Review HSF

    Noctua NH-D15 Chromax Black, Hitam Besar

    Cahyandaru Kuncorojati - 04 Februari 2020 22:48 WIB
    Noctua NH-D15 Chromax Black, Hitam Besar
    Noctua NH-D15 Chromax Black.
    Jakarta: Di Computex 2019 lalu, Noctua memamerkan beberapa produk sistem pendingin jenis CPU cooler versi warna serba hitam dari seri Chromax Black. Produk di seri ini diklaim dirancang dengan teknik khusus oleh Noctua.

    Alasannya, warna hitam dinilai menyerap panas dan proses coating atau melapisi bagian komponen dengan balutan cat hitam bisa mengganggu proses pembuangan panas. Hal ini yang membuat Noctua mengklaim performa seri Chromax Black masih sama baik dengan seri non Chromax Black.

    Namun, Chromax Black menjadi daya tarik. Bagian heatsink hingga fan atau kipasnya dibalut warna hitam. Bukan warna khas Noctua, yaitu coklat dan coklat muda. Medcom.id berkesempatan untuk menjajal salah satu produk Noctua seri Chromax Edition.

    Noctua NH-D15 Chromax Black tiba di meja redaksi. Jujur selama ini kami sudah membayangkan Noctua memiliki produk yang menarik dari sisi visual atau estetika dan hal ini tercapai setelah kami menjajal produk tadi.

    Noctua NH-D15 Chromax Black, Hitam Besar

    Noctua NH-D15 Chromax Black hadir dengan desain dua tower heatsink dan dua fan. Sesuai janji Noctua, semua bagian komponen ini dibalut coating warna hitam termasuk sirip di bagian heatsink. Desain tersebut mau tidak mau membuat CPU cooler ini punya ukuran yang besar.

    Proses pemasangannya tidak terlalu sulit. Noctua NH-D15 Chromax Black kami pasang pada motherboard ASUS Prime X299 Edition 30. Motherboard ini punya soket LGA 2066. Ukurannya yang besar tetap bisa digunakan di motherboard kelas di bawah HEDT.

    Noctua NH-D15 Chromax Black bisa mendukung skoet motherboard mainstream seperti LGA 1151 yang banyak digunakan PC builder dan soket AM4 maupun FM1 sekalipun dari AMD. Penggunanya akan langsung mendapatkan thermal paste dan obeng panjang di paket penjualan.

    Noctua NH-D15 Chromax Black, Hitam Besar

    Hal yang perlu diperhatikan pengguna adalah ukuran dimensi dari Noctua NH-D15 Chromax Black yang membutuhkan casing tower ukuran besar. CPU cooler ini punya tingi 165mm dan lebar 150mm saat terpasang kipas. Ketebalannya sekitar 161mm.

    Kekurangan dari Noctua NH-D15 Chromax Black yang kami temukan adalah karena ukuran yang lebar maka akan menyisakan sedikit ruang atau jarak dengan heatsink VRM motherboard. Kekurangan ini juga akan membuat slot RAM di motherboard jenis HEDT akan tertutup.

    Noctua NH-D15 Chromax Black, Hitam Besar

    Hal tersebut mungkin tidak terlalu menggangu. Kami juga menemukan bodi dari Noctua NH-D15 Chromax Black yang besar bahkan bisa menempel bagian backplate dari kartu grafis yang terpasang. Hal tersebut menyulitkan tangan atau jari kami saat ingin menekan ejector kartu grafis di slot PCIe.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB, Seagate Barracuda 8TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Bicara soal performa, ukuran Noctua NH-D15 yang besar ternyata tetap bisa berputar kencang dengan tingkat kebisingan yang rendah. Kecepatannya diklaim bisa mencapai 1500 rpm dan tingkat kebisingan termasuk rendah yaitu tertinggi di 24,6 dB.

    Kesimpulan
    Noctua NH-D15 Chromax Black masih bisa menjadi pilihan terbaik untuk CPU cooler format besar dengan tampilan elegan. Mengusung desain dua tower heatsink dan dua co23oling fan membuat performanya tidak diragukan.

    Performanya yang kencang masih hadir dengan tingkat kebisingan yang rendah. Jadi ukurannya yang bongsor tidak perlu diragukan. Di sisi estetika seri Chromax Black menyajikan kesan berbeda dan elegan dibandingkan Noctua NH-D15 warna orisinal.

    Sayangnya, ukuran dan desainnya yang besar agak menyulitkan saat digunakan. Bodi Noctua NH-D15 Chromax Black jadi sangat dekat bahkan menempel dengan kartu grafis di slot PCIe. Penggunanya juga akan kesulitan untuk menjangkau ejector slot PCIe.

    Noctua NH-D15 Chromax Black dibanderol mulai dari harga Rp1,4 juta berdasarkan penelusuran di ecommerce Tanah Air.
     
     
     
    Noctua NH-D15 Chromax Black 
    Plus
    • Desain warna hitam lebih menarik
    • Performa memuaskan
    • Kompatibel dengan beragam soket motherboard
    Minus
    • Menyulitkan proses melepas kartu grafis


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id