Review Notebook

    HP 14 DK1002AU, Laptop Terjangkau Mumpuni untuk Sehari-hari

    Lufthi Anggraeni - 28 November 2020 12:48 WIB
    HP 14 DK1002AU, Laptop Terjangkau Mumpuni untuk Sehari-hari
    HP 14s DK1001AU mampu menjadi perangkat pendamping andal untuk kegiatan sehari-hari.
    Jakarta: Pandemi yang mengalihkan berbagai kegiatan ke ranah online meningkatkan kebutuhan masyarakat akan perangkat komputasi, termasuk laptop. Dan pemberlakuan regulasi ini tergolong mendadak, sedangkan masyarakat mungkin membutuhkan waktu dan dana terkait persiapan.

    Dengan demikian, sebagian besar masyarakat mencari perangkat dengan harga terjangkau untuk mendukung aktivitas ini. Namun sebenarnya, kebutuhan akan perangkat terjangkau bukanlah hal baru, mengingat perangkat berharga terjangkau kerap dibutuhkan kalangan pelajar.

    Hal ini telah disadari HP sejak lama, produsen yang menghadirkan perangkat berbagai lini, dari premium hingga terjangkau. Meskipun demikian, HP tidak pernah luput dalam membekali fitur berlimpah pada perangkat yang ditawarkannya, salah satunya adalah HP 14s DK1001AU.
     

    Desain

    HP 14s DK1001AU hadir dengan bodi tergolong kokoh, meski tidak termasuk dalam golongan perangkat dengan bodi tipis seperti yang saat ini tengah menjadi tren. Meskipun demikian, HP mampu membenamkan layar 14 inci yang cukup untuk melakukan aktivitas komputasi sehari-hari.

    Selain itu bodi laptop dengan bobot 1,47 Kg ini juga tergolong ringan, memungkinkan Anda untuk membawanya berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain selama melaksanakan kegiatan komputasi di rumah, selama masa pandemi ini dengan mudah.

    HP 14 DK1002AU, Laptop Terjangkau Mumpuni untuk Sehari-hari

    Namun, bodi perangkat ini secara keseluruhan berbalut bahan plastik, sehingga kesan ringkih mungkin akan Anda rasakan saat menggunakan HP 14s DK1001AU ini. Secara dimensi, panjang 32,4cm, lebar 22,59cm dan tebal 1,9cm ini memungkinkan Anda menyimpan laptop dalam tas, termasuk tas sekolah siswa.

    Selain itu, HP juga membekali perangkat ini dengan layar berpanel TN dan beresolusi HD 1366×768 piksel, meski dengan akurasi warna yang tidak terlalu tepat. Namun hal ini dapat dimaklumi sebab laptop ini ditawarkan dengan harga tergolong terjangkau.

    Meskipun demikian, layar  HP 14s DK1001AU ini masih mampu menyuguhkan tampilan menyenangkan saat digunakan untuk menikmati konten multimedia. Sayangnya, Hanya saja layar laptop ini memiliki permukaan glossy tanpa adanya lapisan anti-glare.

    Karenanya, konten terkadang sulit terlihat akibat gangguan dari pantulan cahaya lampu atau matahari. Sementara itu, HP 14s DK1001AU juga berbekal konektivitas cukup lengkap, di sisi kiri bodi, Anda akan menemukan satu slot reader SDCard dan 1 USB Type-C 3.0.

    HP 14 DK1002AU, Laptop Terjangkau Mumpuni untuk Sehari-hari

    Namun port USB tersebut hanya difungsikan untuk melakukan transfer data, dan bukan untuk pengisian daya. Sedangkan di sisi kanan, Anda akan menemukan port DC-in, LAN, HDMI, dua port USB 3.1 type-A, dan jack audio combo.

    Berharga terjangkau bukan berarti laptop HP ini hadir dengan tampilan biasa, dan perangkat ini masih tampil elegan terutama di bagian keyboard. Melihat bagian keyboard pada HP 14s DK1001AU mengingatkan kami pada usungan keyboard pada lini laptop premium karya perusahaan asal Amerika Serikat ini.

    Tidak hanya berdesain cantik dan elegan berkat balutan warna chrome meski tidak mengkilat, keyboard perangkat ini juga menyuguhkan kenyamanan saat digunakan untuk mengetik. Sebab ukuran tombol pada keyboard tergolong besar sehingga mengurangi peluang untuk menekan tombol yang tidak diinginkan.

    HP 14 DK1002AU, Laptop Terjangkau Mumpuni untuk Sehari-hari

    Selain itu, tombol pada keyboard laptop ini juga hadir dengan jarak antar tombol yang pas, serta empuk saat jari kami menekannya, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit saat menggunakannya untuk mengetik dalam jangka waktu lama.
     

    Fitur

    HP 14s DK1001AU ini menggunakan sistem operasi Windows 10 Home dengan dukungan Microsoft Office dan McAfee LiveSafe™. Selain itu, laptop ini juga berbekal sejumlah software bawaan karya HP, termasuk HP Audio Switch, HP Documentation, HP e-Service,HP JumpStart, HP Support Assistant, dan HP Connection Optimizer.

    Layanan konferensi video secara online memang menjadi andalan bagi masyarakat untuk dapat melakukan pertemuan selama pandemi tanpa perlu secara fisik bertemu satu sama lain. Karenanya, kamera kini menjadi salah satu komponen bahan pertimbangan utama konsumen dalam memilih perangkat.

    HP 14 DK1002AU, Laptop Terjangkau Mumpuni untuk Sehari-hari

    Dan untuk menunjang kebutuhan konferensi video tersebut, HP 14s DK1001AU juga dilengkapi webcam HP TrueVision HD dengan mikrofon digital terintegrasi yang terletak di bagian atas layar. Kualitas dari kamera tersebut agak sedikit gelap, namun masih memungkinkan untuk digunakan konferensi video dengan dukungan pencahayaan cukup.

    Sayangnya, kamera ini tidak didukung oleh lapisan penutup serta tidak berbekal fitur atau tombol khusus untuk menonaktifkan kamera. Jika ingin menonaktifkan kamera, maka Anda melakukannya via opsi Disable pada menu pengaturan device manager.

    Namun, langkah ini justru membuat kamera tidak terdeteksi sama sekali pada laptop. Sementara itu, keyboard laptop ini juga dilengkapi dengan lampu LED cukup terang, dengan tiga pengaturan cahaya, yaitu Off, serta mode cukup terang dan lumayan terang.

    HP 14 DK1002AU, Laptop Terjangkau Mumpuni untuk Sehari-hari

    Berbeda dengan keyboard, touchpad usungan HP 14s DK1001AU hadir dengan desain lebih sederhana. Anda akan menemukan dua tombol kiri dan kanan fisik di bawah bagian touchpad, berbeda dari sejumlah perangkat lain yang tidak lagi menghadirkan tombol fisik.

    Touchpad HP 14s DK1001AU ini cukup presisi, namun kami menemukan bagian sentuh ini kurang responsif saat digunakan untuk melakukan tindakan klik kanan atau kiri. Karenanya, kami menyarankan Anda untuk menggunakan tombol fisik yang tersedia, meski mungkin akan membutuhkan waktu pembiasaan bagi Anda yang sudah terbiasa dengan touchpad tanpa tombol fisik.
     

    Performa

    HP 14s DK1001AU didukung APU AMD Athlon Silver 3050U dengan dua core dan dua thread, serta dengan kecepatan dasar 2,3GHz dan mampu berjalan hingga 3,2GHz. Sedangkan untuk GPU, laptop ini didukung total dua GPU Core dengan kecepatan 1100MHz.

    Kombinasi APU dan GPU ini menampilkan performa cukup baik saat memutar video beresolusi 4K pada 60fps. Selain itu untuk RAM, HP 14s DK1001AU datang dengan RAM 4GB, yang tetap memungkinkan kami untuk mengakses delapan tab sekaligus pada peramban, sekaligus memutar video YouTube beresolusi 1080p 60fps tanpa kendala.

    Performa cukup baik dan tanpa gangguan lag ini juga masih kami rasakan saat mencoba mengakses 12 tab untuk situs berbeda secara bersamaan. Namun HP menyediakan satu slot tambahan sehingga Anda dapat menambahkan RAM tambahan untuk suguhan performa lebih baik.

    Selain itu, performa baik ini juga ditampilkan pada hasil pengujian yang melibatkan aplikasi benchmark PCMark 10. Pada pengujian ini, HP 14s DK1001AU memperoleh skor 1932, menegaskan bahwa perangkat ini cukup mumpuni untuk aktivitas ringan sehari-hari.

    Sedangkan pada pengujian melibatkan aplikasi benchmark 3DMark, HP 14s DK1001AU memperoleh skor sebesar 2791 pada pengujian Sky Diver, dan 743 pada pengujian Fire Strike. Secara keseluruhan, laptop ini berhasil memberikan pengalaman komputasi yang nyaman dan mulus dalam keseharian.
     
    Pengujian  PCMark 10 Modern Office 3DMark Sky Diver Cinebench R20 Single-core Cinebench R20 Multi-core
    Skor 1932 2791 226 476

    Pengalaman penggunaan menyenangkan suguhan HP 14s DK1001AU juga didukung oleh daya tahan baterai berjangka waktu lama. Pada pengujian yang melibatkan aplikasi benchmark PCMark 10, laptop ini mampu bertahan selama 12 jam 16 menit.

    Artinya, Anda tidak perlu khawatir mencari soket listrik untuk mengisi daya saat menggunakannya di ruangan minim stop kontak dalam jangka waktu lama. Namun daya tahan baterai ini juga bergantung pada penggunaan dan stabilitas jaringan jika Anda menghubungkannya ke jaringan internet.

    Kesimpulan
    Secara keseluruhan, HP 14s DK1001AU dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan laptop yang dapat diandalkan, sebab mampu menyuguhkan performa baik serta didukung daya tahan baterai lama.

    Selain itu, laptop ini juga dilengkapi sejumlah software seperti HP JumpStart dan HP Hardware Diagnostic, yang mampu membantu Anda menjaga kondisi perangkat tetap prima. Dan saat masa pandemic usai, HP 14s DK1001AU tetap relevan untuk mendukung aktivitas Anda yang memiliki mobilitas tinggi.
     
    Spesifikasi HP 14s DK1001AU
    Prosesor AMD Athlon Silver 3050U
    RAM 4GB
    Memori Internal  SSD 256GB M.2 
    GPU AMD Radeon Graphics
    Dimensi 32,4 cm x 22,59 cm x 1,9 cm
    Bobot 1,47Kg
    Harga Rp5.399.000
     
    8
    HP 14s DK1001AU
    Plus
    • Performa baik untuk akktivitas sehari-hari
    • Baterai tahan lama
    • Konektvitas cukup lengkap
    • Ukuran charger mungil 
    Minus
    • Layar mengkilat
    • Akurasi warna tidak terlalu tepat


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id