comscore

Mencoba Sistem Pendingin Prosesor AIO Asus ROG Ryujin II 360

Cahyandaru Kuncorojati - 22 April 2022 22:30 WIB
Mencoba Sistem Pendingin Prosesor AIO Asus ROG Ryujin II 360
Asus ROG Ryujin II 360.
Jakarta: Beberapa waktu lalu Medcom.id berkesempatan untuk menguji prosesor Intel Generasi ke-12 atau Alder Lake. Saat itu kami mendapatkan dukungan motherboard dari Asus ROG termasuk untuk sistem pendinginnya.

Apabila motherboard yang digunakan saat itu sudah pernah kami ulas, kini giliran sistem pendingin yang digunakan yaitu Asus ROG Ryujin II 360 yang merupakan all-in-one (AIO) liquid cooler. Komponen ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp4 juta.
Sama seperti kebanyakan sistem pendingin AIO, Asus ROG Ryujin II 360 hadir dengan kepala pompa dan kabel selang yang menyambung ke sebuah radiator dan dilengkapi kipas pendingin. Hal yang membuat menarik adalah bagian kepala pompanya terdapat layar LCD yang bisa dikustomisasi tampilannya.

Tidak cuma menampilkan satu jenis animasi saja tapi kepala pompa Asus ROG Ryujin II 360 bisa diatur untuk menampilan efek animasi yang tidak statis alias bisa dirancang sendiri pergerakannya, ada juga tampilan system monitoring yang real-time. 

Mencoba Sistem Pendingin Prosesor AIO Asus ROG Ryujin II 360

Kustomisasi tersebut dilakukan lewat software ROG Armoury Crate. Desain dan kepala pompa yang berbentuk persegi memang menyediakan tampilan yang lebih lebar dari model dengan bentuk lingkaran. Desain dari kepala pompa Asus ROg Ryujin II 360 juga lebih futuristik.

Meskipun begitu bagi mereka yang belum terbiasa menggunakan jenis sistem pendingin AIO mungkin akan mengalami kesulitan saat memasang kepala pompa ke bracket soket prosesor, terutama di beberapa motherboard yang memiliki VRM heatsink cukup besar.

Hal ini kami alami karena posisi baut agak tertutup dengan bentuk kepala pompa yang persegi, berbeda dengan kepala pompa bentuk lingkaran yang secara jelas menampilkan baut untuk dipasang dengan obeng.

Meskipun begitu, Asus ROG Ryujin II 360 punya selang dengan bagian luar model braided yang terasa cukup awet serta panjang 38 cm ditambah bracket kepala pompa yang bisa berputar 360 derajat. Desain ini membuatnya sangat mudah dipasang, bahkan produk ini mendukung banyak seri soket prosesor Intel dan AMD.

Mencoba Sistem Pendingin Prosesor AIO Asus ROG Ryujin II 360

Asus ROG Ryujin II 360 diklaim menggunakan teknologi pompa Asetek Generasi ke-7 dan canggihnya di atas bagian pompa atau di antara panel LCD terdapat sebuah kipas pendingin tambahan.

Bicara kipas pendinginnya, Asus ROG Ryujin II 360 menawarkan radiator ukuran 120mm yang didukung tiga kipas pendingin PWM ukuran 120x120x25 mm. Sayangnya penggemar RGB tidak akan mendapatkan efek tersebut di komponen ini mengingat Asus menggandeng Noctua NF-12 sebagai pembuat kipas pendinginnya.

Bagaimana Performanya?
Kami memasang Asus ROG Ryujin II 360 pada motherboard Asus ROG Maximus Z690 Hero yang dikombinasikan prosesor Intel Core i9-12900K. Di sini Kingston Fury Beast DDR5 5200MHz (CL40-40-40) 32GB kit (2x16GB). Performanya dijalankan dalam mode Auto di bagian Extreme Tweaker dan mode Normal di AI Overclock pada BIOS motherboard.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-112900K
Motherboard  ASUS ROG Maximus Z690 Hero
RAM  Kingston Fury beast DDR5 5200 MHz 32GB (2x16GB) (CL40-40-40)
VGA  Zotac Gaming GeForce RTX 3070 Twin Edge
Storage WD Black SN750 1TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Kami menggunakan PC dengan testbed yang dimiliki Medcom.id untuk melakukan pengujian performa pada Asus ROG Ryujin II 360. Skenario yang dilakukan adalah menggunakan PC untuk benchmark PCMark, 3DMark, Cinebench R23 dan melakukan benchmark in-game dalam grafis ultra.

Menurut pemantauan menggunakan HWMonitor, suhu prosesor sempat terpantau menyentuh 98 derajat celcius di angka tertinggi dan 31 derajat celcius di angka terendah Di saat bermain game suhunya tercatat berada di kisaran 50 derajat hingga 70 derajat celcius. Hal yang perlu dicatat adalah pengujian dilakukan pada testbed yang terbuka.

Kesimpulan
Menurut kami Asus ROG Ryujin II 360 menawarkan sistem pendingin AIO yang sangat mumpuni dan menarik dari performa maupun desainnya. Kolaborasi mereka dengan Noctua memberikan nilai tambah dalam kualitas produk yang ditawarkan.
 
 
9
Asus ROG Ryujin II 360
Plus
  • Performa memuaskan
  • Tampilan desain menarik
  • Kepala pompa memiliki LCD
Minus
  • Pemasangan sulit pada motherboard dengan VRM hetasink yang besar


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id