Review Smartphone

    Samsung Galaxy M31, Baterai 6.000 mAh dan Kamera Mumpuni

    Mohammad Mamduh, Lufthi Anggraeni - 03 Mei 2020 15:47 WIB
    Samsung Galaxy M31, Baterai 6.000 mAh dan Kamera Mumpuni
    Samsung Galaxy M31
    Jakarta: Smartphone berikutnya yang datang ke meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id adalah Samsung Galaxy M31. Sesuai dengan yang diumumkan saat peluncurannya, smartphone ini mengunggulkan daya tahan baterai dengan harga menengah ke bawah.

    Ia memang merupakan penerus Galaxy M30 dan Galaxy M30s, yang sudah tersedia di pasar Indonesia akhir tahun lalu. Sebagai produk yang meluncur pada tahun 2020, ia ikut mendapatkan beragam fitur baru yang tidak terpaku pada kapasitas baterai.

    Selain desain, ia juga diklaim punya keunggulan dari aspek kamera. Benarkah klaim tersebut? Apakah Samsung mampu membuktikan bahwa smartphone kelas terjangkau mereka bisa menghadirkan fitur yang cukup menarik dan mampu bersaing dengan produk sebutan perusahaan Tiongkok? Simak ulasan kami.
     

    Ada Sentuhan Premium

    Sebelumnya kami telah membongkar isi kotak penjualan Galaxy M31 dalam artikel terpisah. Terlihat bahwa bentuk kemasannya berbeda dengan rumpun kelas atas, bahkan yang terdekat sekalipun seperti Galaxy A atau Galaxy As yang dibanderol dengan harga Rp5 juta. Meskipun begitu, Samsung mencoba memberikan sentuhan premium lewat bodi belakang.

    Desain bingkai kameranya memang mengikuti pakem Samsung di awal tahun ini: besar dan punya lebih dari satu lensa. Impresi yang diharapkan adalah smartphone yang diketahui mengandalkan daya tahan baterai, juga punya kemampuan kamera yang layak untuk dibanggakan.

    Selain bingkai kamera, bodi mengkilap dengan balutan warna hitam juga memberikan kesan elegan. Hanya saja, ia cukup mudah kotor oleh sidik jari. Jangan lupa untuk sering membersihkannya.
     

    Samsung Galaxy M31, Baterai 6.000 mAh dan Kamera Mumpuni

    Untuk bezel layar, Samsung Galaxy M31 terbilang masih proporsional, tak tidak terlalu tebal di sisi atas dan bawah, serta cukup tipis di pinggir kiri dan kanan layar. Ia menggunakan poni yang cukup minim untuk menanam kamera depan.

    Tidak ada perbedaan menonjol dari sisi depan jika diadu dengan ponsel lain di kelas yang sama. Namun, desain ini bisa dibilang menjadi ciri khas Samsung, sehingga sebagian orang yang kenal dengan produknya mungkin langsung sadar ia adalah smartphone Samsung, walau tidak diletakkan di meja pada posisi terbalik.

    Samsung Galaxy M31, Baterai 6.000 mAh dan Kamera Mumpuni

    Sebagai ponsel yang mengandalkan baterai, Samsung Galaxy M31 telah mengadopsi port USB-C. Selain sudah mulai banyak diadopsi smartphone di berbagai kelas, port ini juga mendukung pengisian daya cepat.

    Port ini diapit oleh lubang speaker dan jack audio 3,5mm. Tombol power dan volume berada di pinggir kanan, sementara slot kartu SIM dan Micro SD terpasang pada sisi lainnya. Untuk pengamanan, ia menyediakan pemindai sidik jari di bodi belakang. Secara keseluruhan, untuk smartphone dengan layar 6,4 inci, ia cukup nyaman digenggam dengan satu tangan.
     

    Antarmuka One UI 2.0

    Samsung Galaxy M31 antarmuka One UI 2.0 berbasis Android 10. Jika membandingkannya dengan rumpun Galaxy A atau As, fitur dan ciri khasnya tidak memiliki perbedaan. Antarmuka ini menyediakan kustomisasi dari ikon dan beberapa layanan bawaan yang sudah masuk dalam ekosistem software Samsung.

    Samsung mengklaim mengunggulkan beberapa fitur dari antarmuka ini. Salah satunya adalah kendali penggunaan smartphone untuk anak lewat mode Digital Wellbeing. Saat aktif, fitur ini akan menampilkan data pemantauan terhadap penggunaan smartphone oleh anak, mulai dari durasi, sampai aplikasi yang digunakan.

    Samsung Galaxy M31, Baterai 6.000 mAh dan Kamera Mumpuni

    Fitur kedua adalah Game Launcher. Ia punya kemampuan yang diklaim mengoptimalkan suhu perangkat dan konsumsi baterai dengan menganalisis gaya penggunaan saat bermain game. Fitur tersebut juga dilengkapi dashboard berisi akses pintas ke aplikasi yang tersedia di smartphone. Misalnya, akses ke YouTube sehingga pengguna bisa menonton video sambil bermain game dengan mode picture-in-picture.

    Tersedia juga fitur Edge Panel yaitu sebuah akses pintas yang aplikasinya bisa dikustomisasi. Mulai dari aplikasi yang Anda unduh, aplikasi dasar seperti kompas atau kalkulator dan lainnya. Untuk aplikasi bawaan, antarmuka ini menyediakan beberapa aplikasi pihak ketiga, seperti ecommerce dan layanan video streaming
     

    Kamera

    Kini saatnya membicarakan kamera. Samsung mengklaim Galaxy M31 punya kamera yang cukup memadai di kelasnya. Untuk membuktikannya, mereka menyisipkan beberapa fitur khas yang umumnya muncul di ponsel kelas menengah ke atas. Salah satunya adalah Live Focus.

    Seperti yang sudah sering diulas, ini adalah mode yang memungkinkan pengaturan titik fokus lensa untuk mengaburkan objek tak penting, atau dengan kata lain bokeh. Kelebihan fitur ini pada ponsel Samsung adalah pengguna bisa menentukan titik fokus lebih akurat, seperti di wajah atau objek lainnya.

    Untuk kamera belakang pengaturan Live Focus menggunakan parameter yang muncul saat mengaktifkan mode ini. Anda bisa melihat contoh hasil foto di bawah ini. Mode Live Focus kami gunakan di dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan biasa saja.


    Samsung Galaxy M31, Baterai 6.000 mAh dan Kamera Mumpuni


    Samsung Galaxy M31, Baterai 6.000 mAh dan Kamera Mumpuni

    Samsung Galaxy M31, Baterai 6.000 mAh dan Kamera Mumpuni

    Samsung Galaxy M31, Baterai 6.000 mAh dan Kamera Mumpuni

    Untuk hasil foto standar, kami mencoba mengambil beberapa contoh di luar ruangan. Perekaman warna dan kecerahan bisa dibilang cukup akurat, dan harus diakui lensa kamera ini cukup responsif saat mengambil beberapa foto sekaligus. Untuk pengambilan video, ia juga telah dilengkapi dengan fitur Super Steady.

    Sesuai namanya, fitur tersebut meningkatkan kestabilan saat perekaman video. Ini cukup membantu saat pengguna tidak punya stabilizer fisik. Dari contoh di atas, bisa diakui bahwa kemampuan empat kamera belakang Samsung Galaxy M31 dengan komposisi 64MP (wide), 8MP (ultrawide), 5MP (macro), dan 5MP (depth) cukup bersaing di kelasnya.


    Samsung Galaxy M31, Baterai 6.000 mAh dan Kamera Mumpuni

    Sementara untuk kamera depannya punya kualitas 32MP. Sejatinya, kemampuan ini tidak sama dengan kamera belakang, walau besaran megapixel yang ditampilkan sama. Kami mengambil contoh satu foto di dalam ruangan dengan pencahayaan cukup.

    Bisa dibilang kuaitas fotonya tetap sama dengan kamera depan pada umumnya. Namun, kemampuan fokus terutama saat menggunakan Live Focus patut diacungi jempol. Di sisi lain, efek bokeh tak bisa aktif jika objeknya bukan wajah manusia.
     

    Exynos 9611 dan Baterai 6.000 mAh

    Samsung Galaxy M31 menggunakan prosesor Exynos 9611 dengan fabrikasi 10nm. Ia merupakan prosesor octa-core yang bersanding dengan GPU Mali-G72 MP3. Samsung memberikan ruang yang cukup besar, yaitu RAM 6GB dan memori internal 128GB, sehingga pengguna tak perlu khawatir menjalankan banyak aplikasi, atau menyimpan foto, video, dan musik dengan jumlah yang banyak.

    Selama menggunakan Samsung Galaxy M31, kami tidak merasakan lag saat menjalankan beberapa aplikasi bersamaan, baik ketika menggeser panel maupun saat masuk ke dalam satu menu. Hasil benchmark dengan aplikasi khusus dapat Anda lihat hasilnya di bawah ini.

    Samsung Galaxy M31, Baterai 6.000 mAh dan Kamera Mumpuni

    Seperti ponsel Samsung lainnya, Samsung Galaxy M31 masih kalah dari para pesaing di kelas harga yang mirip. Sejak awal Samsung menyatakan pengalaman pengguna adalah yang utama, bukan dari angka hasil benchmark.

    Harus diakui, pengalaman penggunaan Samsung memang bisa membantah hasil skor tersebut, baik untuk ponsel kelas menengah dan premium. Begitu juga saat memainkan PUBG Mobile, Samsung Galaxy M31 secara bawaan dapat menjalankannya pada resolusi HD dan kualitas High. Selama 30 menit, bodi belakang smartphone ini tidak mengeluarkan panas yang mengganggu tangan.

    Samsung Galaxy M31, Baterai 6.000 mAh dan Kamera Mumpuni

    Daya tahan baterai 6.000 mAh adalah keunggulan yang menjadi nilai lebih Samsung Galaxy M31. Berdasarkan grafik pengujian PCMark, terlihat bahwa ia dapat bertahan selama 17 jam, tertinggi dibandingkan kompetitornya.

    Dalam skenario kehidupan sehari-hari, Anda tak perlu khawatir beraktivitas dari pagi sampai malam hari. Baterai masih tersisa sekitar 40 persen saat kembali lagi ke rumah. Baterai dengan daya besar ini ditopang oleh pengisian cepat bawaan Samsung. Fitur ini hanya aktif dengan adapter dan kabel milik Samsung.
     

    Kesimpulan
    Mumpuni, awet, dan menarik. Ini adalah tiga kata dari kami terhadap Samsung Galaxy M31. kemampuan kamera yang cukup mumpuni bisa dibilang satu kelebihan yang unik untuk ponsel yang difokuskan punya daya baterai tinggi. Baterai yang awet membuatnya mampu bertahan lebih jauh dibandingkan kompetitor di harga yang sama.

    Sedangkan kata menarik mengacu pada beberapa fitur software, baik antarmuka maupun pengaturan kamera. Terlepas dari beberapa kekurangan yang dimilikinya, Samsung Galaxy M31 dengan harga Rp3.699.000 punya daya tarik tersendiri.
     
    Spesifikasi  Samsung Galaxy M31
    Prosesor Exynos 9611
    GPU Mali-G72 MP3
    OS Android 10 + One UI 2
    RAM  6GB
    Memori Internal 128GB
    Kamera Belakang 64MP+8MP+5MP+5MP
    Depan 32MP
    Baterai 6.000 mAh
    Layar  Super AMOLED 6,4 inci 1080 x 2340 pixel
    Harga Rp3.699.000
     
    8
    Samsung Galaxy M31
    Plus
    • Baterai jumbo
    • Kamera bersaing
    • Tidak panas
    Minus
    • Kamera depan
    • Bodi mudah kotor


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id