Review Smartphone

    Review realme 8 Pro, Punya Spesifikasi Mumpuni dan Menarik

    Cahyandaru Kuncorojati - 15 April 2021 10:25 WIB
    Review realme 8 Pro, Punya Spesifikasi Mumpuni dan Menarik
    realme 8 Pro.



    Jakarta: realme ikut meramaikan persaingan smartphone di Tanah Air. Mereka resmi meluncurkan keluarga realme 8 Series, Medcom.id berkesempatan menjajal salah satu variannya yaitu realme 8 Pro.

    Smartphone ini digolongkan dalam varian smartphone kelas mid-high karena membawa spesifikasi yang tinggi di rentang harga Rp4 juta. realme 8 Pro mengusung slogan 108MP Capture Infinity bakal ikut meramaikan kompetisi smartphone berkamera 108MP di Indonesia.






    Apakah realme 8 Pro bakal tampil unggul dibandingkan kompetitornya yang juga mengusung keunggulan di kamera 108MP? Berikut adalah ulasan Medcom.id mengenai pengalaman menggunakam realme 8 Pro.
     

    Desain

    realme 8 Pro mengusung paduan slogan Infinite Clarity Camera dan Infinite Bold Design. Tidak cum punya kemampuan kamera tinggi tapi realme 8 Pro juga punya desain bodi belakang yang berbeda. Medcom.id menggunakan varian warna Infinite Black.

    Permukaan bodi belakangnya hadir dengan dua model yang di sisi kanan memiliki lapisan dengan coating mengkilap pada tulisan "Dare to Leap". Varian warna ini memang terkesan low profile sementara Infinite Blue lebih menarik perhatian.

    Review realme 8 Pro, Punya Spesifikasi Mumpuni dan Menarik

    Bodi belakang realme 8 pro memiliki tekstur mikro atau yang masih terasa halus tapi tidak licin. Di sini tidak ada pemindai sidik jari alias fingerprint melainkan bingkai berisi empat kamera belakang yang sedikit menonjol tapi terlihat elegan.

    Melihat desain utuh bagian belakang realme 8 Pro harus diakui smartphone ini punya desain unik dan berbeda dari generasi terdahulu ditambah bodinya yang lebih ramping dan ringan. Ketebalannya hanya 1,8mm dengan bobot 176 gram.

    realme 8 Pro memiliki layar 6,4 inci resolusi FHD Plus yang memanjakan mata berkat penggunaan panel Super AMOLED yang biasa dijumpai pada smartphone kelas high-end.

    Sayangnya, kami menemukan informasi bahwa refresh rate realme 8 Pro mentok di 60Hz. Padahal smartphone ini menggunakan chipset gaming Snapdragon 720G dari Qualcomm yang seharusnya bisa ikut dimaksimalkan, tidak cuma kemampuan kameranya.

    Layarnya memiliki desain lubang kecil untuk kamera depan di sudut kiri atas. Di sisi kiri bodinya terdapat slot untuk tray Dual SIM ditambah MicroSD yang bisa memuat kapasitas hingga 256GB.

    Review realme 8 Pro, Punya Spesifikasi Mumpuni dan Menarik

    Kita beralih ke bagian bawah realme 8 Pro di sini masih tetap disediakan lubang audiojack meskipun punya bodi yang sangat ramping alias tipis. Selanjutnya di sampingnya ada port USB-C dan sebuah speaker.

    Menurut Medcom.id secara keseluruhan desain luar realme 8 Pro sangat menarik meskipun tidak menunjukan bahwa varian realme number series adalah produk jagoan mereka, berbeda dari generasi sebelumnya.
     

    Antarmuka dan Fitur

    realme 8 Pro menggunakan sistem operasi Android 11 yang dipoles menjadi realme UI 2.0 dan menurut Medcom.id tampilanya sederhana tapi dengan navigasi yang mudah juga sudah mendukung Dark Mode yang bisa otomatis aktif mengikuti waktu.

    realme UI 2.0 juga terasa ringan alias responsif dengan kecepatan membuka aplikasi yang cepat. Antarmuka ini juga hadir dengan beragam aplikasi bawaan, misalnya realme Share untuk berbagi data berukuran besar dengan cepat.

    Review realme 8 Pro, Punya Spesifikasi Mumpuni dan Menarik

    realme 8 Pro hadir dengan pemindai sidik jari di layar serta pemindai wajah untuk kunci keamanan aksesnya. Tidak ketinggalan smartphone ini juga sudah memiliki fitur NFC bagi konsumen yang selama ini membutuhkannya untuk mengisi kartu uang digital alias e-money.

    Smartphone ini sudah mendukung kualitas audio jenis Hi-Res Audio saat terhubung ke aksesori audio yang juga memiliki dukungan yang sama. Di bagian baterai, realme 8 Pro punya fitur pengisian cepat berdaya 50W SuperDart Charge yang diklaim bisa mengisi baterai hingga 50 persen dalam durasi 17 menit.
     

    Kamera

    Di Indonesia realme 8 Pro bukan yang pertama membawa spesifikasi kamera 108MP ke smartphone di rentang harga Rp 4juta namun termasuk dalam gelombang pertama yang akan mempopulerkan tren spesifikasi kamera tersebut.

    realme 8 Pro punya empat kamera belakang yaitu lensa wide angle 108MP, lensa ultrawide angle 8MP, lensa macro 2MP, dan lensa sensor B&W 2MP. Kemampuan kamera 108MP hadir dalam mode terpisah yang memungkinkan Anda menghasilkan foto dengan resolusi besar.

    Foto hasil mode 108MP membuat Anda bisa memotongya sesuai kebutuhan dengan hasil potongan (crop) yang tetap memiliki resolusi tajam alias tidak pecah.

    Review realme 8 Pro, Punya Spesifikasi Mumpuni dan Menarik

    Medcom.id menjajal kemampuan kamera di mode normal tanpa mengaktifkan mode AI serta menjajal mode Night di kamera realme 8 Pro. Hasilnya menurut kami cukup memuaskan. Di kamera depannya realme 8 Pro punya kemampuan 16MP.

    Review realme 8 Pro, Punya Spesifikasi Mumpuni dan Menarik

    Review realme 8 Pro, Punya Spesifikasi Mumpuni dan Menarik

    Review realme 8 Pro, Punya Spesifikasi Mumpuni dan Menarik

    Review realme 8 Pro, Punya Spesifikasi Mumpuni dan Menarik

    Di kemampuan kamera utama tersebut realme 8 Pro hadir dengan banyak mode foto terutama video yang menjadi daya tarik bagi konten kreator. realme 8 Pro mengklaim jadi yang pertama di dunia menawarkan mode Video Starry Time-Lapse dan Time-Lapse Tilt-shift ke dalam smartphone.
     

    Performa

    realme 8 Pro punya spesifikasi yang tergolong tinggi untuk smartphone kelas mid-range atau menengah. Di sini masih digunakan chipset Snapdragon 720G dari Qualcomm dengan dukungan RAM 8GB serta memori internal 128GB.

    Spesifikasi ini jelas sangat cocok untuk bermain game namun sayangnya kualitas refresh rate layar yang mentok di 60Hz tidak menyempurnakan pengalaman gaming di realme 8 Pro yang menurut kami sudah cukup bagus.

    Di percobaan bermain PUBG Mobile, realme 8 Pro dapat menyajikan pengaturan grafik tertinggi di HD dan frame rate High. Game bisa berjalan mulus tanpa kendala tapi jelas terasa berbeda saat bermain di layar smartphone yang punya refresh rate tinggi.

    Bagaimana performa realme 8 Pro dibandingkan smartphone lain? Medcom.id melakukan pengujian dan perbandingan skor saat menggunakan aplikasi PCMark for Android dn 3DMark for Android dari UL Benchmarks. Performa realme 8 Pro tampak sangat bersaing dan unggul dalam beberapa benchmark.

    Review realme 8 Pro, Punya Spesifikasi Mumpuni dan Menarik

    Di pengujian daya tahan baterainya menggunakan aplikasi PCMark for Android, realme 8 Pro diuji dalam kondisi WiFi terhubung dan tingkat kecerahan layar sekitar 30 persen. realme 8 pro tercatat bisa bertahan hingga hampir 18 jam.

    Review realme 8 Pro, Punya Spesifikasi Mumpuni dan Menarik

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id smartphone realme 8 Pro memiliki spesifikasi yang memuaskan dengan desain yang unik. Namun sayangnya sedikit kekurangan ditemukan di refresh rate layarnya yang apabila dibuat lebih tinggi maka bisa membuat smartphone ini cukup sempurnah untuk pengalaman bermain game.
     
    Spesifikasi  realme 8 Pro
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 720G
    GPU Adreno 618
    OS Android 11/realme UI 2.0
    RAM  8GB
    Memori Internal 128GB
    Kamera Belakang 108MP+8MP+2MP+2MP
    Depan 16MP
    Baterai 4.500 mAh + SuperDart Charge 50W
    Layar  6,4 inci Super AMOLED FHD Plus
    Harga Rp4.499.000
     
     
    8.8
    realme 8 Pro
    Plus
    • Panel layar AMOLED
    • Kamera 108MP dan hasil foto memuaskan
    • Pengisian cepat baterai berdaya tinggi 50W
    • Spesifikasi mumpuni
    Minus
    • Refresh rate layar masih 60Hz

     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id