comscore

Samsung Galaxy Watch 4, Ekosistem Spesial

Lufthi Anggraeni - 09 Oktober 2021 09:50 WIB
Samsung Galaxy Watch 4, Ekosistem Spesial
Samsung Galaxy Watch 4 hadir dengan dukungan aplikasi dari Google Play Store.
Jakarta: Bersamaan dengan Galaxy Fold3 dan Galaxy Z Flip3, Samsung turut mengumumkan sejumlah produk terbaru lain karyanya, salah satunya adalah jam tangan cerdas terbarunya, Samsung Galaxy Watch 4.

Namun pada perangkat ini, Samsung melakukan perubahan terkait sistem operasi, dengan menggantikan Tizen OS yang telah digunakannya sejak generasi pertama, dengan sistem operasi hasil kolaborasinya dengan Google.
Sistem operasi bertajuk Wear OS Powered by Samsung ini didukung tampilan antarmuka pengguna (UI) berbeda, dan jajaran aplikasi eksklusif Samsung, seperti Samsung Pay, Samsung Health, Bixby dan koneksi lebih mendalam antara ponsel Galaxy dan jam tangan cerdas baru ini.

Galaxy Watch 4 dipasarkan Samsung melalui kotak kemasan penjualan yang dengan isi sederhana, yang selain perangkat, hanya terdiri dari kabel charge dengan satu ujung berupa plat pengisian daya baterai secara nirkabel, dan ujung lainnya adalah USB-A, serta kartu panduan.

Soal desain, Samsung menghadirkan dua desain berbeda pada Galaxy Watch 4 ini, satu dengan model yang lebih elegan, sedangkan unit yang kami coba lebih menghadirkan kesan sporty dan lebih cocok untuk kegiatan kasual dan olahraga.

Samsung Galaxy Watch 4, Ekosistem Spesial

Samsung Galaxy Watch 4 ini mengusung desain tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya, meski kami menemukan satu perbedaan pada jam tangan cerdas terbaru ini, meski bukan perbedaan signifikan.

Jam tangan cerdas terbaru Samsung ini hadir dengan kaca pada bagian layar sentuh perangkat hadir lebih datar, jika dibandingkan dengan kaca layar generasi pendahulunya yang sedikit berlekuk.

Kedataran kaca layar ini juga terasa saat mengusap layar, sebab pada perangkat ini, jari kami lebih mudah menyentuh bagian bezel jam tangan cerdas ini. Selain itu, saat Watch menggunakan tema berwarna cerah, bezel hitam yang mengelilingi layar jam juga kian kentara.

Uniknya, bagian bezel ini juga berfungsi sebagai bagian putar virtual serupa bagian putar fisik yang dihadirkan Samsung pada Galaxy Watch 3. Kemampuan putar ini dapat Anda gunakan untuk menavigasikan layar untuk mengakses ubin fitur kesehatan.

Namun, bezel berkemampuan putar ini sedikit terlalu sensitif, sebab hanya dengan mengusap bagian bezel sedikit, ubin fitur kesehatan akan bergerak dengan cepat, sehingga terkadang sulit dikendalikan untuk menjangkau ubin yang diinginkan.

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengakses ubin fitur kesehatan tersebut dengan mengusap layar ke arah kiri. Selain itu, Anda dapat mengusap ke arah atas untuk menampilkan berbagai aplikasi, ke kanan untuk menampilkan notifikasi, ke arah bawah untuk menampilkan pengaturan cepat atau quick settings.

Samsung turut menghadirkan tampilan antarmuka pengguna menarik, yang dapat Anda pilih dan ganti dengan menekan layar selama beberapa saat. Melakukan gestur tersebut akan menampilkan pilihan yang dapat dilihat dengan mengusap layar ke arah kiri.

Samsung Galaxy Watch 4, Ekosistem Spesial

Anda hanya perlu mengetuk tampilan yang diinginkan untuk mengaplikasikannya di layar. Namun, Anda juga dapat mengubah tampilan antarmuka pengguna melalui aplikasi Galaxy Wearable di smartphone yang terhubung.

Samsung Galaxy Watch 4 hadir dengan dua tombol fisik yang tersemat di sisi kanan perangkat. Selain berfungsi untuk membawa ke tampilan Home, Anda juga dapat memanfaatkan tombol bagian atas untuk beralih ke aplikasi yang sebelumnya digunakan, dengan menekannya sebanyak dua kali.

Sementara itu, tombol bagian bawah berfungsi untuk menampilkan daftar aplikasi yang baru saja Anda gunakan dan dapat digulirkan. Masing-masing tombol juga memiliki fungsi berbeda saat Anda menekannya selama beberapa saat.

Menekan tombol bagian bawah selama beberapa saat akan menampilkan fitur Samsung Pay, sedangkan menekan tombol bagian atas selama beberapa saat akan menampilkan asisten digital Samsung, Bixby.

Kenyamanan turut dihadirkan Galaxy melalui talinya yang mengusung bahan lembut dan empuk, sehingga tidak menimbulkan rasa gatal saat digunakan dalam jangka waktu lama, termasuk saat pergelangan tangan berkeringat.

Sementara itu, Wear OS mungkin bukan yang terbaik, namun sistem operasi wearable ini masih lebih baik jika dibandingkan dengan Tizen OS. Sebab memiliki dukungan aplikasi lebih luas dibandingkan dengan Tizen OS yang sangat terbatas.

Samsung Galaxy Watch 4, Ekosistem Spesial

Berkat penggunaan Wear OS, Samsung Galaxy Watch 4 dapat mengakses toko aplikasi Google Play Store dan mengunduh berbagai aplikasi, seperti Google Maps, YouTube Music, dan Spotify.

Namun, meski memakai Wear OS, tampilan antarmuka pengguna yang diusung Galaxy Watch 4 ini serupa dengan usungan tampilan Tizen OS. Hal ini dimungkinkan karena Samsung melakukan modifikasi pada tampilannya dengan One UI Watch 3.

Samsung Galaxy Watch 4 tersedia dalam dua varian konektivitas, yaitu LTE dan WiFi. Hal ini memungkinkan jam tangan tersebut terhubung ke internet secara langsung, sehingga Galaxy Watch 4 tidak perlu selalu terhubung dengan ponsel untuk dapat beroperasi.

Dengan dukungan konektivitas ini, Anda tetap akan dapat menerima notifikasi dari aplikasi seperti WhatsApp, bahkan bisa membalas pesan langsung dari perangkat, meski smartwatch tidak terhubung ke ponsel.

Samsung Galaxy Watch 4, Ekosistem Spesial

Hal tersebut dimungkinkan jika smartwatch terhubung ke internet, baik via LTE ataupun WiFi. Samsung Galaxy Watch 4 juga berbekal sejumlah aplikasi default yang merupakan aplikasi karya Samsung, termasuk kalendar, kalkulator, kontak, dan cuaca.

Selain itu, jam tangan cerdas ini juga berbekal kemampuan integrasi dengan sistem Samsung untuk beralih secara otomatis ke headphone Galaxy Buds. Perangkat ini juga berkemampuan untuk secara otomatis menyalin pengaturan tertentu dari ponsel Samsung.

Beberapa aplikasi tersebut dapat digantikan, namun sebagian besar aplikasi tidak dapat diganti Anda dapat menghubungkan Galaxy Watch 4 ke berbagai ponsel Android, namun untuk melakukan hal ini, Anda diharuskan untuk menginstal sejumlah aplikasi Samsung agar dapat merasakan pengalaman sepenuhnya.

Selain itu, proses ini juga membutuhkan pengaturan via aplikasi Samsung Wearable, akun Samsung untuk menggunakan Bixby, Samsung Pay untuk melakukan pembayaran, dan Samsung Health untuk mencatat hasil pelacakan kesehatan.

Dengan demikian, bagi Anda yang bukan pengguna ponsel Samsung, menghubungkan dan menggunakan Galaxy Watch 4 sedikit rumit. Sementara itu, dukungan chipset prosesor Samsung Exynos W290 yang dikombinasikan dengan RAM 1,5GB memungkinkan Galaxy Watch 4 menyuguhkan performa yang baik, tanpa gangguan lag selama penggunaan.

Samsung Galaxy Watch 4, Ekosistem Spesial

Soal sensor, Samsung Galaxy Watch 4 hadir dengan dukungan sensor tergolong lengkap, termasuk 3 in 1 BioActive Sensor, yang menggabungkan sensor detak jantung, ECG, dan bioelectric impedance analysis (BIA) untuk mengukur komposisi tubuh.

Sensor ini menggunakan listrik dengan arus lemah untuk mengukur body fat percentage, body mass index (BMI), muscle mass, bone mass, dan sejenisnya. Pengukuran ini dilakukan dengan menyentuh dua tombol secara bersamaan selama kurang lebih 15 detik.

Samsung turut membekali Galaxy Watch 4 dengan fitur sleep tracking, didukung sensor kadar oksigen dalam darah dan deteksi dengkuran. Fitur pendeteksi olahraga otomatis juga berfungsi dengan baik, dan Galaxy Watch 4 akan bergetar dan memberi notifikasi saat pengguna mulai berjalan kaki di luar rumah, dan juga otomatis berhenti sementara saat pengguna berhenti bergerak.

Soal baterai, secara keseluruhan, baterai smartphone ini mampu bertahan setidaknya satu setengah hari dalam satu kali pengisian daya, dengan kondisi penggunaan fitur pelacak tidur aktif di malam hari dan berolahraga di pagi hari.

Samsung Galaxy Watch 4, Ekosistem Spesial

Kesimpulan
Perangkat ini akan lebih sesuai bagi Anda yang merupakan pengguna perangkat Samsung, sebab lebih mudah digunakan saat terhubung dengan ekosistem milik perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Namun, perangkat seharga Rp3.499.000 ini juga akan sesuai bagi Anda yang gemar berolahraga namun tetap mementingkan tampilan dalam berbusana, berkat dukungan fitur pelacak kesehatan lebih luas dan desain menawan termasuk dengan dukungan bezel putar digital.
 
8.4
Samsung Galaxy Watch 4
Plus
  • Ada bezel putar digital
  • Dukungan aplikasi dari Google
  • Fitur pelacak kesehatan lebih lengkap
  • Layar terasa lebih lega
Minus
  • Lebih mudah dihubungkan di ekosistem Samsung
  • Bezel putar digital sedikit sulit digunakan
  • Daya tahan baterai tergolong singkat
 


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id