Review Mouse

    Review Logitech MX Anywhere 2S, Canggih tapi Kurang Ringkas

    Cahyandaru Kuncorojati - 20 Juli 2020 19:49 WIB
    Review Logitech MX Anywhere 2S, Canggih tapi Kurang Ringkas
    Logitech MX Anywhere 2S.
    Jakarta: Sebelumnya Medcom.id sudah mengulas mouse nirkabel alias wireless multi-device yang ditujukan bagi profesional yang bekerja menggunakan beberapa laptop atau perangkat berbeda sekaligus, Logitech M720 Triathlon.

    Medcom.id kembali berkesempatan mengulas mouse yaitu Logitech MX Anywhere 2S. Singkat saja, mouse ini menawarkan pengalam multi-device serupa Logitech M720 Triathlon. Perbedaannya kemampuan wheel-scroller yang cepat tidak tersedia di Logitech MX Anywhere 2S.

    Perbedaan lain yang dengan mudah membedakan Logitech MX Anywhere 2S adalah fitur multi-device yang hanya mendukung komputer atau laptop Windows, Mac OS, atau tablet iPad. Koneksi yang disediakan ada dua jenis, nirkabel lewat USB receiver atau dongle dan Bluetooth.

    BACA: Review Logitech M720 Triathlon, Jagokan Fitur Scroller dan Multi-Device

    Pertama, Medcom.id akan membahas desain dari Logitech MX Anywhere 2S. Mouse wireless ini punya desain bodi yang tidak gemuk melaikan melebar sehingga ukurannya tidak terlalu kecil. Desain ini menurut kami masih sangat nyaman untuk pengguna dengan ukuran tangan yang besar.

    Di sini ada beberapa tombol yang bsia dikonfigurasi fungsinya termasuk menyimpan untuk konfigurasi berdasarkan aplikasi tertentu. Fitur yang mirip dengan mouse gaming ini juga bisa mendukung produktivitas kalangan profesiaonal. Semuanya diakses lewat software Logitech Option.

    Review Logitech MX Anywhere 2S, Canggih tapi Kurang Ringkas

    Software ini harus diunduh terlebih dahulu secara otomatis saat mouse terhubung di perangkat laptop atau PC. Proses mengunduhnya agak lama, padahal koneksi internet kami sangat kencang untuk mengunduh game ukuran puluhan GB dalam waktu singkat.

     
    Spesifikasi Testbed PC Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Wheel-scroller di Logitech MX Anywhere 2S bisa digeser ke kiri dan ke kanan untuk menyediakan page scroll ke samping seperti di Logitech M720 Triathlon, atau fungsi lain sesuai konfigurasi. Di belakangnya tersedia sebuah tombol dan LED.

    Review Logitech MX Anywhere 2S, Canggih tapi Kurang Ringkas

    Tombol ini tidak berfungsi untuk mengatur kecepatan seperti di Logitech M720 Triathlon melainkan gesture button. Gesture button berfungsi seperti mode gesture di trackpad laptop dan bisa dikonfigurasi di Logitech Options.

    Review Logitech MX Anywhere 2S, Canggih tapi Kurang Ringkas

    Berbeda dari Logitech M720 Triathlon yang menaruh Gesture Button di bagian grip sehingga lebih ergonomis. Posisinya di Logitech MX Anywhere 2S justru menurut kami aneh. LED yang dibawahnya berfungsi sebagai indikator baterai.

    Baterainya bisa dicharge menggunakan koneksi kabel Micro USB. Di sisi grip terdapat tombol Forward dan Back yang juga bisa dikonfigurasi fungsinya. Kini beralih ke bagian bawahnya.

    Di bagian bawah Logitech MX Anywhere 2S tidak ada ruang untuk menaruh USB receiver atau dongle. Hal ini sangat merepotkan karena mungkin saja suatu hari nanti komponen tersebut tertinggal di perangkat lain atau hilang.

    Anda juga akan menjumpai sebuah tombol dengan tiga LED dan angka "1,2,3". Bagian ini merupakan indikator penanda perangkat yang terhubung ke perangkat. Mengandalkan koneksi Bluetooth, Logitech MX Anywhere 2S bisa terhubung ke tiga perangkat sekaligus.

    Review Logitech MX Anywhere 2S, Canggih tapi Kurang Ringkas

    Caranya, tekan tombol sampai LED berkedip yang tandanya siap melakukan pairing. Posisi ini tidak ergonomis dibandingkan Logitech M720 Triathlon yang menaruhnya di bagian grip.

    Logitech MX Anywhere 2S terlepas dari beberapa kekurangan yang sudah disebutkan di atas, performa perangkat ini menurut Medcom.id sudah memuaskan.

    Sensor optik mouse ini berfungsi sangat baik di beragam material. Berbeda di mouse biasa yang tidak bisa berfungsi baik atau akurat saat diletakan di atas permukaan yang memantulkan cahaya, misalnya meja kaca.

    Kecepatan pointer dan scroll bisa dikonfigurasi lewat software Logitech Options. Logitech MX Anywhere 2S juga masih mendukung fitur Logitech Flow yaitu melakukan copy paste atau memindahkan file ke semua perangkat yang sudah terhubung (pairing) dengan cara drag-and-drop.

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id Logitech MX Anywhere 2S cukup bagus dengan performa dan fitur yang disediakan. Sayangnya ada beberapa kekurangan di bagian desain yang menurut kami cukup mengganggu. Menyoal harga, perangkat ini dibanderol cukup tinggi yaitu Rp952.700.
     
    7.5
    Logitech MX Anywhere 2S
    Plus
    • Fitur multi-device
    • Build quality bagus
    Minus
    • Harga
    • Desain tombol kurang ergonomis
    • Tidak ada tempat menyimpan USB dongle

     

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id