Review Lenovo Legion 5i Pro Stingray White, Tampilan Memikat Performa Memuaskan

    Cahyandaru Kuncorojati - 31 Oktober 2021 21:04 WIB
    Review Lenovo Legion 5i Pro Stingray White, Tampilan Memikat Performa Memuaskan
    Lenovo Legion 5i Pro Stingray White.



    Jakarta: Beberapa waktu lalu Lenovo Legion resmi merilis seri laptop gaming terbaru mereka yang mengandalkan prosesor Intel Core Generasi ke-11 H-Series, dan satu di antaranya dirilis dalam versi limited edition alias terbatas.

    Medcom.id cukup beruntung karena bisa menjajal produk tersebu yaitu Lenovo Legion 5i Pro Stingray White. Nama yang digunakan sudah jelas bahwa laptop ini ikut meramaikan pasar laptop gaming dengan dominasi warna hitam atau gelap.

     



    Lenovo Legion 5i Pro Stingray White sebenarnya tidak memiliki spesifikasi yang berbeda dari versi warna abu-abu yaitu Dove Grey, dibanderol dengan harga mulai Rp28,2 juta berikut ulasan dari Medcom.id.
     

    Desain

    Medcom.id sudah menuliskan di bagian judul bahwa Lenovo Legion 5i Pro Stingray White hadir dengan tampilan yang memikat. Laptop gaming dan pilihan warna putih memang masih tergolong sedikit di pasar namun sayang sekali karena varian ini dibuat menjadi limited edition.

    Review Lenovo Legion 5i Pro Stingray White, Tampilan Memikat Performa Memuaskan

    Laptop gaming ini masih hadir dengan formula khas Lenovo Legion yaitu low profile tapi tetap ada sedikit kesan gaming. Lenovo Legion 5i Pro Stingray White punya ketebalan 1,07 inci dengan bobot 2,45 kg. 

    Layarnya sudah sangat memanjakan mata dengan ukuran 16 inci resolusi QHD (2560x1600) panel IPS yang memiliki refresh rate 165Hz dan sertifikasi Dolby Vision hingga Nvidia-G-Sync. Sertifikasi sRGB 100% dan Xrite PANTONE membuatnya cukup pantas digunakan oleh content creator untuk kebutuhan profesional.

    Di bagian atas bezel layar masih tersedia webcam meskipun layar Lenovo Legion 5i Pro Stingray White punya bezel yang tipis. Di seri ini Lenovo menaruh sebuah tombol geser di sisi kanan bodi laptop untuk mengatur fungsi shutter yang menutup webcam saat tidak digunakan.

    Review Lenovo Legion 5i Pro Stingray White, Tampilan Memikat Performa Memuaskan

    Fitur untuk menjamin privasi ini harus dipuji karena tetap dipertahankan oleh Lenovo bahkan didesain kembali dengan tidak menaruh tombol shutter di atas bezel layar sehingga kini terlihat lebih elegan.

    Keyboard Lenovo Legion 5i Pro Stingray White masih memiliki fitur Legion TrueStrike terdiri dari aktuasi yang responsif dengan anti-ghosting. Keyboard ini sangat nyaman untuk gaming maupun mengetik dengan key travel yang ideal ditambah trackpad sangat lega yang posisinya ergonomis.

    Bagian keyboard edisi Stingray White hanya dilengkapi warna biru muda yang sama dengan warna di logo Legion di balik layar. Pilihan warna tersebut menurut kami tidak masalah dan ideal dengan warna dominan putih.

    Review Lenovo Legion 5i Pro Stingray White, Tampilan Memikat Performa Memuaskan

    Desain bodi Legion 5i Pro Stingray White masih sama dengan generasi sebelumnya yaitu ada bagian yang menonjol di bagian belakang layar sebagai tempat sejumlah fitur port atau konektivitas, seperti lubang colokan charger, ethernet (RJ45) dan lainnya. Di sisi kiri dan kanan hanya ada beberapa lubang port.

    Di bagian ini Anda bisa melihat begitu banyak lubang ventilasi udara yang menurut kami desainnya sangat sesuai atau tidak membuat Lenovo Legion 5i Pro Stingray White menjadi aneh.
     

    Fitur

    Desain bagian belakang Lenovo Legion 5i Pro Stingray White memberikan benefit karena jumlah port menjadi lebih banyak, mulai dari RJ45, Thunderbolt 4.0x dua USB-A 3.2 Gen1, HDMI 2.1, satu USB-A Gen1 always-on, AC power. 

    Review Lenovo Legion 5i Pro Stingray White, Tampilan Memikat Performa Memuaskan

    Hal ini membuat laptop tidak membutuhkan banyak ruang di meja saat harus terhubung ke sumber daya listrik atau tidak mengganggu posisi mouse saat bermain.

    Soal baterainya Lenovo memberikan fitur Rapid Charge yang diklaim baterainya bisa terisi 60 persen dalam durasi 30 menit, di sisi lain ukuran adapter charger yang tidak kecil sehingga cukup menambah beban di tas.

    Di bagian audio ada Nahimic 3D yang membuat kualitas suara dari Lenovo Legion 5i Pro Stingray White menurut kami sangat berkesan di telinga. Di bagian software masih ada Lenovo Vantage untuk pengaturan beragam fitur yang sekali lagi antarmukanya menurut kami masih kurang praktis.

    Review Lenovo Legion 5i Pro Stingray White, Tampilan Memikat Performa Memuaskan

    Di sini ada pengaturan fitur yang cukup banyak. Bagian paling penting adalah pengaturan performanya yang terdiri dari Performance Mode, Balance Mode, dan Quiet Mode. Akses ini bisa dilakukan lewat shortcut di keyboard.

    Di sistem pendinginnya tersedia fitur Legion ColdFront 3.0 yang menjaga kinerja laptop tetap maksimal meskipun di bawah beban kerja berat dengan durasi cukup panjang. Di dalamnya ada fitur Dual Burn yang menjaga performa CPU dan GPU tetap tinggi sehingga frame rate konsisten.

    Pada konektivitas internet, Lenovo Legion 5i Pro Stingray White sudah bisa terhubung ke WiFi 6 sehingga pantas bagi gamer yang sudah menggunakan router jenis WiFi 6 di rumah atau kantornya. Tidak hanya itu, Lenovo juga sudah menyediakan Microsoft Office Home & Student 2019 di dalamnya.
     

    Performa dan Baterai

    Lenovo Legion 5i Pro Stingray White yang kami uji menggunakan prosesor Intel Core i7-11800H dari Generasi ke-11. Kartu grafisnya mengandalkan Nvidia GeForce RTX 3070 namun di pasar ada varian yang menggunakan GeForce RTX 3060.

    Spesifikasi di atas semakin mengagumkan karena di kapasitas RAM tersedia 32GB (2x 16GB DDR4 3200) dan storage M.2 SSD 1TB yang masih bisa ditambahkan karena tersedia satu slot lagi. Di varian lain tersedia pilihan kapasitas RAM 8GB dengan storage M.2 512GB.

    Kami melakukan pengujian menggunakan aplikasi 3DMark dan PCMark dari UL Benchmarks. Skor hasil pengujian menunjukan performa laptop gaming Lenovo Legion 5i Pro Stingray White sangat mumpuni dengan tampilan low profile yang memikat.
     
    PENGUJIAN: PCMark 10
    Modern Office
    3DMark
    Fire Strike
    Cinebench R23
    Multi/Single
    SKOR:  7360 22187 12819/1494

    Pengujian selanjutnya dilakukan dengan benchmark in-game di Horizon Zero Dawn dan Assassin’s Creed Valhalla tertinggi di masing-masing game. Frame rate rata-rata (average) yang disajikan tergolong memuaskan.

    Review Lenovo Legion 5i Pro Stingray White, Tampilan Memikat Performa Memuaskan

    Semua pengujian benchmark dilakukan dalam kondisi Perfomance Mode. Kini di pengujian daya tahan baterainya kami menggunakan Quite Mode, tingkat kecerahan 30 persen ditambah backlit RGB yang nonaktif. Di sini daya tahannya hanya 1 jam 55 menit menurut pengujian PCMark 10 Modern Office.

    Daya tahan baterainya memang tidak mengejutkan mengingat laptop gaming terutama dengan spesifikasi tinggi akan menunjukan kehebatannya saat terhubung listrik. Namun tetap saja dengan desainnya yang cukup ramping tadi banyak pengguna yang berharap laptop ini bisa diajak bekerja dengan bergantung ke daya tahan baterai.

    Kesimpulan
    Lenovo Legion 5i Pro Stingray White menurut Medcom.id meninggalkan kesan yang memuaskan meskipun dari daya tahannya ternyata laptop ini memiliki daya tahan singkat untuk diandalkan mengerjakan kegiatan non-gaming.

    Lenovo Legion  5i Pro Stingray dibanderol mulai dari Rp28.199.000 dengan paket penjualan yang sudah termasuk Microsoft Office Home & Student 2019 dan sejumlah aksesori sebagai bonusnya.
     
    SPESIFIKASI Lenovo Legion 5i Pro Stingray White 
    Prosesor Intel Core i7-11800H
    RAM 32GB (2x 16GB) DDR4 3200
    Memori Internal 1TB M.2 NVMe PCIe SSD
    Layar 16 inci QHD IPS 165Hz Nvidia G-Sync
    GPU NVIDIA GeForce RTX 3070
    Bobot 1,45 kg
    Dimensi 14 x 10 x 1,07 inci
    Harga mulai dari Rp28.199.000
     
     
    9
    Lenovo Legion 5i Stingray White
    Plus
    • Warna putih dan desain menarik
    • Webcam dilengkapi shutter
    • Spesifikasi tinggi dan performa gaming memuaskan
    • Punya banyak fitur
    Minus
    • Tersedia terbatas/limited edition
    • Baterai tidak bisa diandalkan untuk bekerja tanpa terhubung sumber listrik


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id