comscore

Review Asus ZenBook Duo 14 (UX482), Layar Ganda tapi Makin Tipis

Cahyandaru Kuncorojati - 26 Maret 2021 20:00 WIB
Review Asus ZenBook Duo 14 (UX482), Layar Ganda tapi Makin Tipis
Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG).
Jakarta: Asus memperkenalkan laptop terbaru dari seri Asus ZenBook Duo bersama dengan kehadiran prosesor Intel Core Generasi ke-11 di Indonesia. Mereka memperkenalkan Asus ZenBook Duo 14 (UX482) yang tetap hadir dengan layar ganda ScreenPad Plus.

Medcom.id berkesempatan untuk menjajal Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) yang hadir dalam tiga varian spesfikasi. Kami menjajal varian tertinggi dengan banderol harga Rp26,9 juta, apakah patokan harga tersebut sesuai dengan kualitas dan performa yang ditawarkan?
 

Desain

Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) hadir dengan tampilan mewah sekaligus elegan khas jajaran laptop ZenBook. Desain asymmetrix-circle khas Asus di bagian belakang layarnya akan terlihat mengkilap saat terkena cahaya.
Meskipun mengusung layar di kelas ukuran 14 inci tapi layar utamanya terasa lega berkat desain NanoEdge yang membuat bezelnya sangat tipis tanpa menghilangkan webcam di bagian atas.

Review Asus ZenBook Duo 14 (UX482), Layar Ganda tapi Makin Tipis

Kualitas layar utamanya bisa langsung terlihat daru kecerahan dan warnanya yang kaya sekaligus halus. Layar Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) mengusung resolusi FHD dan fitur touchscreen. Kalibrasi warnanya 100% sRGB dan Panton Validaten sehingga cocok untuk kreasi konten

Daya tarik saat membuka laptop juga langsung tertuju ke layar keduanya yaitu Asus ScreenPad Plus ukuran 12,6 inci FHD dengan mode layar sentuh yang membawa lebih banyak fitur terbaru.

Kini ScreenPad Plus hadir dengan desain baru yang lebih ergonomis. Di Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) bagian tersebut akan otomatis terangkat saat layar laptop dibuka jadi lebih mudah dilihat dan digunakan.

Review Asus ZenBook Duo 14 (UX482), Layar Ganda tapi Makin Tipis

Saat posisi ScreenPad Plus terangkat maka akan terlihat rongga yang didesain sebagai Active Aerodynamic System yang sejak lama hadir di beragam laptop Asus. Teknologi ini berfungsi untuk mendukungg kinerja sistem pendingin.

Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) juga dilengkapi dengan stylus di paket penjualannya jadi semakin mendukung produktibitas penggunaan dua layar sekaligus terutama bagi mereka yang memiliki kegiatan desain.

Semakin sempurna semua desain tadi dikemas menjadi Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) yang tetap memiliki bodi tipis dan ringan. Bobotnya 1,6 kg dengan ketebalan hanya 16,9mm.

Sayangnya sedikit kekurangan ada di desain keyboard yang berada di tepi sehingga membuat Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) sulit digunakan untuk mengetik di atas pangkuan karena lebih nyaman di atas meja.
 

Fitur

Bodi tipis Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) tetap menyediakan I/O Port yang lengkap. Tersedia dua port Thunderbolt 4 dan full-size HDMI kemudian port USB dan combo audiojack 3,5mm. Di sini juga ada MicroSD reader yang sangat dibutuhkan bagi penggemar atau pelaku profesi fotografi dan videografi.

Port USB-C di sini juga berfungsi sebagai lubang colokan charger termasuk untuk mengisi daya perangkat lain. Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) mendukung pengisan baterai dengan power bank khusus yang mendukung laptop tersebut.

Di aplikasi MyAsus tersedia opsi untuk mengatur kapasitas maksimal pengisan baterai sehingga usia baterai lebih awet. Performanya juga bisa diatur lewat shortcut tombol Fn+F ke mode Whisper, Balance, dan Performance.

Fitur lain yang tidak dilupakan adalah webcam dan mikrofon dengan AI Noise Cancelling Audio yang mendukung komunikasi lewat video call atau virtual meeting berkualitas. Kini melakukan komunikasi di kafe dengan Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) tidak perlu suara Anda tidak terdengar atau berisik.

Review Asus ZenBook Duo 14 (UX482), Layar Ganda tapi Makin Tipis

Di sisi konektivitas Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) sudah mendukung WiFi 6. Fitur terbaik laptop ini adalah di ScreenPad Plus yang tidak cuma membawa desain lebih ergonomis.

ScreenPad Plus di Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) hadir dengan fitur baru salah satuya ScreenXpert Control Center. Control panel atau toolbar di layarnya bisa diatur posisinya dan akses aplikasinya bisa ditambahkan.

Jadi pengguna bisa bebas memanfaatkan ScreenPad Plus sesuai dengan keinginan dan kenyamanan. Tidak cuma navigasi yang semakin mudah, integrasi fungsi dari aplikasi lain di sini juga semakin lengkap.

Jajaran aplikasi dari Adobe seperti Premiere, After Effects, Photoshop, dan Lightroom bisa terintegrasi dengan menyedikan dashboard berisi toolbar aplikasi di atas layar ScreenPad Plus.

Review Asus ZenBook Duo 14 (UX482), Layar Ganda tapi Makin Tipis

Hal tersebut membuat pengalaman penggunaan dengan dukungan stylus bisa membuat kegiatan editing dan desain menjadi lebih nyaman menggantikan fungsi perangkat tambahan seperi Wacom atau mouse.
 

Performa

Medcom.id menjajal varian tertinggi Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) yang memiliki prosesor Intel Core Generasi ke-11 Core i7-1165G7. Kartu grafis integrated yang tertanam adalah Intel Iris Xe tapi ada dukungan discrete graphic NVIDIA MX450 yang sudah mumpuni untuk laptop ini.

Kapasitas RAM 16GB didukung storage 1TB PCIe 3.0 x4 NVMe SSD membuat Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) mampu melahap beragam aplikasi tanpa ada loading yang lama.
 
PENGUJIAN: PCMark 10
Modern Office
3DMark
Fire Strike
Cinebench R23
Multi/Single
SKOR: 5613 4660 5809/1532

Kami menguji performa Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) dengan kondisi terhubung ke daya listrik dan mode Performance. Skor menunjukan performa laptop tipis dengan layar ganda ini sangat mumpuni.

Di segi daya tahan baterainya juga sangat awet. Kami memasang skenario konsumsi baterai di Best Battery Life, kecerahan layar utama 30 persen, layar ScreenPad Plus tetap aktif di kecerahan terendah, dan mode Whisper. Baterainya bisa bertahan hingga lebih dari sembilan jam.

Kesimpulan
Menurut Medcom.id Asus ZenBook Duo 14 (UX482EG) merupakan salah satu pilihan laptop tipis yang bisa diandalkan kreator konten multimedia didukung layar kedua dari ScreenPad Plus dan stylus.

Performanya juga sangat memuaskan namun sedikit kekurangan menurut kami adalah posisi keyboard yang membuat desain laptop kurang cocok digunakan di atas pangkuan sehingga membutuhkan meja kerja apabila ingin lebih nyaman.
 
SPESIFIKASI ASUS ZenBook Duo 14 (UX482EG)
Prosesor Intel Core Generasi ke-11 Core i7-1165G7
RAM 16GB 4266MHz LPDDRX4
Memori Internal 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0 x4 SSD
Layar 14 inci FHD 100% sRGB & Pantone Validated
GPU Intel Iris Xe & NVIDIA MX450
Bobot 1,6kg
Dimensi 32,4 x 22,2 x 1,6 cm
Harga Rp26,9 juta
 
9.5
Asus ZenBook Duo 14 UX482EG
Plus
  • Desain mewah
  • Fitur ScreenPad Plus semakin lengkap
  • Aksesori stylus dalam paket penjualan
  • Performa memuaskan
Minus
  • Laptop kurang pas digunakan di atas pangkuan

 

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id