Review Smartphone

    Review Redmi 9C, Memuaskan di Harga Murah

    Cahyandaru Kuncorojati - 18 September 2020 15:58 WIB
    Review Redmi 9C, Memuaskan di Harga Murah
    Redmi 9C.
    Jakarta: Xiaomi secara resmi mengumumkan ponsel terjangkau berikutnya, Redmi 9C. Dari penamaannya sudah terlihat bahwa iya masih termasuk dalam rumpun Redmi 9, yang sampai saat ini hadir sebagai seri teranyar paling ekonomis.

    Mengacu pada penamaan dan urutan peluncuran, Redmi 9 menawarkan spesifikasi terbaik, kemudian ada Redmi 9A yang menawarkan fitur dengan harga lebih terjangkau. Redmi 9C kembali menawarkan dua hal tersebut, dan kami langsung mencoba menggunakannya, demi menemukan apa saja kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan. Berikut review Redmi 9C oleh Medcom.id.

     

    Desain

    Meskipun terjangkau, Redmi 9C hadir dengan desain kekinian. Ia menyematkan bodi polikarbonat dengan motif yang cukup menarik. Unit yang kami uji menggunakan elemen warna biru, dengan tekstur garis melengkung dengan elemen warna lebih gelap. Tekstur ini cukup terasa saat dipegang, tetapi tetap mampu memberikan kenyamanan.

    Material polikarbonat ini juga punya ketahanan yang cukup baik. Satu hal menarik yang langsung terlihat adalah model bingkai kamera belakang yang sejauh ini hanya dipakai pada jajaran ponsel premium.

    Review Redmi 9C, Memuaskan di Harga Murah

    Tiga kamera dan satu LED flash yang tersimpan dalam bingkai persegi dengan sudut yang siku yang tidak tajam, tak lupa dengan keterangan AI Camera di bawahnya. Redmi 9C juga telah menyediakan pemindai sidik jari pada sisi belakang ini, dengan bentuk melingkar yang mudah dikenali konsumen.
     
     

    Layar Redmi 9C berukuran 6,53 inci, dengan panel IPS dan resolusi HD+ atau 720 x 1200 piksel. Resolusi ini bisa dibilang sudah mulai ditinggalkan smartphone, dan beralih perlahan ke resolusi FHD.

    Review Redmi 9C, Memuaskan di Harga Murah

    Di sisi lain, spesifikasi yang terpasang juga punya andil dalam kemampuan smartphone secara keseluruhan. Layar ini tak mengandalkan desain bezel tipis, tetapi ukuran layarnya masih cukup proporsional. Anda akan menemukan bezel yang cukup terlihat pada sisi bawah, dan sedikit di di pinggir kiri dan kanan. Desain model poni untuk kamera depannya juga standar.

    Redmi 9C punya antarmuka yang memadai. Ia menyediakan jack audio 3,5mm pada pinggir atas, cukup berbeda dengan ponsel pada umumnya yang berada di pinggir bawah. Slot kartu SIM ada di pinggir kiri, dengan dukungan dua kartu dan satu slot mandiri untuk Micro SD.

    Review Redmi 9C, Memuaskan di Harga Murah

    Tombol power dan volume berada pada sisi berlawanan, dengan jeda antar tombol yang cukup besar. Sementara sisa antarmuka seperti port Micro USB, lubang speaker, dan mikrofon berada di pinggir bawa. Benar saja, Redmi 9C masih mengadopsi port Micro-USB, yang akan berpengaruh terhadap kecepatan pengisian.
     
     

    Antarmuka

    Redmi 9C langsung mengadopsi MIUI 12 yang berbasis Android 10. Kami sangat menyukai MIUI 12, desainnya memberikan rasa segar ke perangkat Xiaomi. Antarmukanya didominasi gambar atau grafik dengan efek visual.

    Selama menggunakan Redmi 9C, antarmuka ini mampu beroperasi dengan mulus untuk berbagai macam aplikasi. Ini mungkin karena kapasitas RAM yang tersedia sudah cukup untuk mendukung performa secara keseluruhan.

    Review Redmi 9C, Memuaskan di Harga Murah

    Smartphone ini tak bernasib seperti Redmi 9A, yang tak punya pemindai sidik jari. Belum selesai, ia juga sudah mendukung face recognition untuk membuka layar secara cepat. Ini memberikan penggunanya beberapa pilihan dalam menjaga smartphone mereka agar tetap aman.

    Namun, NFC menjadi fitur yang harus dihilangkan pada Redmi 9C, sama seperti Redmi 9A. Hal ini masih wajar mengingat kelas harga yang dipasang. Satu lagi fitur yang tidak kami jumpai adalah Game Booster, yang sekarang ini cukup ramai diadopsi untuk mengoptimalkan performa chipset dalam bermain game.

     

    Kamera

    Redmi 9C punya komposisi kamera belakang 13MP wide, 2MP macro, dan 2MP depth. Lensa khusus macro memungkinkan pengguna mengambil foto objek dari jarak dekat dengan kualitas cukup baik. Sejauh kami menggunakannya, hal tersebut memang terbukti, seperti yang bisa Anda lihat pada contoh foto di bawah ini.

    Review Redmi 9C, Memuaskan di Harga Murah

    Review Redmi 9C, Memuaskan di Harga Murah

    Terlihat detail objek saat mengambil foto bunga dengan jarak yang cukup dekat mampu menampilkan elemen warna dan akurasi detail yang cukup baik, terutama untuk smartphone di harga terjangkau. Mode macro tersedia secara khusus, tetapi Anda juga bisa mengambil foto dengan teknik ini secara langsung, ditambah dengan mengaktifkan AI yang dapat meningkatkan kualitas foto.
     
     

    Sementara untuk pengambilan foto standar, Redmi 9C punya hasil yang memuaskan. Anda harus memastikan dalam mengambil foto dengan kualitas terbaik haruslah memanfaatkan pencahayaan yang cukup.

    Review Redmi 9C, Memuaskan di Harga Murah

    Review Redmi 9C, Memuaskan di Harga Murah

    Review Redmi 9C, Memuaskan di Harga Murah

    Cahaya di luar ruangan pastinya akan memberikan hasil maksimal, sementara cahaya dalam ruangan harus punya kriteria tertentu demi mendapatkan hasil foto yang setara. Ia juga telah dilengkapi fitur HDR, yang akan berguna saat mengambil foto dalam beberapa kondisi. Tak lupa juga dengan kemampuan beautify yang sudah menjadi fitur standar.

     

    Performa

    Sebagai ponsel dengan harga terjangkau, Redmi 9C menghadirkan spesifikasi yang masih menarik. Ia ditenagai chipset MediaTek Helio G35, berduet RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB. Memori internal ini masih bisa ditambah dengan Micro SD, cocok untuk Anda yang banyak menyimpan foto atau data lainnya.

    Chipset MediaTek ini dirancang untuk gaming kelas terjangkau, sehingga masih cocok untuk memainkan beberapa game populer konsumsi baterai yang ditawarkan chipset ini juga terlihat cukup irit. Di sisi lain, Anda tidak bisa memainkan game tersebut dalam pengaturan grafis terbaik.
     
     

    Redmi 9C bisa melampaui skor PCMark beberapa smartphone pesaingnya. Skor ini bisa berubah tergantung pengujian yang dijalankan. Ia bahkan bisa mengalahkan Redmi 9A yang sudah lebih dulu hadir. Namun, dalam penggunaan sehari-hari, perbedaannya tidak akan terasa.

    Review Redmi 9C, Memuaskan di Harga Murah

    Selama penggunaan, smartphone ini bisa mengoperasikan berbagai aplikasi yang dipakai dengan sangat lancar. Tak ada panas yang mengganggu saat bermain game atau menonton film. Bermain game seperti PUBG Mobile hanya bisa berjalan secara optimal pada pengaturan paling rendah.

    Jika ingin mendapatkan pengalaman bermain optimal di Redmi 9C, ada baiknya untuk tidak mengubah pengaturan grafis bawaan. Untuk daya tahan baterai, Redmi 9C sanggup dipacu hingga 14 jam, masih proporsional untuk ponsel dengan baterai 5.000 mAh. Ini berarti Anda tak perlu khawatir harus mengisi baterainya dua kali dalam satu hari.

    Review Redmi 9C, Memuaskan di Harga Murah

    Namun, daya tahan ini tidak diimbangi dengan dukungan pengisian daya cepat yang pas, salah satu faktor utamanya adalah adopsi port Micro-USB, yang mulai ketinggalan dalam mendukung fitur pengisian cepat. Smartphone ini mendukung pengisian daya 10W, yang akan terasa cukup lama ketika mengisi baterai 5.000 mAh.

    Kesimpulan
    Redmi 9C hadir dengan desain menarik dan harga menggiurkan. Ia dipatok Rp1.449.000 untuk versi RAM 3GB dan memori 32GB, dan Rp1.649.000 untuk varian 4GB/64GB. Bodi polikarbonat dirancang semenarik mungkin agar penggunanya percaya diri, ditambah dengan perfroma yang memandai untuk menjalankan aplikasi esensial seperti media sosial dan game.

    Daya tahan baterainya juga cukup baik, sehingga pengguna tak perlu repot membawa powerbank. Ia juga punya kemampuan kamera yang layak untuk diunggah ke Instagram, atau bahkan TikTok jika penggunanya ingin memamerkan konten berupa video.

    Di sisi lain, selalu ada konsekuensi dari smartphone dengan harga murah. Redmi 9C masih belum mendukung port USB-C, yang sejatinya berperan penting dalam dukungan pengisian daya cepat. Mungkin saja, setelah Redmi 9 series, konsumen akan melihat jajaran smartphone terjangkau yang sudah mengadopsi port ini, mengingat USB-C juga semakin populer.

    Ketiadaan NFC tampaknya menjadi kekurangan kedua. Namun sebenarnya, penetrasi penggunaan NFC untuk konsumen yang mengeluarkan dana untuk membeli smartphone di harga ini, belum punya pertumbuhan signifikan.
     
    Spesifikasi  Redmi 9C
    Prosesor MediaTek Helio G35
    GPU PowerVR GE8320
    OS Android 10 MIUI12
    RAM  3GB / 4GB
    Memori Internal 32GB / 64GB
    Kamera Belakang 13MP+2MP+2MP
    Depan 5MP
    Baterai 5.000 mAh
    Layar  6,53 inci IPS HD+
    Harga Rp1.399.000 (3/32GB)
    Rp1.599.000 (4/64GB)
     
     
    8
    Redmi 9C
    Plus
    • Desain bodi menarik
    • Daya tahan baterai bagus
    • Fitur face recognition di harga murah
    Minus
    • Micro-USB
    • Game Booster

     

    (MMI)
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id