Review Smartphone

    Samsung Galaxy A52, Pendukung Kreativitas

    Lufthi Anggraeni - 07 April 2021 08:50 WIB
    Samsung Galaxy A52, Pendukung Kreativitas
    Samsung Galaxy A52.



    Jakarta: Samsung Galaxy A52 merupakan penerus Galaxy A51 yang menjadi salah satu perangkat Samsung dengan penjualan terbaik di sejumlah negara. Samsung Galaxy A52 hadir dengan sejumlah peningkatan signifikan, salah satunya dalam hal layar.

    Dengan sejumlah peningkatan signifikan yang ditawarkannya, Samsung juga menjanjikan dukungan tiga update Android untuk Galaxy A52, menjadikannya salah satu dari sedikit smartphone mid-range yang mendapatkan dukungan software tersebut.






    Lantas, bagaimana dengan peran performa dan fitur dalam suguhan pengalaman menyenangkan dari smartphone yang digadang menjadi medium untuk menghadirkan kehebatan Samsung tidak hanya di kelas premium ini?
     

    Desain

    Secara garis besar, Samsung Galaxy A52 mengusung desain hampir serupa dengan Galaxy S21 Ultra. Desain ini membedakan Galaxy A52 dengan usungan desain smartphone Samsung seri A sebelumnya, yang hadir dengan bodi berbahan plastik mengkilat dan berdesain holografik.

    Samsung Galaxy A52 hadir dengan bodi bagian belakang berbahan plastik polos tidak mengkilat dan mengingatkan kami pada kain satin, didampingi oleh bahan berwarna serupa namun mengkilat di bagian sisi bodi perangkat.

    Desain yang diusung Galaxy A52 ini sama dengan desain yang diusung smartphone terbaru di seri A, yaitu A52 5G dan A72. Bahan tidak mengkilat pada bodi bagian belakang perangkat cukup mampu menghadirkan pengalaman penggunaan menyenangkan, sebab tidak mudah kotor dengan noda sidik jari.

    Samsung Galaxy A52, Pendukung Kreativitas

    Selain itu saat menyentuhnya, bahan pada bodi bagian belakang ini terasa memiliki tekstur seperti berpasir, sehingga mengurangi kesan licin saat menggenggam perangkat. Sayangnya, tidak demikian pada bagian mengkilat di sisi bodi perangkat, yang mudah kotor oleh noda sidik jari.

    Smartphone ini hadir dengan empat varian warna, salah satunya adalah Awesome Violet seperti warna perangkat yang kami uji. Warna lebih lembut ini cukup mampu memanjakan mata, dan merupakan salah satu warna yang tengah populer di kalangan masyarakat.

    Selain desain, keunikan juga kami temukan pada penyematan slot kartu SIM dan microSD pada smartphone ini. Sedikit berbeda dari smartphone Galaxy seri A generasi sebelumnya, Samsung tidak menyematkan slot kartu SIM dan microSD di bagian sisi kanan bodi perangkat seperti pada umumnya, melainkan pada sisi atas.

    Samsung Galaxy A52, Pendukung Kreativitas

    Sedangkan untuk lokasi penyematan tombol volume dan daya, serta lubang speaker, port USB-C untuk mengisi daya, serta jack audio 3,5mm, tetap sama yaitu pada sisi kanan serta bawah perangkat.

    Sementara itu berbeda dengan Galaxy S21 yang mengusung desain lokasi penyematan kamera belakang berbeda dari bodi hingga mencakup bagian sisi, Galaxy A52 hadir dengan bagian yang sedikit lebih tinggi dari bagian bodi belakang namun tidak hingga mencakup bagian sisi, memberikan ilusi bahwa kamera disematkan di platform terpisah.

    Samsung Galaxy A52, Pendukung Kreativitas

    Tidak hanya soal lokasi penyematan kamera, Galaxy A52 juga mengusung desain penyematan earpiece atau speaker di atas layar serupa dengan perangkat kelas premium Samsung, yang berbentuk pipih dan tipis sehingga nyaris tidak terlihat dan menyatu dengan bezel.
     

    Antarmuka dan Fitur

    Samsung Galaxy A52 menggunakan antarmuka pengguna One UI 3.1 versi terbaru, menghadirkan tampilan antarmuka pengguna yang kaya fitur serta sejumlah peningkatan, salah satunya adalah integrasi lebih baik dengan layanan Google.

    Sayangnya, serupa dengan antarmuka pengguna Samsung generasi sebelumnya, One UI 3.1 juga hadir dengan banyak bloatware atau aplikasi bawaan, termasuk game Candy Crush, selain aplikasi karya Samsung seperti SmartThings, Galaxy Wearables, Samsung Pay, dan lainnya.

    Samsung Galaxy A52, Pendukung Kreativitas

    Selain itu, Samsung juga membekali Galaxy A52 dengan layar AMOLED refresh rate 90Hz, menjanjikan suguhan tampilan dan responsifitas layar lebih cepat. Galaxy A52 ini juga hadir dengan sensor pemindai sidik jari di bawah layar yang terasa lebih cepat dan akurat jika dibandingkan sensor pemindai sidik jari pada generasi sebelumnya.

    Selain itu, Samsung mengklaim bahwa Galaxy A52 didukung sertifikasi tahan air dan debu IP67, artinya ponsel tahan terhadap debu dan dapat digunakan untuk berkreasi di bawah air bersih, jernih dan bukan air laut atau kolam renang, hingga kedalaman satu meter dengan durasi maksimum selama 30 menit.

    Samsung juga menghadirkan fitur pendukung gamer pada Galaxy A52 ini, memungkinkan gamer memainkan game tanpa gangguan notifikasi yang muncul selama game berlangsung.
     

    Kamera

    Kamera menjadi satu dari sejumlah peningkatan yang diunggulkan Samsung pada smartphone seri A terbaru ini. Samsung Galaxy A52 didukung setup empat kamera di bagian belakang, termasuk kamera utama 64MP, kamera ultrawide angle 12MP, kamera makro 5MP, dan sensor kedalaman 5MP.

    Untuk kamera depan, Samsung membekali Galaxy A52 ini dengan kamera beresolusi 32MP. Samsung Galaxy A52 juga berbekal teknologi Optical Image Stabilization (OIS), membantu perekaman video tanpa guncangan.

    Samsung Galaxy A52, Pendukung Kreativitas

    Samsung Galaxy A52, Pendukung Kreativitas

    Baik kamera depan maupun belakang Samsung Galaxy A52 mampu menghasilkan foto dengan warna, ketajaman dan detail yang baik saat dipotret dalam kondisi pencahayaan cukup. Demikian juga saat memotret dengan kondisi pencahayaan redup.

    Khususnya kamera depan, foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan redup juga tampil baik, dengan noise yang tidak terlalu kentara. Selain itu, foto juga tampil sedikit lebih terang dari kondisi pencahayaan yang sebenarnya.

    Samsung Galaxy A52, Pendukung Kreativitas

    Samsung Galaxy A52, Pendukung Kreativitas

    Tidak hanya mode Pro untuk foto, Samsung juga membekali Galaxy A52 dengan mode video Pro yang memungkinkan Anda melakukan modifikasi pada pengaturan dasar seperti ISO, panjang fokal, exposure, aperture, dan white balance.

    Anda juga mendapatkan opsi untuk mengubah arah mikrofon, seperti yang dapat ditemukan pada perangkat premium Samsung. Ditujukan untuk generasi muda yang kreatif, Samsung turut membekali kamera Galaxy A52 dengan mode Fun.

    Samsung Galaxy A52, Pendukung Kreativitas

    Mode ini hadir dengan tujuh filter dari Snapchat, memungkinkan Anda memotret dan merekam video dengan hiasan filter layaknya di media sosial tersebut. Selain tujuh filter yang tersedia secara default, Anda juga dapat menjelajahi perpustakaan filter Snapchat melalui ikon kaca pembesar yang tersemat di bagian ujung dari rangkaian filter.

    Hanya saja untuk memanfaatkan mode Fun ini, Samsung mengharuskan perangkat terhubung ke jaringan internet, baik jaringan internet seluler maupun jaringan Wi-Fi. Kamera Samsung Galaxy A52 juga didukung mode Single Take yang sebelumnya hanya ditemukan di perangkat premium.
     

    Performa

    Didukung chipset Qualcomm Snapdragon 732G, Samsung menjanjikan performa baik pada perangkat ini, termasuk dalam hal gaming. Janji ini dapat kami temukan saat memainkan game PUBG Mobile maupun Asphalt 9 yang berjalan tanpa gangguan lag.

    Pengalaman gaming menyenangkan tanpa lag ini juga berkat dukungan layar dengan refresh rate 90Hz, dan semakin menyenangkan berkat ukuran layar yang tergolong luas yaitu 6,5 inci sehingga tampilan dan ruang untuk pengendalian game menjadi lebih luas.

    Menyoal game, Samsung Galaxy A52 hadir dengan aplikasi bawaan Game Launcher, dan pada versi terbaru, seluruh game yang terinstal di smartphone akan tersimpan di dalam aplikasi tersebut, sehingga Anda tidak akan menemukannya pada laci aplikasi seperti biasanya.

    Samsung Galaxy A52, Pendukung Kreativitas

    Performa baik ini juga terlihat pada skor hasil uji yang melibatkan aplikasi benchmark 3DMark dan PCMark. Pada pengujian melibatkan 3DMark Slingshot Extreme OpenGL, Samsung Galaxy A52 memperoleh skor sebesar 2587.

    Sedangkan pada pengujian yang melibatkan 3DMark Slingshot, smartphone ini memperoleh skor 3671 dan pada pengujian melibatkan PCMark Work 2.0, memperoleh skor 8470. Menyoal baterai, Samsung membekali Galaxy A52 ini dengan baterai berkapasitas 4500mAh dan mendukung teknologi pengisian daya cepat 25W.

    Hanya saja pada kotak kemasan penjualannya, Samsung membekali Galaxy A52 dengan charger berdaya 15W, dan Anda perlu membeli adapter charger 25W secara terpisah untuk dapat menikmati proses pengisian daya dengan durasi lebih cepat.

    Samsung Galaxy A52, Pendukung Kreativitas

    Sementara itu untuk mengisi baterai Samsung Galaxy A52 dari kosong hingga penuh, Anda hanya perlu menunggu selama sekitar 1,5 jam dengan menggunakan charger berdaya 15W. Baterai smartphone ini juga mampu menghadirkan pengalaman penggunaan menyenangkan, berkat kemampuannya bertahan dalam jangka waktu lama.

    Dalam penggunaan normal, dengan lebih banyak waktu siaga, Galaxy A52 ini mampu bertahan hampir satu hari penuh. Namun pada pengujian baterai yang melibatkan aplikasi benchmark, baterai Samsung Galaxy A52 ini mampu bertahan selama 14 jam 22 menit.

    Kesimpulan
    Hadir sebagai perangkat kelas menengah, Samsung Galaxy A52 jelas bukan sembarang perangkat kelas menengah berkat berbagai keunggulan yang dihadirkannya baik dari segi performa maupun fitur.

    Kemampuannya menyuguhkan pengalaman penggunaan menyenangkan ini menjadikan banderol harga sebesar Rp4.999.000 sepadan untuk dikeluarkan demi mendapatkan ponsel cerdas ini. Hanya saja, mungkin Anda perlu kreatif dalam menghadapi rangkaian bloatware yang terdapat di perangkat ini.
     
    Spesifikasi Samsung Galaxy A52
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 732G
    GPU Adreno 618
    OS Android 11
    RAM 8GB
    Memori Internal  256GB
    Kamera Belakang  64MP + 12MP + 5MP + 5MP, Depan 32MP
    Baterai 4.500 mAh
    Layar 6,5 inci FHD Super AMOLED 1080 x 2400 piksel, refresh rate 90Hz
    Harga Rp4.999.000
     
    8.8
    Samsung Galaxy A52
    Plus
    • Kamera menyenangkan
    • Baterai tahan lama
    • Performa baik
    • Ada fitur tahan air dan debu
    Minus
    • Banyak bloatware


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id