan trackpad di sisi kanannya. Ini menyisakan ruang dengan logo ASUS ROG di area antara engsel layar laptop dan keyboard.

    Posisi keyboard ini dipastikan kurang nyaman bagi sebagian penggunanya. Karena tidak tersisa ruang untuk wrist rest, tetapi posisi trackpad di sisi kanan cukup pas.

    Trackpad juga bisa berfungsi sebagai Numpad saat tombol fungsi di atasnya diaktifkan. Persis di atasnya, ada tombol berlogo ASUS ROG untuk akses cepat ke software ASUS ROG Armoury Crate untuk mengakses dashboard performa laptop.

    ASUS ROG Zephyrus S (GX701), Tipis Pakai NVIDIA RTX 2080

    Tidak ketinggalan kini ada scroller di sisi kanan atas keyboard untuk dengan mudah mengatur volume audio dari laptop. ASUS ROG Zephyrus S (GX701) memang tidak membawa banyak desian baru tapi tetap teringkas dan tertipis untuk laptop gaming paling bertenaga.

     

    Fitur

    Seperti yang sudah disebutkan salah satu fitur yang pertama ditemukan adalah ROG Active Aerodynamic System pada desain kaki laptop ASUS ROG Zephyrus S (GX701).

    Ruang yang terbuka di bagian bahwa menyediakan pasokan aliran udara lebih banyak sehingga temperatur sistem kerja laptop juga lebih dingin. Artinya, beban kerja laptop tidak akan terbebani oleh suhu yang tinggi dan berakibat performanya menurun.

    ASUS ROG Zephyrus S (GX701), Tipis Pakai NVIDIA RTX 2080

    Fitur lain yang tidak kalah menarik dari LED RGB dan switch yang tactile dari keyboard ASUS ROG Zephyrus S (GX701) adalah software ASUS ROG Armoury Crate. Software ini mendukung konfigurasi performa laptop termasuk fitur keyboard.

    Lebih lengkap lagi, kini di ASUS ROG Armoury Crate juga menyediakan toko aplikasi atau software pendukung untuk laptop gaming ASUS. Misalnya software XSplit Gamecaster untuk live streaming dan GameFirst untuk optimalisasi koneksi internet memenuhi kebutuhan gaming online.

    ASUS ROG Zephyrus S (GX701), Tipis Pakai NVIDIA RTX 2080

    Untuk kebutuhan I/O Port tersedia satu USB Port 3.1 Gen 2 Type-A dan USB 3.1 Gen2 Type-C serta USB 3.1 Gen1 Type-C. Kemudian dua port USB 3.1 Gen1 Type-A, combo audio jack, satu port HDMI 2.0b dan DisplayPort 1.4 jenis Type-C.

    Fitur yang tidak kalah menarik adalah ASUS ROG Zephyrus S (GX701) bisa diisi baterainya menggunakan powerbank, mirip seperti smartphone. Ada fitur bernama USB Power Delivery yang membuat laptop ini bisa mengisi baterai lewat adapter USB Type-C yang dijual terpisah.

    ASUS ROG Zephyrus S (GX701), Tipis Pakai NVIDIA RTX 2080

    Adapter ini memiliki ukuran yang lebih ringkas dengan daya 65W, desainnya seperti adapter laptop ASUS seri non-gaming. Mengandalkan powerbank, baterai ASUS ROG Zephyrus S (GX701) bisa terisi 60 persen dalam 72 menit berkat teknologi fast charging.

     

    Bagaimana Performanya?

    Sebelum mengetahui performanya, lebih dulu akan dibeberkan spesifikasi dapur pacu ASUS ROG Zephyrus S (GX701). Prosesor yang digunakan adalah Intel Core i7-8750H 4,1Ghz. Kapasitas RAM bisa ditingkatkan maksimal 24GB DDR4 2666MHz.

    Kapasitas memorinya menggunakan M.2 NVMe PCIe SSD 1TB. Kapasitas ini sudah sangat cukup untuk menyimpan game sekaligus software untuk kebutuhan profesional. Penggunaan SSD M.2 juga dinilai memberikan performa lebih kencang dibandingkan HDD maupun SSD 2,5 inci.

    Untuk kartu grafis, ASUS ROG Zephyrus S (GX701) ditanamkan NVIDIA GeForce RTX 2080 Max-Q VRAm 8GB GDDR6. Hal ini membuat ASUS ROG Zephyrus S (GX701) termasuk laptop gaming tertinggi dipasar dari spesifikasi kartu grafisnya.

    Medcom.id melakukan pengujian pertama menggunakan beberapa software benchmark untuk mengetahui performanya dari berapa besar skor yang dihasilkan, semakin tinggi semakin baik.
     
    PENGUJIAN PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R20 (multi) Cinebench R20 (single)
    SKOR 5576 18547 2674 400

    Dari beberapa skenario pengujian diperoleh skor ASUS ROG Zephyrus S (GX701) tergolong tinggi untuk laptop gaming. Perlu dicatat skor pengujian ini diperoleh dengan fitur NVIDIA G-Sync yang aktif.

    Seperti yang diketahui bahwa kartu grafis NVIDIA keluarga RTX menawarkan teknologi real-time ray tracing dan kualitasnya bisa diuji lewat skenario Port Royal dari 3DMark. Hasilnya ASUS ROG Zephyrus S (GX701) memiliki skor Port Royal di 4.594 poin. Mengingat laptop gaming ini adalah yang pertama menggunakan kartu grafis GeForce RTX dan diuji oleh Medcom.id maka skor Port Royal tadi belum ada pembanding.

    ASUS ROG Zephyrus S (GX701), Tipis Pakai NVIDIA RTX 2080

    Beralih ke pengalaman gaming, Medcom.id menguji ASUS ROG Zephyrus S (GX701) untuk memainkan game kelas AAA di resolusi 1920 x 1080 dan konfigurasi kualitas grafis tertinggi yaitu di Ultra atau sejenisnya. Terpantau rata-rata frame rate selama bermain di ketiga game menyentuh 60fps. Hasil ini sudah sangat baik.

    Sementara untuk daya tahan baterainya, ASUS ROG Zephyrus S (GX701) diuji menggunakan pengujian baterai dari PCMark 8. Medcom.id sudah menduga bahwa daya tahan laptop spesifikasi tinggi ini sangat singkat, yaitu satu jam 27 menit.


    Kesimpulan
    ASUS ROG Zephyrus S (GX701) masih pantas disebut laptop "sultan" dari ASUS. Laptop gaming ini sukses membawa desain ramping dengan tetap bertenaga. Terutama menggunakan kartu grafis terkini dan tertinggi di pasar.

    Meskipun ramping, ukuran layar 17 inci menuntut Anda memiliki ukuran tas dengan laptop sleeve yang lebih besar. Apabila tidak maka bentuk tas Anda akan menonjol tertekan sudut laptop.

    Ini konsekuensi bagi pengguna yang enggan atau kurang pas memakai tas berukuran besar karena postur tubuh yang kecil. Sedikit rasa kurang nyaman juga ditemukan pada desain keyboard yang terlalu di tepi sehingga posisi tangan kurang nyaman.

    Dapur pacu dan performa ASUS ROG Zephyrus S (GX701) tidak perlu ditanya. Laptop gaming ini membawa spesifikasi tergolong sempurna. Harganya juga tidak mengejutkan, ASUS ROG Zephyrus S (GX701) dibanderol Rp55.999.000.
     
    SPESIFIKASI  ASUS ROG Zephyrus S (GX701)
    PROSESOR Intel Core i7-8750H
    RAM  Max. 24GB DDR4 2666MHz
    MEMORI INTERNAL M.2 NVME PCIe SSD 1TB
    VGA NVIDIA GeForce RTX 2080 Max-Q 8GB GDDR6
    LAYAR 17,3 inci FHD (1920x1080) 144Hz, Pantone
    BOBOT 2,7kg
    DIMENSI 39,9 x 27,2 x 1,87cm
    HARGA Rp55.999.000
     
     
    9
    ASUS ROG Zephyrus S (GX701)
    Plus
    • Bodi ramping dengan layar 17inci
    • Dapur pacu sangat bertenaga
    • Kartu grafis NVIDIA terbaru
    • Performa memuaskan
    • Bisa isi daya baterai menggunakan powerbank
    Minus
    • Desain posisi keyboard bukan untuk semua
    • Daya tahan baterai singkat




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id