Review CCTV

    Review Tapo C100, Kamera CCTV Rumah dari TP-Link

    Cahyandaru Kuncorojati - 29 Juni 2020 13:08 WIB
    Review Tapo C100, Kamera CCTV Rumah dari TP-Link
    TP-Link Tapo C100.
    Jakarta: TP-Link mungkin lebih dikenal sebagai penyedia perangkat router. Mereka juga punya beberapa produk kategori smart home. Misalnya, kamera CCTV jenis WiFi Camera untuk rumahan dengan nama Tapo.

    Medcom.id berkesempatan menjajal salah satu seri produk ini yaitu Tapo C100. Perangkat ini hadir dengan ukuran dimensi yang kecil, tidak berbeda jauh dengan IP Camera lain yang ditawarkan sebagai CCTV murah dan sederhana.

    Desainnya sederhana tapi kualitasnya bagus sehingga tampak awet digunakan. Tapo C100 terdiri dari dua bagian yaitu kamera dan kaki penyangga. Kamera ini bisa diputar secara manual 360 deajat ke kanan atau kiri.

    Review Tapo C100, Kamera CCTV Rumah dari TP-Link

    Namun kaki penyangganya hanya bisa diatur manual 90 derajat ke atas atau kebelakang. Di sini saya menekankan bahwa sudut pandang harus di atur manual karena berdasarkan informasi di halaman resmi TP-Link, Tapo C100 tidak bisa menggerakan sudut pandang kamera dari aplikasi.

    Tapo C100 menyedikan fitur kamera yang bisa menghasilkan video resolusi 1080p Full HD dengan IR LED untuk kondisi gelap atau malah hari yang diklaim bisa menyediakan gambar tajam hingga jarak pandang sembilan meter.

    Review Tapo C100, Kamera CCTV Rumah dari TP-Link

    Di bagian sampingnya terdapat slot MicroSD untuk kapasitas penyimpanan video atau foto yang diambil mencapai 128GB. Di sini kami tidak menemukan port RJ-45 untuk kabel Ethernet. Jadi Tapo C100 sepenuhnya mengandalkan konektivitas WiFi.

    Kami juga menemukan sebuah lubang speaker yang disebutkan TP-Link menyediakan fitur komunikasi dua arah. Kini kami akan menceritakan proses pemasangan dan penggunaannya.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Proses pemasangan Tapo C100 tidak sulit. Cara pemasangannya cukup mencari sumber listrik untuk daya perangkat kemudian Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Tapo di smartphone.

    Nanti proses pemasangan akan dipandu lewat aplikasi dan suara indikator dari Tapo C100 serta LED yang ada, sangat mudah. Di balik kaki penyangga perangkat ada sisa lubang yang bisa digunakan untuk memasang ke paku atau baut yang terpasang di dinding.

    Review Tapo C100, Kamera CCTV Rumah dari TP-Link

    Kini Tapo C100 sudah aktif. Tampilan aplikasi Tapo juga sangat mudah dipahami. Ada fitur Talk dan Voice Call untuk berbicara dua arah, kemudian merekam dan mengambil foto, serta privacy mode untuk menonaktifkan kamera sementara.

    Menurut kami, fitur yang disediakan Tapo C100 masih serupa dengan perangkat merek lain yang sejenis. Di sini ada deteksi gerakan yang bisa ditentukan areanya dan mengirim pesan real-time ke smartphone Anda.

    Review Tapo C100, Kamera CCTV Rumah dari TP-Link

    Namun yang paling menarik adalah mode Alert berupa alarm. Jadi Tapo C100 bisa diatur untuk membunyikan alarm yang kencang saat mendeteksi gerakan. Kami jarang menemukan fitur ini di IP Camera yang umumnya digantikan dengan pesan notifikasi saja.

    Kesimpulan
    Menurut kami Tapo C100 cukup menarik untuk dimiliki. Perangkat ini menyediakan kemampuan kamera CCTV rumahan yang lengkap meskipun sudut pandang kameranya tidak bisa dikendalikan lewat aplikasi alias manual.

    Harganya cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp299.000, namun di merek lain sudah ada yang menawarkan fitur kamera yang bisa berputar dengan kendali dari aplikasi smartphone.

    Kualitas gambar video dari Tapo C100 juga cukup tajam sehingga memuaskan ditambah fitur yang sangat lengkap. Fitur alarm menjadi sistem keamanan yang kami sangat sukai.
     
     
    TP-Link Tapo C100
    Plus
    • Proses pemasangan mudah
    • Fitur lengkap
    • Harga terjangkau
    Minus
    • Sudut pandang kamera harus diatur manual

     



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id