Review Smart Stick

    Xiaomi Mi TV Stick, Sulap TV Lama jadi Pintar

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 21 September 2020 13:18 WIB
    Xiaomi Mi TV Stick, Sulap TV Lama jadi Pintar
    Xiaomi Mi TV Stick.
    Xiaomi yang selama di ini dikenal sebagai produsen smartphone, juga menghadirkan berbagai produk pintar. Salah satu produk pintar yang cukup mereka gencarkan pemasarannya di Indonesia adalah Smart TV.

    Namun, mereka tampaknya mencoba strategi lain untuk meningkatkan penetrasi perangkat pintar ini, salah satunya dengan membawa Mi TV Stick ke Indonesia. Dengan harga yang jauh lebih murah, ia menawarkan sejumlah fitur layaknya Smart TV. Apa saja kemampuan yang ditawarkan? Berikut review Mi TV Stick.

    Sesuai namanya, Mi TV Stick punya ukuran sangat ringkas menyerupai flash drive atau PC Stick. Dalam paket penjualannya yang minimalis, perangkat ini sudah dilengkapi dengan komponen esensial seperti remote kendali dan adapter.

    Ia memanfaatkan konektivitas HDMI yang bisa langsung dipasang pada TV LED yang belum punya OS. Ia tidak bisa langsung menyala, dibutuhkan power tambahan yang didukung dari port Micro-USB yang kabelnya juga tersedia dalam paket penjualan.

    Asupan daya bisa ditambah dengan dua cara, yaitu memanfaatkan port USB yang sudah ada pada TV, atau menggunakan adapter untuk terhubung ke sumber listrik. Ini menjadi jawaban untuk konsumen yang punya TV tetapi belum menyediakan port USB bawaan.

    Secara teori, seharusnya pengguna bisa memanfaatkan Mi TV Stick untuk TV tabung. Sementara secara prakteknya, ia mungkin akan memerlukan converter HDMI, berhubung TV tabung belum menyediakan port HDMI.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Begitu terpasang, Mi TV Stick akan langsung menyala, dan Anda bisa mulai melakukan pengaturan dengan remote kendali. Remote kendali ini menggunakan dua baterai AAA, dan desainnya sama persis dengan remote kendali bawaan Smart TV Xiaomi. Tak perlu khawatir Mi TV Stick terpasang di belakang TV, karena remote kendali terhubung via Bluetooth.

    Tak banyak tombol yang tersedia pada perangkat ini. Tombol power dan Google Assistant berada pada sisi atas. Tombol ini Google Assistant bisa menjalankan beberapa perintah via suara. Sementara di bawah tombol ini terdapat tombol navigasi, kemudian disusul tombol Netflix dan Amazon Prime, tak lupa dengan tiga tombol utama: Menu, Back, dan Home.

    Dalam penggunaan pertama, ia beroperasi seperti Smart TV Android pada umumnya, yang meminta email Gmail untuk personalisasi yang lebih baik. Setelah itu, Anda sudah bisa menikmati beragam konten VoD yang ditawarkan. Untuk beberapa wilayah, Mi TV Stick mendukung Netflix dan Amazon Prime.

    Untuk Indonesia sendiri, Netflix dan Vidio menjadi dua layanan yang menyediakan beragam konten lokal maupun internasional. Tentunya, untuk mengakses konten dari Netflix, Anda tetap harus berlangganan secara terpisah. Meskipun ukurannya mungil, Mi TV Stick dapat menampilkan konten dengan resolusi Full HD, yang umum digunakan pada jajaran Smart TV.

    Belum selesai, Anda juga bisa memanfaatkan Chromecast jika ingin memproyeksikan smartphone ke TV. Di Indonesia, harga Mi TV Stick adalah Rp549.000. Ukurannya yang ringkas memungkinkan mobilitas tinggi, yang sebenarnya cocok untuk Anda yang suka berpergian.

    Kemampuan yang ditawarkan sama seperti saat Anda membeli TV, dan jangan lupa untuk selalu terhubung dengan internet. Perangkat ini sudah tentu tidak cocok untuk Anda yang sudah memiliki Smart TV. Mi TV Stick tepat untuk jutaan orang di dunia yang saat ini belum punya niat untuk membeli Smart TV, tetapi penasaran dengan kemampuan yang ditawarkannya.
     
     
    8.5
    Xiaomi Mi TV Stick
    Plus
    • Ringkas
    • Murah
    • Fitur Lengkap
    Minus
    • Audio bergantung TV
    • 4K

     

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id