Review Tablet

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja

    Cahyandaru Kuncorojati - 21 Juli 2021 11:21 WIB
    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja
    Huawei MatePad 11.



    Jakarta: Meskipun kondisi pandemi saat ini tidak mendukung gaya bekerja mobile tapi dipastikan keadaan akan kembali normal. Di rumah, gaya bekerja mobile juga masih bisa dilakukan yaitu tidak hanya di meja kerja tapi di sofa ruang keluarga maupun di meja makan sambil menikmati snack.

    Di beberapa kondisi tersebut memang rasanya tidak cocok apabila membawa laptop, perangkat gadget seperti tablet justru terasa lebih pas. Makanya merek seperti Huawei tidak hanya menyediakan tablet tidak hanya untuk gadget hiburan tapi juga produktivitas.

     



    Terbaru, Huawei merilis tablet yang diklaim cocok untuk kerja maupun sekolah atau produktivitas lainnya yaitu Huawei MatePad 11. Medcom.id berkesempatan untuk menjajal tablet produktivitas yang dibanderol Rp7.299.000 dengan bundling magnetic keyboard dan mouse wireless.
     

    Desain

    Huawei MatePad 11 sendiri hadir dengan mengusung ukuran 11 inci. Ukuran ini jelas sangat nyaman mengingat dulu sejumlah laptop juga ikut mengusung ukuran tersebut. Meskipun akan terdengar kecil tapi rasa sempit pada layarnya tidak terasa sama sekali di Huawei MatePad 11.

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja

    Tablet Huawei MatePad 11 memiliki ketebalan sekitar 7,25 mm dengan bobot kisaran 485 gram menurut informasi di situsnya. Pengalaman kami menggenggam tablet ini terasa cukup ringan meskipun mengusung layar 11 inci. 

    Bobotnya baru terasa bertambah signifikan saat dipasangkan aksesori casing yang berfungsi sebagai smart magnetic keyboard. Pada penggunaan satu tangan tanpa aksesori tadi Huawei MatePad 11 terasa ringan dan sangat nyaman.

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja

    Ukuran layar tersebut juga semakin memuaskan karena di sini tersedia resolusi WQXGA 2560x1600p dari panel TFT LCD (IPS) dengan rentang warna 16,7 juta sertifikasi DCI-P3 color gamut. Makanya tablet ini cukup mendukung untuk pendamping kebutuhan desain grafis ringan.

    Layar Huawei MatePad 11 punya refresh rate 120Hz. Performa ini sangat mendukung tidak hanya untuk menikmati konten multimedia baik menonton maupun bermain game. Refresh rate akan otomatis berubah sesuai jenis konten yang diakses.

    Huawei MatePad 11 tanpa dilengkapi casing smart magnetic keyboard diakui punya tampilan desain yang biasa saja tapi tergolong elegan. Tablet ini digunakan dalam posisi horizontal atau landscape dengan posisi tombol Power di sisi kiri dan tombol Volume di bagian atas.

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja

    Menurut Medcom.id desain tombol Power dan Volume tersebut sangat ergonomis. Posisi kamera depannya yang ada di bagian tengah bezelnya juga sudah sangat pas untuk menyajikan posisi sudut pandang yang nyaman saat digunakan untuk video conference.

    Di sisi kiri dan kanan masing-masing tersedia dua lubang speaker yang kualitas audionya diracik Huawei bersama Harman Kardon. Sayangnya, salah satu di antara speaker tadi bakal tertutup oleh genggaman tangan saat dalam posisi handheld. Beruntung mikrofonnya di desain di sisi atas, sebelah tombol Volume.

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja

    Di sisi bagian bawahnya akan ditemukan sebuah tray yang selama ini dikenal sebagai slot SIM card dan MicroSD namun ternyata di sini hanya tersedia untuk pemasangan MicroSD hingga kapasitas 1TB. 

    Ya, Huawei MatePad 11 hanya mengandalkan konektivitas WiFi untuk menyambung ke internet meskipun demikian perangkat ini sudah mendukung koneksi cepat WiFi 6. Satu lagi fitur yang kami sadari hilang adalah tidak adanya pemindai sidik jari yang selama ini sudah populer digunakan di smartphone.
     

    Antarmuka dan Fitur

    Meskipun tidak memiliki pemindai sidik jari tapi Huawei MatePad 11 tetap menyediakan fitur keamanan seperti face recognition atau pemindai wajah serta smart unlock menggunakan gadget wearable seperti smartwatch maupun smartphone yang kompatibel dengan sistem operasi HarmonyOS 2.0.

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja

    Huawei MatePad 11 hadir dengan sistem operasi yang masih bisa dipasang aplikasi Android lewat layanan Huawei AppGallery maupun pencarian Petal Search selama aplikasi tersebut tidak membutuhkan Google Mobile Services.

    Antarmuka HarmonyOS 2.0 menurut kami masih terasa sama dengan EMUI di smartphone Huawei namun ini jauh lebih baik dan dipoles. Di sini tampilannya juga lebih tepat bagi sebuah tablet karena menyerupai dock pada Mac yang berisikan sejumlah aplikasi.

    Aplikasi di bagian dock atau deretan bawah bisa dikustomisasi sesuai selera atau yang paling sering diakses. Jadi Huawei MatePad 11 menyajikan antarmuka yang berbeda dari smartphone Huawei serta pengalaman yang serupa seperti menggunakan laptop.

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja

    Medcom.id percaya Huawei MatePad 11 bisa menjadi pengganti sementara atau pendamping laptop atau smartphone. Di sini banyak fitur canggih untuk kolaborasi dan terkoneksi ke ragam gadget lain termasuk yang mengusung sistem operasi Android maupun Windows 11 selama kompatibel dengan HarmonyOS 2.0.

    Sejumlah fitur lama masih hadir di sini, mulai dari koneksi dengan smartphone maupun laptop yang mendukung aplikasi Huawei Share sehingga tablet Huawei MatePad 11 bisa menjadi mirroring atau extended screen dengan kontrol drag-n-drop.

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja

    Fitur Multi-Window sekaligus multi-app untuk kegiatan multitasking juga masih tersedia di tablet Huawei MatePad 11. Satu hal yang menjadi catatan adalah banyak hal yang perlu dipelajari agar semua fitur tersebut bisa sepenuhnya mendukung produktivitas.

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja

    Fitur pendukung produktivitas tadi juga menurut Medcom.id tidak akan sangat terasa apabila Huawei MatePad 11 tidak dilengkapi dengan aksesori seperti smart magnetic keyboard dan M-Pencil maupun mouse. Semuanya bisa terkoneksi lewat fitur USB OTG.

    Khusus pada M-Pencil, di Huawei MatePad 11 tersedia M-Pencil Generasi ke-2 yang punya latensi rendah 2ms sehingga sangat responsif dan desain ergonomis karena berbentuk hexagon, bukan membulat atau pipih. Perangkat ini mampu membaca penggunaan untuk membuat garis tebal maupun tipis.

    Pairing aksesori ini sangat mudah, cukup pasang ke USB port pada pertama kali penggunaan, kemudian setelahnya M-Pencil akan tetap terhubung secara wireless. Proses pengisian baterainya juga bisa dilakukan wireless charging saat diletakan di atas tablet Huawei MatePad 11.

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja
     

    Kamera

    Tidak banyak yang bisa dibahas dari kamera sebuah tablet karena selama ini diakui bahwa kemampuan kameranya tidak lebih baik dari smartphone namun Huawei MatePad 11 punya kualitas yang cukup memuaskan bagi pengguna yang membutuhkannya saat bekerja dengan tablet ini.

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja

    Review Huawei MatePad 11, Tablet Bertenaga Pendamping Kerja

    Huawei MatePad 11 punya kamera belakang 13MP dengan kamera depan 8MP yang di atas kertas spesifikasinya sudah sejajar dengan smartphone entry-level saat ini. Di dalamnya disediakan beberapa mode fotografi dan videografis seperti time-lapse juga yang cukup membantu adalah fitur untuk memindai atau scan dokumen.
     

    Performa

    Klaim Huawei MatePad 11 sebagai tablet yang tangguh untuk bekerja memang tidak main-main, demi mendukung multitasking lancar maka dapur pacunya mengandalkan Qualcomm Snapdragon 865. Chipset ini diketahui juga digunakan di sejumlah smartphone high-end.

    Tidak heran apabila Huawei MatePad 11 juga bisa mendukung game berat sekelas Genshin Impact meskipun dibekali kapasitas RAM 6GB. Semua game berat bisa dimainkan di tablet ini selama tidak membutuhan Google Mobile Services.

    Di sini tersedia memori internal 128GB yang bisa ditambah MicroSD hingga 1TB. Soal daya tahan baterainya kapasitas 7.250 mAh, pengujian menggunakan PCMark for Android diklaim bisa bertahan seharian, meskipun begitu pada penggunaan nyata baterai Huawei MatePad 11 menurut Medcom.id bisa bertahan hingga setengah hari atau kisaran 12 jam.

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id tablet Huawei MatePad 11 adalah gadget yang berhasil menyediakan pendukung produktivitas dan hampir mampu menggantikan sebagian fungsi sederhana laptop meskipun hadir dengan sejumlah kekurangan yang menurut kami tidak benar-benar mengganjal fungsi yang ditawarkan.
     
    Spesifikasi  Huawei MatePad 11
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 865
    GPU Adreno 650
    OS HarmonyOS 2.0
    RAM  6GB
    Memori Internal 128GB + slot MicroSD 1TB
    Kamera Belakang 13MP
    Depan 8MP
    Baterai 7.250 mAh
    Layar  10,95 inci IPS 2560x1600
    Harga Rp7.299.000
     
     
    9
    Huawei MatePad 11
    Plus
    • Layar lebar dengan bobot ringan
    • Fitur multitasking produktivitas sangat lengkap
    • Daya tahan baterai panjang
    • Tersedia ekosistem aksesori lengkap
    • Antarmuka terasa seperti laptop
    Minus
    • Produktivitas kurang terasa saat tidak menggunakan semua akseosir
    • Stylus M-Pencil dijual terpisah
    • Tidak tersedia slot SIM card

     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id