Plantronics Backbeat Fit 2100, Sederhana tapi Nyaman

    Cahyandaru Kuncorojati - 12 Juni 2019 10:13 WIB
    Plantronics Backbeat Fit 2100, Sederhana tapi Nyaman
    Plantronics Backbeat Fit 2100.
    Jakarta: Plantronics sebagai produsen headphone juga menyediakan seri untuk pengguna yang gemar menggunakan musik atau ingin tetap menerima panggilan telepon saat berolahraga.

    Medcom.id berkesempatan menjajal headphone nirkabel seri BackBeat Fit 2100. Dari namanya saja sudah jelas bahwa headphone digunakan sambil olahraga. Plantronics BackBeat Fit 2100 hadir dalam desain in-ear.

    Plantronics BackBeat Fit 2100 memiliki tampilan yang sangat sederhana dengan menggunakan material berlapis karet. Penggunaan material ini dari sisi estetika membuat warna terlihat tidak menarik.

    Medcom.id menggunakan Plantronics BackBeat Fit 2100 warna hitam dengan bantalan karet in-ear berwarna merah. Di sisi lain, material karet membuatnya memiliki daya tahan terhadap air terutama dari keringat yang dihasilkan saat olahraga.

    Plantronics Backbeat Fit 2100, Sederhana tapi Nyaman

    Material ini membuat Plantronics BackBeat Fit 2100 mudah dibersihkan, mencegah tumbuhnya jamur termasuk bau tidak sedap akibat yang mungkin sering ditemukan pada headset kabel berlapis kain  sehinga menyerap keringat.

    Plantronics menyebut produk ini memiliki kemampuan sweatproof dan waterproof yang membuatnya juga aman saat digunakan berolahraga di bawah hujan.

    Mengadopsi konektivitas Bluetooth, Plantronics BackBeat Fit 2100 memilih desain headphone yang menyambung antara kiri dan kanan dengan sebuah tangkai untuk bisa melekat di atas daun telinga. Bobotnya yang ringan mungkin membuat headphone ini terasa tidak cukup melekat saat digunakan.

    Medcom.id menemukan bantalan in-ear yang terpasang membuat Plantronics BackBeat Fit 2100 cukup melekat di telinga. Meskipun begitu, kualitas audio yang diterima tidak sepenuhnya menjadi menutup pendengaran kami dari suara lingkungan sekitar.

    Plantronics Backbeat Fit 2100, Sederhana tapi Nyaman
    Dalam situs resminya, Plantronics memang sengaja membuat kualitas audio Plantronics BackBeat Fit 2100 demikian. Tujuannya agar pengguna yang tengah berolahraga tetap bisa waspada dengan kondisi sekitar sehingga menjaga keselamatan penggunanya.

    Bagaimana dengan kualitas audionya? Dengan kondisi tersebut Medcom.id mendapatkan pengalaman audio yang jelas untuk menerima panggilan. Untuk mendengarkan audio seperti musik kualitasnya jernih namun biasa saja.

    Hal tersebut bisa ditolerir mengingat pengguna yang berolahraga mendengarkan musik hanya sebagai pendamping. Bukan untuk hiburan tersendiri yang akan lebih tepat menggunakan headphone khusus audiophile.

    Ada beberapa kendala yang ditemukan. Pertama adalah tombol untuk melakukan sinkronisasi Bluetooth dengan smartphone. Hal ini dilakuakn dengan menekan tombol di sisi kanan headphone.

    Plantronics Backbeat Fit 2100, Sederhana tapi Nyaman

    Dijelaskan bahwa proses sinkronisasi dilakukan dengan menekan tombol beberapa detik hingga ada perubahan warna di indikator LED. Permasalahannya indikator LED tersebut sangat kecil dan tidak mudah terlihat. Akibatnya, proses sinkronisasi malah menjadi menonaktifkan Plantronics BackBeat Fit 2100 .

    Tombol di sisi kanan headphone Plantronics BackBeat Fit 2100 bukan cuma berfungsi sebagai tombol Power dan sinkronisasi Bluetooth. Tombol ini juga memiliki fungsi untuk Play/Pause, Forward, dan Previous yang dibedakan dari jumlah klik saat ditekan.

    Sementara sisi headphone Plantronics BackBeat Fit 2100 sebelah kiri jauh lebih canggih. Bagian ini mendukung fitur tombol sentuh atau tap yang berfungsi untuk meningkatkan atau menurunkan volume audio berdasarkan durasi sentuh di bagian tersebut.

    Plantronics Backbeat Fit 2100, Sederhana tapi Nyaman

    Fungsi ini masih bisa dikustomisasi lewat aplikasi pendamping Plantronics di smartphone. Misalnya, tap sekali akan membuka akses ke layanan Siri di iPhone, atau informasi waktu, kapasitas baterai headphone dan lainnya. Fungsi berbeda bisa dialamatkan pada opsi tap dua kali.

    Medcom.id juga memanfaatkan aplikasi Plantronics di smartphone untuk melakukan sinkronisasi Bluetooth dengan Plantronics BackBeat Fit 2100. Cara ini jauh lebih mudah. Soal daya tahan baterainya, Plantronics mengklaim Plantronics BackBeat Fit 2100 bisa bertahan hingga tujuh jam.

    Plantronics BackBeat Fit 2100 memiliki kapasitas baterai sebesar 115 mAh dengan pengisian daya yang cepat 15 menit sudah mampu memberikan penggunaan selama satu jam.

    Kesimpulan
    Plantronics BackBeat Fit 2100 cukup pas bagi pengguna yang memilih menggunakan headphone nirkabel khusus olahraga ketimbang yang ribet menggunakan kabel terhubung ke smartphone. Dari sisi tampilannya memang headphone ini memiliki tampilan yang tidak menarik.

    Penggunaan bahan karet diutamakan sebagai daya tahannya yang tahan air, awet, dan tidak kusut seperti headphone biasa. Kualitas audionya sangat jernih untuk menerima atau melakukan panggilan telepon walaupun tidak kedap dari suara lingkungan sekitar.

    Di balik desainnya yang sederhana, Plantronics BackBeat Fit 2100 sangat nyaman digunakan. Tersedia fitur canggih tombol sentuh yang bisa dikonfigurasi fungsinya untuk mengakses informasi dengan cepat.

    Plantronics BackBeat Fit 2100 dibanderol mulai dari Rp1,4 juta di situs resminya. Harga yang masih terhitung untuk sebuah headphone nirkabel khusus olahraga.
     
     
     
    Plantronics Backbeat Fit 210
    Plus
    • Konektivitas nirkabel
    • Material awet berfitur sweatproof dan waterproof
    • Kualitas audio jernih untuk panggilan telepon
    Minus
    • Tampilan kurang menarik
    • Sinkronisasi Bluetooth ke smartphone sulit tanpa aplikasi




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id