Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    Cahyandaru Kuncorojati - 19 September 2019 10:09 WIB
    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera
    realme 5 Pro.
    Jakarta: realme patut menjadi merek yang diperhitungkan kiprahnya di Indonesia. Terbukti dari beberapa hasil riset pasar smartphone di Indonesia beberapa waktu lalu, mereka resmi masuk dalam posisi lima besar tahun ini.

    Perlahan realme berhasil membuktikan mereknya mampu menciptakan produk yang mengklaim flagship di kelas menengah. Terbaru, realme mengumumkan kehadiran realme 5 dan realme 5 Pro. Medcom.id berkesempatan mengulas terlebih dahulu varian realme 5 Pro yang mengusung tagline Quad Camera SpeedMaster.
     

    Desain

    realme 5 Pro masih setia menggunakan material khas smartphone di kelas menengah, sehingga kesan yang didapat saat digenggam jelas berbeda dengan smartphone high-end harga Rp8-10 juta. Namun, tampilannya belakangnya masih sangat menarik.

    Berbeda dari realme 3 Pro, desain tampilan bodi belakang realme 5 Pro tampak kembali mengadopsi desain tampilan kristal dengan gradasi warna. Medcom.id menjajal realme 5 Pro yang memadukan gradasi warna biru ke ungu yang bernama Sparkling Blue.

    realme mengklaim bahwa desain barunya ini mewakili tagline Dare-to-Leap Design. Medcom.id mengakui desain realme 5 Pro cukup membuatnya berbeda dari kompetitor.

    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    Mengingat material bodi belakangnya bukan kaca, bodi belakangnya akan mudah tergores dan meninggalkan bekas sidik jari. Namun, kompensasi penggunaan polikarbonat menguntungkan saat digenggam. Bodi realme 5 Pro terasa sedikit tebal tapi tidak berat.

    Tidak ketinggalan di bagian belakang bisa terlihat realme 5 Pro mengusung teknologi quad-camera sebagai realisasi tagline Quad Camera SpeedMaster. Smartphone memiliki empat kamera belakang dengan kemampuan resolusi 48MP berbekal sensor Sony IMX586.

    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    Tidak ketinggalan, pemindai sidik jari realme 5 Pro juga bisa ditemukan di bodi bagian belakangnya. Susunan tombol di sisinya masih sama dari realme 3 Pro. Tombol Power di sisi kanan dan volume di sisi kiri bersama dengan slot Dual SIM dan MicroSD. Sekali lagi, realme tidak menggunakan model slot Dual SIM hybrid.

    Beralih ke wajahnya, realme 5 Pro masih menggunakan desain wajah yang sama termasuk bentuk notch atau poni. Hal ini sebetulnya membosankan. Medcom.id memaklumi karena sejauh ini desain tersebut masih populer di kalangan smartphone kelas menengah.

    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    realme 5 memiliki layar berukun 6,3 inci bezel tipis karena rasio layar ke bodi mencapai 90,6 persen. Resolusi yang disajikan adlah FHD (2340x1080p). realme menyebut layarnya dilapisi Corning Gorilla Glass 3.

     

    Antarmuka dan Fitur

    Bicara antarmuka realme 5 Pro, masih bisa dijumpai modifikasi tampilan Android 9.0 Pie ke ColorOS 6.0 yang memiliki app drawer. Belum ada hal yang baru yang bisa Medcom.id temukan karena masih serupa dengan realme 3 Pro yang kami pernah ulas. Pilihan app drawer ini bisa diganti ke mode standar pada menu pengaturan, dan sub-menu home screen & lock screen magazine.

    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    Tampilan antarmuka ColorOS 6.0 memang lebih segar dibandingkan Android standar dan terasa ringan. Sayangnya, fitur software yang disediakan juga tidak ada yang baru di antaranya tersedia fitur Driving Mode dan Riding Mode. Fitur Game Space juga masih tersedia.

    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    Soal keamanan akses perangkat, realme 5 Pro masih mempercayakannya kepada pemindai sidik jari. Pengalaman Medcom.id, proses pemindaian masih terbilang cepat meski kondisi jari basah. Sistem pengamanan pengenalan wajah juga masih menjadi andalan.

    Sama seperti pemindai sidik jari, proses buka kunci dengan pengenalan wajah tergolong cepat, membutuhkan waktu kurang dari 1 detik dan dapat diatur lebih sensitif jika kondisi cahaya sekitar gelap.
     

    Kamera

    Dare-to-Leap Imaging, realme 5 Pro membuktikan bahwa mereka berani ikut mengadopsi teknologi terkini yaitu kamera belakang resolusi 48MP dengan empat kamera belakang. realme 5 Pro quad camera memadukan resolusi 48MP+8MP+2MP+2MP. 

    Kemampuan kamera 48MP dihadirkan lewat pilihan mode khusus 48MP Ultra HD. Teknologi Quad-Bayer pixel four-in-one diklaim memungkinkan pixel tunggal 1,6um dan menawarkan dasar yang baik dalam resolusi, toleransi, kinerja cahaya lemah. Ini juga memberikan dynamic range yang baik dan detail gambar yang kaya.  Mode tersebut membuat kualitas gambar tetap tajam setelah melalui proses pembesaran di hasil foto.

    Kehadiran empat kamera belakang juga mendukung hadirnya mode Wide-Angle sebesar 119 derajat lewat kamera 8MP. Tidak ketinggalan, fitur AI untuk otomatis mengenali objek atau scene pengambilan foto mampu membantu pengguna yang tidak perlu repot untuk menghasilkan foto yang bagus.

    Dua kamera lainnya adalah kamera makro dengan resolusi 2MP dan rekomendasi jarak pengambilan gambar 4cm dari objek. Juga ada kamera portrait sebesar 2MP untuk membantu lensa utama mengambil detail hitam putih guna meningkatkan kontras gelap dan terang pada objek foto.

    Medcom.id menjajal quad camera realme 5 Pro dalam mode tanpa AI maupun efek mode Chroma Boost yang jadi andalan realme sejak seri sebelumnya. Hasil kemampuan kamera realme 5 Pro memang tergolong sangat memuaskan di kelasnya.

    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera
    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera
    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    Ketajamannya cukup baik dengan hasil warna yang tidak berlebihan. Medcom.id sempat menjajal kemampuan kamera belakang realme 5 Pro dalam kondisi siang dan cahaya yang terik. Bisa dilihat kameranya masih mampu menangkap warna objek foto dengan baik.

    Dalam kondisi malam hari Medcom.id berkesempatan menjajal mode Nightscape dari quad camera realme 5 Pro. Hasilnya juga masih memuaskan. Di sini pengguna harus pintar menentukan titik fokus karena hasil warna foto yang tertangkap efek Nightscape akan bervarian, antara warna hitam yang lebih pekat atau sedikit kuning mengikuti warna cahaya penerangan sekitar.

    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    Beralih ke kamera depan. realme 5 Pro dibekali kamera depan 16MP sensor Sony IMX471 yang juga masih didukung kemampuan AI. Untuk menguji kehebatannya, Medcom.id menggunakannya tanpa dukungan AI dan hasilnya masih tetap memuaskan.

    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    Untuk kemampuan merekam video kamera belakang realme 5 Pro bisa menghasilkan video resolusi 720p di 30fps hingga 4K di 30fps. Video yang dihasilkan tergolong stabil karena tertanam kemampuan Electonic Image Stabilizer (EIS). Pada mode Slo-Mo bisa dihasilkan video gerak lambat mulai dari 960fps hingga 120fps. Penstabil gerak juga terdapat pada kamera depan, memudahkan pengguna dalam vlogging.

     

    Bagaimana Performanya?

    realme memberikan tagline Dare-to-Leap Performance di realme 5 Pro. Smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 712 yang diklaim memberikan peningkatan performa 10 persen dibandingkan seri smartphone sebelumnya yang menggunakan Snapdragon 710.

    Soal varian kapasitas RAM dan memori internal, realme 5 Pro memiliki dua jenis varian yaitu 4GB/128GB dan 8GB/128GB. Medcom.id menguji varian RAM 8GB dengan memori 128GB.
    Pengujian realme 5 Pro menggunakan PCMark for Android untuk mengetahui performa komputasinya dibandingkan smartphone merek lain yang sekelas.

    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    Kemudian dilakukan juga pengujian kemampuan grafisnya menggunakan 3DMark for Android.
    realme 5 pro mampu menyajikan performa yang tergolong tinggi di kelasnya. Terlihat dari skor PCMark Work 2.0 mencapai 8.408 poin. Di dua skenario pengujian 3DMark for Android, 2.077 poin di Slingshot Extreme dan 2.986 di Slingshot biasa.

    Kemudian kami menjajal realme 5 Pro untuk bermain PUBG Mobile. Di awal aplikasi game ternyata spesifikasi smartphone ini langsung dikenali mampu bermain di tingkat kualitas grafis tinggi. realme mampu memainkan game di kualitas grafis HD dan frame rate HD tanpa ada lag atau patah-patah.

    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    Dalam durasi permainan selama hampir satu jam, realme 5 Pro menunjukan suhu dikisaran 36-37 derajat Celcius, berdasarkan pengukuran thermal gun. Suhu masih tergolong biasa dan tidak membuat kami cemas dengan kondisi perangkat.

    Soal baterai, realme 5 Pro memiliki kapasitas 4.035 mAh. Ditambah dukungan pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0 yang dengan adpater bawaannya mampu menyediakan daya pengisian sebesar 5V 4A.

    Review realme 5 Pro, Rp3 Juta dengan 4 Kamera

    Pada pengujian baterainya menggunakan PCMark for Android Battery, realme 5 Pro mampu bertahan hingga 15 jam 48 menit dalam kondisi tingkat kecerahan layar paling rendah dan tidak terhubung internet.


    Kesimpulan

    realme 5 Pro tampaknya pantas menjadi alternatif konsumen yang ingin memiliki smartphone dengan performa tinggi tapi harga ramah kantong. Smartphone ini mungkin tidak memiliki rasa mewah tapi tampilan jelas tidak murahan

    Bagi yang mencari kapasitas RAM besar tesedia varian RAM 8GB dengan memori internal 128GB yang masih bisa ditambah MicroSD menjadi 256GB tanpa mengorbankan salah satu slot kartu SIM.

    Bicara kamera, Quad Camera yang dimiliki realme 5 Pro masih lebih baik dari kompetitor lain yang di kelas menengah yang mencoba meniru tren ini. Medcom.id puas dengan kemampuan kameranya. Performa smartphone ini juga tidak buruk, malah sangat ideal. Dari informasi yang beredar jelang peluncuran, realme 5 Pro varian 8GB/128GB dibanderol kisaran Rp3 juta di Indonesia.
     
    Spesifikasi  realme 5 Pro
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 712
    GPU Adreno 616
    OS Android 9.0 Pie/ ColorOS 6.0
    RAM  8GB
    Memori Internal 128GB + MicroSD 256GB
    Kamera Belakang 48MP+8MP+2MP+2MP
    Depan 16MP
    Baterai 4.035 mAh 
    Layar  6,3 inci FHD (2340x1080p)
    Harga Rp3.699.000 (8GB/128GB)
     
    9
    realme 5 Pro
    Plus
    • Tampilan bodi belakang menarik
    • Performa memuaskan
    • Kamera memuaskan
    • Baterai jumbo dan daya tahan lama
    Minus
    • Tampilan bagian depan membosankan
    • Tidak ada fitur baru dari ColorOS 6.0 di realme 5 Pro




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id