comscore

Samsung Galaxy M23 5G, Si Terjangkau Punya 5G dan Layar Menawan

Lufthi Anggraeni - 25 Juni 2022 15:53 WIB
Samsung Galaxy M23 5G, Si Terjangkau Punya 5G dan Layar Menawan
Samsung Galaxy M23 5G.
Jakarta: Samsung menjadi salah satu produsen yang rajin merilis smartphone untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai segmen. Soal smartphone, Samsung memiliki portofolio produk yang luas, dari segmen unggulan hingga entry-level.

Masing-masing segmen ini mengusung keunggulan tersendiri, dinilai Samsung sesuai untuk konsumen yang disasarnya, juga dengan penawaran harga bervariasi. Salah satunya adalah seri M yang ditujukan untuk konsumen dengan tingkat mobilitas tinggi sehingga lebih mengutamakan kapasitas dan daya tahan baterai.
Salah satu perangkat seri M terbaru adalah Samsung Galaxy M23 5G. Tidak hanya kapasitas baterai besar, ponsel cerdas ini juga mengunggulkan kesiapan dalam mendukung konektivitas 5G, menjadikannya salah satu perangkat siap 5G berharga terjangkau.

Lantas apa lagi keunggulan lain yang dihadirkan oleh Samsung Galaxy M23 5 ini? Simak ulasan kami berikut ini.
 

Desain

Merupakan smartphone dengan penawaran harga terjangkau, Samsung tetap menghadirkan kesan mewah pada Galaxy M23 5G ini, berkat finishing berkilau seperti mutiara, bukan mengkilat layaknya cermin.

Efek berkilau ini menyuguhkan perubahan warna serupa gradasi, sesuai dengan arah datangnya cahaya. Tidak berbalut lapisan mengkilat serupa cermin mendukung kemudahan dalam menjaga keindahan bodi belakang perangkat ini.

Sebab, finishing bertekstur ini mencegah noda sidik jari menempel dan mengotori bodi smartphone. Finishing tersebut turut menghadirkan kesan kesat sehingga mampu mengurangi rasa licin saat menggenggam ponsel, terutama dengan telapak tangan berkeringat.

Samsung Galaxy M23 5G, Si Terjangkau Punya 5G dan Layar Menawan

Seperti pada ponsel cerdas Samsung pada umumnya, Anda juga akan menemukan tombol volume dan daya tersusun atas bawah di sisi kanan bodi. Sementara itu, slot kartu SIM dan microSD dapat Anda temukan di sisi kiri bodi.

Pada sisi bawah perangkat, Anda akan menemukan lubang speaker, serta jack headphone 3,5mm dan lubang mikrofon mengapit port USB-C untuk mengisi daya baterai. Soal layar, Samsung membekali Galaxy M23 5G ini dengan layar berukuran 6,6 inci.

Samsung Galaxy M23 5G, Si Terjangkau Punya 5G dan Layar Menawan

Meski mengusung ukuran tergolong luas, perangkat ini masih mampu menghadirkan rasa nyaman saat digenggam dalam jangka waktu lama, salah satunya berkat rasio aspek yang lebih memanjang, alih-alih melebar.

Layar Galaxy M23 ini juga mengusung desain layar berponi dengan bentuk poni menyerupai huruf V, sebagai lokasi penyematan kamera depan. Sementara itu di bagian belakang, Anda akan menemukan tiga kamera belakang tersusun secara vertikal.

Samsung Galaxy M23 5G, Si Terjangkau Punya 5G dan Layar Menawan

Ketiga kamera belakang ini tersemat di bagian yang mengusung desain serupa smartphone model terbaru pada segmen tinggi karya Samsung. Bagian tersebut hadir dengan ketinggian lebih tinggi jika dibandingkan dengan permukaan bodi belakang di sekelilingnya, dengan bentuk persegi panjang.
 

Antarmuka dan Fitur

Samsung Galaxy M23 5G menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka pengguna One UI 4.1. Secara tampilan, antarmuka pengguna ini tidak berbeda dari perangkat karya Samsung lainnya, namun Samsung Galaxy M23 5G ini tidak didukung sejumlah fitur yang dapat ditemukan di perangkat kelas lebih tinggi, sebagai contoh Galaxy S22 Plus.

Pada Galaxy M23 5G, Anda tidak akan menemukan Link to Windows, fitur yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat Samsung ke PC bersistem operasi Windows dengan lebih mudah, serta fitur Samsung DeX.

Meskipun demikian, Anda tetap dapat menikmati NFC, fitur yang kini banyak digunakan untuk kebutuhan salah satunya finansial digital, pada Samsung Galaxy M23 5G ini. Mengingat bukan perangkat kelas atas, Samsung juga tidak membekali M23 5G dengan fitur Always-On-Display.

Samsung Galaxy M23 5G, Si Terjangkau Punya 5G dan Layar Menawan

Namun, pengguna Galaxy M23 5G tetap dapat memanfaatkan fitur Secure Folder dan teknologi audio pendukung Dolby Atmos, dengan jalan pintas atau shortcut yang dapat ditemukan di menu drop-down, dapat diakses dengan mengusap layar dari bagian poni ke bawah.

Untuk perlindungan, Samsung melengkapi Galaxy M23 5G dengan fitur keamanan seperti fitur pengenalan wajah, sensor pemindai sidik jari yang tersemat pada tombol daya di sisi kanan bodi perangkat.

Menariknya, Samsung turut membekali ponsel cerdas ini dengan pengaturan palet warna, berkemampuan menyesuaikan warna pada ikon di perangkat dengan warna pada palet yang Anda pilih, atau gambar yang dipasang sebagai wallpaper homescreen dan lockscreen.
 

Kamera

Soal kamera, Samsung Galaxy M23 5G berbekal total empat kamera, tiga kamera di bagian belakang, dan satu kamera di bagian depan. Jika dibandingkan dengan dengan pendahulunya, Galaxy M22, kamera smartphone ini mengusung resolusi lebih tinggi.

Kamera utama Galaxy M23 5G mengusung resolusi 50MP, sedangkan kamera utama Galaxy M22 mengusung resolusi 48MP. Secara default, kamera ini menghasilkan foto dengan resolusi 12MP, sehingga menggunakan menggabungkan empat piksel menjadi satu dan meningkatkan sensitivitas cahaya.

Samsung Galaxy M23 5G, Si Terjangkau Punya 5G dan Layar Menawan

Samsung Galaxy M23 5G, Si Terjangkau Punya 5G dan Layar Menawan

Hasil foto yang disuguhkan tergolong baik, dengan ketajaman, kecerahan, dan kejernihan keseluruhan yang baik. Sedangkan dalam kondisi pencahayaan redup, kecerahan yang ditampilkan pada foto hasil kamera Galaxy M23 cukup baik, dan detail pada beberapa bagian foto masih terlihat jelas.

Sementara itu, kamera wide-angle juga mampu menghasilkan foto dengan tampilan baik, meski detail kurang terlihat jelas. Selain kamera utama dan kamera ultra-wide angle 8MP, Samsung turut membekali Galaxy M23 5G ini dengan lensa macro 2 MP.

Samsung Galaxy M23 5G, Si Terjangkau Punya 5G dan Layar Menawan

Samsung Galaxy M23 5G, Si Terjangkau Punya 5G dan Layar Menawan

Untuk kualitas video yang bisa diambil HP ini mencapai 4k dengan 30 fps. Sementara pada bagian depan, Samsung membekali Galaxy M23 5G ini dengan kamera beresolusi 8MP, mampu menghasilkan foto dengan tampilan jernih pada pencahayaan cukup.

Namun hasil sedikit berbeda kurang memuaskan kami dapati pada foto yang dipotret di kondisi pencahayaan redup, meski Anda dapat memanfaatkan fitur Night Mode untuk membantu mendapatkan hasil foto lebih baik.
 

Performa dan Baterai

Samsung Galaxy M23 5G hadir dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 750G, didampingi RAM berkapasitas 6GB dan ruang penyimpanan internal 128GB. Samsung turut membekali ponsel cerdas ini dengan fitur RAM virtual, memungkinkan perangkat memanfaatkan kapasitas ruang penyimpanan untuk menambah RAM hingga 6GB.

Sedangkan untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan, Anda dapat menggunakan microSD yang mendukung kapasitas hingga 1TB. Galaxy M23 5G juga didukung chip dengan konfigurasi Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 570 & 6×1.8 GHz Kryo 570) dan GPU Adreno 619.

Soal performa, saat diuji menggunakan aplikasi benchmark PC Mark Work Performance 3.0, Galaxy M23 5G bisa membukukan skor sebesar 8988. Sedangkan saat diuji menggunakan aplikasi 3DMark Wildlife Extreme, ponsel ini memperoleh skor sebesar 335.

Samsung Galaxy M23 5G, Si Terjangkau Punya 5G dan Layar Menawan

Sementara itu, pada pengujian benchmark melibatkan aplikasi 3DMark Wildlife, ponsel cerdas ini meraih skor sebesar 1070. Performa baik juga dihadirkan pada layar Galaxy M23 5G ini, berkat tampilan jernih dan hasil dukungan resolusi Full HD+.

Layar Galaxy M23 5G juga mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan menyenangkan, terutama saat bermain game, berkat refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Dukungan tersebut juga menjadikan proses penguliran menu dan feed di media sosial lebih mulus.

Masih menggunakan panel TFT LCD, tampilan layar perangkat tetap jernih dan tajam dengan tingkat kecerahan lebih tinggi, dan nyaman saat digunakan di bawah paparan sinar matahari secara langsung.

Samsung Galaxy M23 5G, Si Terjangkau Punya 5G dan Layar Menawan

Soal baterai, Samsung Galaxy M23 5G berbekal baterai berkapasitas 5.000mAh, dan tergolong tahan lama selama proses pengujian, sebab mampu bertahan selama hampir satu hari dalam namun skenario penggunaan tidak terlalu aktif seperti menggunakan untuk navigasi via aplikasi peta dalam jangka waktu lama.

Sedangkan jika digunakan untuk menikmati konten dan berinteraksi di media sosial dan aplikasi pesan instan secara rutin, baterai perangkat ini mampu bertahan selama lebih dari setengah hari. Pada pengujian melibatkan aplikasi PCMark Work 3.0 Battery Life, baterai Galaxy M23 mampu bertahan selama 12 jam 13 menit.

Baterai Samsung Galaxy M23 5G telah didukung teknologi pengisian daya cepat, memungkinkan daya baterai terisi dari kondisi kosong hingga penuh dalam kurun waktu sekitar 1 jam 20 menit.

Kesimpulan
Selain kapasitas baterai besar, hadirnya dukungan konektivitas jaringan 5G menjadi nilai tambah bagi Samsung Galaxy M23 5G ini, terutama dengan penawaran harganya yang terbilang terjangkau.

Tidak wah layaknya perangkat premium, Samsung Galaxy M23 5G tetap mampu diandalkan untuk mendampingi Anda dalam menikmati konten hiburan, atau aktivitas lain termasuk yang melibatkan kecepatan layar.

Absennya sejumlah fitur mungkin tidak akan menjadi hambatan bagi Anda untuk memasukkannya ke dalam kantong belanja barang elektronik, mengingat fitur tersebut bukan fitur yang paling dibutuhkan dalam penggunaan sehari-hari.
 
Spesifikasi  Samsung Galaxy M23 5G
Prosesor  Qualcomm Snapdragon 750G
GPU  Adreno 619
OS  Android 12
RAM  6GB
Memori Internal  128GB 
Kamera  Belakang 50MP+8MP+2MP
Depan 8MP
Baterai 5.000 mAh
Layar  TFT LCD 6,6 inci, Full HD+
Harga  Rp3.499.000
 
 
7.5
Samsung Galaxy M23 5G
Plus
  • 5G
  • Layar beresolusi tinggi dan cerah
  • Kamera tergolong baik
  • Daya tahan baterai lama
  • Harga tergolong terjangkau
Minus
  • Fitur standar


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id