• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 23 NOV 2018 - RP 51.179.914.135

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

 asus    hardware  

Review Laptop Gaming

ASUS TUF Gaming FX705, Sekelas ROG 17 Inci

Cahyandaru Kuncorojati - 06 Desember 2018 21:29 wib
ASUS TUF Gaming FX705.
ASUS TUF Gaming FX705.

Jakarta: ASUS sejak tahun ini memboyong produk-produk dari sub-brand terbaru mereka yaitu TUF Gaming ke Indonesia. TUF Gaming diposisikan ASUS sebagai segmen gaming mainstream yang lebih menonjolkan build quality dan durabilitas serta harga yang lebih terjangkau lagi dari ROG.

Kesan ini yang Medcom.id dapatkan saat sesi khusus bersama ASUS diperlihatkan laptop terbaru mereka, ASUS TUF Gaming FX505. Laptop ini dijatuhkan dari ketinggian pinggang orang dewasa, tapi bodinya masih dalam keadaan utuh dan bisa menyala tanpa masalah.

Medcom.id sendiri berkesempatan untuk melakukan pengujian performa dari saudara ASUS TUF Gaming FX505 yakni FX705. Lantas, apakah ASUS TUF Gaming FX705 bisa menyajikan pengalaman seperti sekelas laptop ASUS ROG yang lebih tinggi kastanya?

 

Desain Sederhana Tetap Berkesan Gaming


Desain ASUS TUF Gaming FX705 dari luar, atau cover di balik layarnya memang tidak semewah seri ROG. Hanya ada guratan garis diagonal dari masih-masing sudut dan di bagian tengah terdapat logo ASUS seperti laptop ASUS kelas mainstream.



Logo ASUS itu kini diberi polesan warna. ASUS TUF Gaming FX705 hadir dengan dua spesifikasi yang dibedakan dari aksen warnanya yaitu Gold Steel dan Red Matter. Menurut kami tampilannya masih mengesankan sedikit laptop gaming.

Medcom.id sendiri menjajal Red Matter yang tetap dinomasi oleh warna hitam doff dengan akses metal brush khas ASUS. Tampilan ini bisa ditrmukan hingga ke bagian dalamnya. Melihat tampilan bagian dalamnya Medcom.id cukup puas karena ukuran keyboard, trackpad dan palm rest sangat lega.



Sayangnya, edisi warna Red Matter tidak hadir dengan fitur LED RGB di backlit. Fitur tersebut hanya hadir di seri Gold Steel. Entah apa alasan ASUS membedakannya. ASUS TUF Gaming FX705 kami hanya bisa menyajikan backlit berwarna merah statis yang kecerahannya bisa diatur.

Sebelum lupa menyebutkannya, ASUS TUF Gaming hadir dengan dominasi material plastik. Material ini berbeda karena lebih kukuh. Mungkin di sini letak kehadiran sertifikasi standar militer disebut ASUS TUF Gaming.



 

Layar 17 Inci, Bezel Tipis dan Bobot Teringan di Kelasnya


ASUS TUF Gaming hadir dengan ukuran layar 17,3 inci rasio ke bodi 16:9 sehingga layarnya didesain dengan bezel tipis di sisi kanan dan kirinya. Layarnya mengusung resolusi FHD 1920x1080 60Hz dengan teknologi NanoEdge Display.

Ukuran layarnya sangat lega. Sangat puas untuk bermain game serta melakukan komputasi sehari-hari baik mengolah Microsoft Office maupun memutar konten video dan berselancar internet.



Untuk laptop dengan ukuran layar di kelas 17 inci, ASUS TUF Gaming FX705 tergolong hadir dengan bobot teringan dikelasnya yaitu sekitar 2,6kg. Dimensinya 27 mm juga tergolong ramping. Tentunya jangan disamakan dengan ASUS ROG Zephyrus.

Laptop gaming dengan layar 17 inci biasaya hadir dengan bobot hampir mendekati 3kg atau lebih, sehingga konsumen dihadapkan dilema menginginkan laptop berlayar lega tapi enggan membuat pinggang mereka sakit karena harus membawanya untuk kebutuhan sehari-hari.

 

Sistem Pendingin dan I/O Port yang Sempurna

ASUS menyebutkan bahwa ASUS TUF Gaming FX705 masih meminjam DNA dari ASUS ROG Strix, termasuk soal sistem pendingin Hypercool Technology yang menjaga suhu tidak terlalu panas.



Efeknya adalah suhu hangat bahkan tidak terasa hingga ke bagian keyboard. Selain itu, suara kipas dalam kinerja berat tergolong tidak bising meskipun bisa terasa bahwa kipas berputar cepat.

Salah satu fitur yang diambil dari ASUS ROG adalah Anti Dust Cooling. Fitur ini mencegah debu di udara yang disedot dari luar dan dipasok ke dalam dapur pacu untuk mendinginkan suhu ikut terbawa dan menumpuk dibagian dalamnya sehingga laptop akan semakin panas dan lambat beberapa tahun ke depan.

Anti-Dust Cooling memanfaatkan sebuah terowongan khusus yang bisa membuang debu dan partikel lainnya ke luar laptop. Laptop ini juga menggunakan sistem dua kipas pendingin dan heatsink untuk menjaga performanya.

Fitur lainnya tersedia HD web camera dan dukungan audio dari DTS 7.1 Channel Surround Sound yang bisa dinikmti menggunakan headphone. Kualitas audio speakernya juga tidak buruk.



Di sisi I/O Port, ASUS jeli dengan menaruh semua port di sisi kiri bodi agar tidak mengganggu penggunaan mouse pada sisi kanan laptop. Sebuah peraturan tidak tertulis dari laptop gaming.

ASUS TUF Gaming FX705 menyediakan port yang terdiri dari satu HDMI, dua USB 3.1 Gen1, satu USB 2.0, audio jack 3,5mm, dan satu RJ45. Konektivtasnya juga sudah mengikuti standar terbaru yaitu WiFi 2x2 MU-MIMO 802.11ac dan Bluetooth 5.0.



Performa
ASUS TUF Gaming FX705 edisi Red Matter yang Medcom.id uji menggunakan dapur pacu Intel Core Generasi ke-8 i7-8750H. Dibanderol harga sekitar Rp17 juta, jelas laptop gaming mainstream ini sangat menggiurkan.

Laptop ini sudah yang didukung RAM 8GB DDR4 2666MHz yang disebut masih bisa ditingkatkan lagi dan memori internal 1TB HDD plus 16GB Intel Optane Memory.

Pada sisi kartu grafis ASUS TUF Gaming FX705 dibekali NVIDIA GTX GeForce 1050 4GB. Bagi yang sudah paham, kartu grafis ini memang berada di kelas gaming mainstream. Oleh sebab itu, dalam pengujian Medcom.id tidak mengatur kualitas grafis game di tingkat ultra.

Pengujian sintetis pertama mengunakan aplikasi benchmark dan hasil skornya tergolong memuaskan untuk laptop gaming mainstream. Hal ini tidak terlepas dari dukungan prosesornya.
 
Pengujian PCMark 10 3DMark Firestrike Cinebench R15 (single) Cinebench R15 (multi)
Skor 4651 5674 177cb 1191cb

Kemudian kami melakukan pengujian untuk gaming di kualitas grafis High resolusi 1920x1080. Hasilnya seluruh game tersebut mampu berjalan lancar di framerate rata-rata 30fps. Hal ini sudah sangat baik meskipun tidak sampai 60fps.



Untuk kemampuan baterainya, Medcom.id sempat tidak menyadari bahwa laptop gaming ini ternyata cukup awet baterai untuk dibawa bertugas menulis berita di kafe tanpa terhubung ke colokan listrik.

Pengalaman yang sangat berbeda saat menggunakan laptop gaming lainnya untuk sekada mengetik dan mengakses internet. Pada pengujian baterainya menggunakan simulasi dari PCMark 8, ASUS TUF Gaming FX705 mampu bertahan hingga 4 jam 10 menit.

Durasi tersebut sangat memuaskan mengingat kebanyakan laptop gaming hanya bertahan hingga 2 jam atau mendekati 3 jam. Jadi ASUS TUF Gaming FX705 patut diacungkan jempol.


Kesimpulan
ASUS TUF Gaming FX705 menjadi senjata ampuh bagi ASUS untuk merambah segmen laptop gaming mainstream yang selama ini bagi sebagian besar gamer mungkin kurang bisa menyentuh produk ASUs ROG.

Hadir dengan desain yang jauh dari kesan ROG, ASUS TUF Gaming FX705 masih mampu menyajikan identitasnya sebagai laptop gaming. Lebih dari identitas, ASUS TUF Gaming FX705 jelas lebih mengutamakan kualitas fisik dan spesifikasi sekaligus performa yang paling juara di kelas mainstream.

Hasil pengujian menunjukkan laptop ini mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi layar yang nyaman dengan baterai yang snagat awet. Bobotnya juga tergolong ringan untuk laptop yang memiliki layar 17 inci.

Soal performa, ASUS TUF Gaming FX705 sadar diri dengan jenis kartu grafis yang dibekali. Pada akhirnya, terbukti bahwa ASUS TUF Gaming FX705 masih bisa memainkan game kelas AAA di kualitas grafis High dengan framerate rata-rata 30fps.
 
SPESIFIKASI ASUS TUF Gaming FX705
Prosesor Intel Core i7-8750H 
RAM 8GB DDR4 2666MHz
Memori Internal 1TB HDD + 16GB Intel Optane Memory
Layar 17,3 inci IPS NanoEdge Display  (16:9) FHD 1920x1080 60Hz
GPU NVIDIA GeForce GTX1050 VRAm 4GB GDDR5
Bobot 2,6kg
Dimensi 399 x 279 x 27mm
Harga Rp17.299.000
 
 
9.5
ASUS TUF Gaming FX705
Plus
  • Tampilan sederhana tapi menarik
  • Bobot teringan untuk kelas layar 17 inci
  • Pengalaman penggunaan memuaskan
  • Spesifikasi dan performa sangat mumpuni di kelasnya
Minus
  • Backlit tidak RGB



(MMI)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.