Menjajal Wireless Earbuds Plantronics BackBeat Pro 5100

    Cahyandaru Kuncorojati - 13 Oktober 2019 22:42 WIB
    Menjajal Wireless Earbuds Plantronics BackBeat Pro 5100
    Plantronics BackBeat Pro 5100.
    Jakarta: Di tengah tren wireless airbud, kami termasuk yang masih sedikit meragukan produk tersebut. Alasannya selain harga banderol yang cukup tinggi, ukuran dan desainnya yang kecil tanpa penjepit di daun telinga. Produk ini bisa saja hilang karena jatuh atau lainnya.

    Redaksi Medcom.id kedatangan Plantronics BackBeat Pro 5100. Sama seperti produk lainnya, Plantronics BackBeat Pro 5100 hadir dalam sebuah casing kecil. Fungsinya tidak hanya sebagai tempat menyimpan, tapi juga mengisi daya.

    Dari hasil penelusuran buku panduan dan percobaan pertama menjajalnya, housing atau charging case ini ternyata juga bisa menjadi powerbank. Plantronics mengklaim earbud-nya bisa bertahan hingga 6,5 jam dan charging casing tadi menawarkan tambahan daya untuk 13 jam.

    Menjajal Wireless Earbuds Plantronics BackBeat Pro 5100

    Dari deskripsinya di buku panduan, Plantronics BackBeat Pro 5100 punya kapasitas baterai 60 mAhm sementara chraging case kapasitasnya 440 mAh. Diklaim juga bahwa ada fitur pengisian daya cepat dalam 10 menit yang bisa menyediakan durasi penggunaan selama satu jam.

    Pengalaman daya tahan baterainya akan dijelaskan nanti. Di dalam charging case, kedua wireless earbud Plantronics BackBeat Pro 5100 melekat dengan sebuah magnet pengisi daya yang juga membuatnya melekat tidak terjatuh dari casing.

    Dibagian bawah charging house terdapat MicroUSB untuk pengisian daya. Sementara dia sisi luar earbud dan bagian tengah charging house terdapat LED indikator baterai.

    Menjajal Wireless Earbuds Plantronics BackBeat Pro 5100

    Kini bicara soal kenyamanan menggunakannya. Beruntung Plantronics BackBeat Pro 5100 menyediakan tiga ukuran eartip yang disesuaikan ukuran lubang telunga pengguna. Eartip ini bisa diganti dengan mudah.

    Bagaimana pengalaman Medcom.id menggunakannya?

    Dari pengalaman Medcom.id panjang eartip ini tidak sampai terasa menusuk lubang telinga tapi cukup melekat. Tetap saja, karena seri ini bukan yang ditujukan untuk olahraga, tidak dianjurkan digunakan karena mungkin saja earbud ini lepas di tengah kegiatan.

    Di sisi lain, Plantronics BackBeat Pro 5100 menawarkan kualitas kedap suara dari kebisingan sekitar dan suara angin. Hal ini jelas tidak baik untuk kegiatan olahraga yang mengharuskan penggunanya tetap mewaspadai keselamatan atau kondisi di sekitar.

    Menjajal Wireless Earbuds Plantronics BackBeat Pro 5100

    Dalam proses pairing dengan smartphone, Plantronics BackBeat Pro 5100 bisa melakukannya dengan mudah. Apabila proses pairing pertama sudah berhasil, kini wireless earbud akan langsung terhubung dengan Bluetooth smartphone saat dikeluarkan dari casing atau charging case.

    Soal kendali atau kontrolnya, Plantronics BackBeat Pro 5100 di sisi luar earbud kiri (L) dan kanan (R) memiliki cara berbeda. Earbud kiri mendukung fitur tombol sentuh atau My Tap yang digunakan Plantronics di beberapa produknya.

    Durasi sentuh bisa digunakan untuk mengendalikan volume. Cara ini lebih nyaman ketimbang harus menekannya dan membuat telinga terasa aneh. Tersedia juga perintah khusus yang bisa dikustomisasi lewat aplikasi Plantronics BackBeat.

    Kami juga menemukan bahwa Plantronics BackBeat Pro 5100 bisa digunakan hanya satu unit saja sebagai earbud utama. Caranya dengan lebih dulu melakukan switch Primary Earbud di aplikasi Plantronics BackBeat.

    Jadi tersedia dua opsi perintah untuk tap sekali dan tap dua kali untuk terhubung ke perintah seperti menerima panggilan atau akses ke aplikasi yang kompatibel di smartphone.

    Menjajal Wireless Earbuds Plantronics BackBeat Pro 5100

    Sayangnya, fitur ini tombol sentuh tidak diterapkan juga di sisi Plantronics BackBeat Pro 5100 earbud sisi kanan. Anda harus menyentuhnya dengan kombinasi beberapa kali sentuh dan menekannya hingga beberapa detik.

    Misalnya fitur Play, Pause, dan Previous ditentukan dengan berapa kali menekan tombol. Berdasarkan durasi Anda menekan tombol bisa mengakses perintah menerima dan menutup panggilan, menonaktifkan Plantronics BackBeat Pro 5100, dan mengakses perintah suara Apple Siri atau Google Now.

    Jadi, meskipun kontrolnya dimudahkan dengan model on-ear tapi cara menekan tombol cukup mengganggu pengalaman menggunakan. Kini kita bahas mengenai pengalaman audionya.

    Menjajal Wireless Earbuds Plantronics BackBeat Pro 5100

    Plantronics BackBeat Pro 5100 menyediakan noise canceling yang cukup baik. Saat melekat di telinga, suara bising sangat bisa diminimalisir. Mikrofonnya juga bisa mencegah suara bising dan angin terdengar ke dalam panggilan yang berlangsung serta menangkap suara kita dengan tajam dan jernih.

    Medcom.id harus memuji Plantronics BackBeat Pro 5100 karena meskipun tidak ditujukan untuk menyajikan audio sekelas audiophile, tapi masih enak digunakan mendengarkan musik. Kualitas audionya tidak terlalu datar.

    Plantronics BackBeat Pro 5100 juga ternyata memiliki sensot yang mengenali posisinya sedang melekat di telinga atau tidak. Apabila earbud dilepas dari telinga maka musik yang berputar akan berhenti dan baru kembali aktif saat earbud melekat di telinga.

    Menjajal Wireless Earbuds Plantronics BackBeat Pro 5100

    Kini bicara soal daya tahan baterainya. Dari pengalaman Medcom.id menggunakannya secara intensif maka Plantronics BackBeat Pro 5100 hanya butuh diisi dayanya sehari sekali. Artinya, konsumsi baterainya cukup hemat.

    Namun, apabila digunakan hanya untuk mendengarkan musik saat di perjalanan menuju atau pulang dari kantor dan selama di luar kantor baterainya bisa hanya butuh diisi dayanya dua hari sekali.

    Sayangnya, informasi mengenai kapasitas baterai hanya bisa didapatkan secara jelas di aplikasi Plantronics BackBeat atau asisten suara yang terdengar saat earbud baru melekat di telinga. Seharusnya, informasi baterainya bisa ditampikan di bar notifikasi pada home screen smartphone.

    Kesimpulan
    Plantronics BackBeat Pro 5100 harus diakui wireless earbud yang nyaris sempurna. Produk ini berhasil memberikan pengalaman menggunakan wireless earbud dengan kesan memuaskan kepada Medcom.id.

    Beberapa kekurangan sudah disebutkan di atas. Misalnya kontrol atau kendali tombol sentuh yang hanya ada di salah satu 4. Kemudian notifikasi mengenai baterainya yang tidak bisa dilihat langsung secara detil di bar notifikasi smartphone.

    Plantronics BackBeat Pro 5100 ditawarkan denga harga RP2.499.000 di Indonesia. Harga ini harus diakui terbilang tinggi dibanding wireless earbud merek smartphone yang ditawarkan pada seri high-end.
     
    9
    Plantronics BackBeat Pro 5100
    Plus
    • Nyaman digunakan dilengkapi pilihan ukuran eartip
    • Kualitas audio memuaskan
    • Terdapat kontrol on-ear tombol sentuh
    • Proses pairing mudah
    • Daya tahan baterai panjang
    Minus
    • Hanya satu sisi yang dilengkapi tombol sentuh
    • Kapasitas baterai tidak bisa terlihat dari bar notifikasi
    • Harga cukup tinggi

     



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id