comscore

Amazfit Bip 3, Layar Lebih Luas

Lufthi Anggraeni - 18 Juni 2022 15:25 WIB
Amazfit Bip 3, Layar Lebih Luas
Amazfit Bip 3.
Jakarta: Amazfit kembali merilis smartwatch yang ditujukan untuk mendampingi pengguna dalam menjalankan gaya hidup sehat dan gemar berolahraga. Upaya Amazfit ini masih berlanjut termasuk melalui sejumlah perangkat terbaru di seri Bip.

Baru-baru ini Amazfit meluncurkan dua smartwatch terbaru di seri Bip, salah satunya adalah Amazfit Bip 3. Medcom.id berkesempatan untuk mencoba smartwatch baru ini terlebih dahulu, menjajal berbagai keunggulan yang disuguhkannya.
Soal desain, Amazfit Bip 3 hadir dengan desain serupa model saudaranya, Bip 3 Pro, dengan layar berbentuk persegi dan satu tombol mahkota di sisi kanan perangkat. Model jam tangan cerdas yang kami coba ini tersedia dengan tali berbahan karet, dan berbalut dalam warna hitam.

Amazfit Bip 3, Layar Lebih Luas

Permukaan tali Amazfit Bip 3 ini tergolong lembut dan kesat, menghadirkan kenyamanan saat menggunakan perangkat dalam jangka waktu lama. Bahan dan permukaan lembut ini juga tidak menimbulkan rasa gatal akibat menggunakan perangkat saat pergelangan tangan berkeringat.

Hanya saja, kami membutuhkan waktu pembiasaan lebih lama saat pertama kali mengenakan ketika mengetik di keyboard atau laptop. Sebab pengait jam tangan terasa sedikit tebal sehingga menimbulkan kesan mengganjal pada pergelangan tangan saat bertumpu di permukaan meja.

Kenyamanan menggunakan perangkat ini juga didukung oleh bobot ringan yang diusungnya, berkat bahan plastik yang digunakan Amazfit untuk Bip 3 ini. Soal layar, Amazfit membekali Bip 3 dengan layar 2.5D berukuran 1,69 inci, dan berpanel TFT.

Tidak menggunakan panel AMOLED, layar Bip 3 tetap mampu menyuguhkan tampilan jernih, tajam dan karya warna, meski memang, warna tidak secerah dan vibrant layaknya panel AMOLED.

Amazfit Bip 3, Layar Lebih Luas

Sementara itu, meski mengusung ukuran layar tergolong besar, namun perangkat ini tetap mampu menunjang tampilan bergaya dan serasi saat digunakan oleh pengguna dengan pergelangan tangan kecil.

Selain keindahan desain, Amazfit Bip 3 juga dibekali dengan berbagai keunggulan lain seperti sertifikasi tahan air 5 ATM, memungkinkan jam tangan ini dikenakan saat melakukan aktivitas yang melibatkan percikan air, termasuk berlari saat hujan atau berenang.

Hanya saja perlu Anda perhatikan bahwa sebagian besar, termasuk Amazfit, tidak menyarankan smartwatch digunakan untuk menyelam di air asin seperti laut, dengan kedalaman lebih dari 1,5 meter dan selama lebih dari 30 menit.

Selain itu, Amazfit turut membekali Bip 3 dengan fitur kesehatan, termasuk sensor detak jantung, sensor SpO2, pemantau kebugaran harian dan pemantau pola tidur. Fitur pengawas detak jantung ini juga berkemampuan untuk memberikan peringatan saat detak jantung terdeteksi tinggi dan tidak biasa.

Amazfit Bip 3, Layar Lebih Luas

Selama pengukuran oksigen dan detak jantung, Anda akan diminta untuk meletakan tangan secara horisontal pada permukaan datar dan stabil, dengan layar jam tangan menghadap ke arah atas.

Bip 3 juga berbekal fitur olahraga dengan sekitar 60 mode olahraga, yang mampu melacak dan mencatat data pergerakan Anda. Fitur tersebut di antaranya yaitu Outdoor Running, Treadmill Training, Indoor dan Outdoor Cycling, berenang di kolam atau air terbuka, dan lainnya.

Pengoperasian perangkat juga tergolong mudah, Anda dapat menekan tombol mahkota fisik sebanyak satu kali untuk mengakses menu dari opsi olahraga, atau mengusap layar ke kanan atau kiri untuk menampilkan menu lain.

Sebagai informasi, tombol mahkota ini juga berfungsi sebagai tombol Back layaknya pada smartphone. Soal kemampuannya terhubung dengan smartphone, menghubungkan Bip 3 dengan smartphone tergolong mudah.

Amazfit Bip 3, Layar Lebih Luas

Saat pertama kali mengaktifkan perangkat ini, Anda hanya perlu memindai QR code yang muncul di layar melalui aplikasi Zeep. Dengan terhubung ke smartphone, Anda dapat menerima notifikasi pesan atau panggilan masuk, serta notifikasi lain yang diterima oleh ponsel.

Anda juga dapat mengubah tampilan antarmuka pengguna di layar dengan tema yang tersedia di perpustakaan di aplikasi Zeep. Sayangnya, sejumlah antarmuka cukup menguras daya baterai sehingga kami menyarankan Anda untuk berhati-hati dalam memilih desain antarmuka untuk layar.

Namun, Anda dapat mengubah beberapa pengaturan secara langsung di perangkat, salah satunya yaitu jalan pintas ke aplikasi. Hal lain yang dapat dilakukan secara langsung di smartwatch ini adalah menentukan fungsi kesehatan atau pengaturan tertentu yang akan dijalankan smartwatch saat Anda menekan tombol mahkota selama beberapa saat.

Amazfit Bip 3, Layar Lebih Luas

Selain itu, dengan menghubungkan Bip 3 ke smartphone via aplikasi Zeep, Anda dapat menemukan informasi terkait aktivitas dan kesehatan lain yang dicatat via smartwatch tersebut. Dengan demikian, Anda dapat menggunakannya untuk membantu menjaga kesehatan.

Untuk baterai, Amazfit mengklaim perangkat dapat bertahan selama 14 hari dengan skenario penggunaan umum, termasuk mode pelacakan fitness reguler aktif dan secara konstan terhubung ke ponsel.

Amazfit Bip 3 sesuai untuk Anda yang mementingkan gaya hidup sehat namun ingin mencari jam tangan yang sesuai dengan gaya berpakaian kasual, serta berharga terjangkau. Tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu hitam, pink dan biru, dan dipasarkan dengan harga USD59.99 (Rp890.182).

 
8.5
Amazfit Bip 3
Plus
  • Bobot ringan
  • Desain bergaya
  • Navigasi mudah
  • Fitur kesehatan dan olahraga lengkap
  • Baterai tahan lama
Minus
  • Harus terhubung dengan aplikasi di smartphone pada awal pemakaian


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id