Review Keyboard

    Razer Blackwidow V3 Tenkeyless, Menarik dan Ringkas

    Cahyandaru Kuncorojati - 04 Maret 2021 18:13 WIB
    Razer Blackwidow V3 Tenkeyless, Menarik dan Ringkas
    Razer Blackwidow V3 Tenkeyless.



    Jakarta: Kebutuhan keyboard gaming sangat mutlak bagi gamer hardcore di platform PC. Perangkat ini biasanya dilengkapi dengan memori yang bisa menyimpan konfigurasi sang pemilik untuk masing-masing game favoritnya.

    Tidak heran apabila ada sebagian gamer yang rela membawa ke manapun keyboard gaming di dalam tas mereka khususnya bagi mereka yang menggemari bermain game kompetitif alias esports.






    Makanya merek aksesori gaming seperti Razer sampai merilis dua varian produknya, misalnya keyboard gaming Razer Blackwidow V3 yang hadir dengan form factor full-size serta versi tenkeyless. Medcom.id sempat mengulas versi dengan ukuran full-size tapi kami juga kedatangan versi tenkeyless.

    Razer Blackwidow V3 Tenkeyless, Menarik dan Ringkas

    Sesuai namanya, Razer Blackwidow V3 Tenkeyless hadir dengan tanpa deretan tombol Numpad di bagian sisi kanan keyboard. Jadi membuat perangkat ini punya desain yang lebih compact alias ringkas atau pendek.

    Razer Blackwidow V3 Tenkeyless hadir dengan balutan warna hitam yang tentunya memiliki backlit RGB. Perangkat ini punya bobot yang ringan tapi build quality yang bagus alias kokoh sehingga akan awet untuk penggunaan jangka panjang.

    Namun di sini juga ditemukan beberapa kekurangan yaitu keycap Razer Blackwidow V3 terasa kasar jadi terasa berbeda dari keyboard gaming merek mahal atau terkenal. Konektivitas kabel yang disediakan tidak menggunakan model braided yang menurut kami mudah rusak atau terkoyak serta gampang kusut.

    Razer Blackwidow V3 Tenkeyless, Menarik dan Ringkas

    Terlepas dari kekurangan tersebut Razer Blackwidow V3 Tenkeyless memang terlihat seperti keyboard gaming premium. Medcom.id langsung menjajal perangkat ini ke testbed milik kami.

    Saat terhubung ke testbed PC Medcom.id, keyboard gaming Razer Blackwidow V3 Tenkeyless langsung menyajikan opsi untuk memasang software pendamping sekaligus konfigurasi yaitu Razer Synapse.

    Razer Blackwidow V3 Tenkeyless, Menarik dan Ringkas

    Razer Synapses memiliki tampilan yang dipoles sehingga enak dilihat dan navigasi yang mudah dipahami. Di sini Anda bisa melakukan konfigurasi fungsi macro dan sebagainya termasuk efek RGB.

    Sayangnya Razer Blackwidow V3 Tenkeyless tidak memiliki on-board memory sehingga pengguna tidak bisa menyimpan konfigurasi yang sudah dibuat tanpa harus mengakses software Razer Synapse saat terhubung ke perangkat berbeda.

    Hal tersebut adalah nilai plus karena pengguna tidak perlu lagi harus mengunduh software secara terpisah seperti dari situs resmi produk. Di sini pengguna bisa menolak memasang software Razer Synapse tapi hal ini membuat fitur dan fungsinya tidak maksimal.

    Di bagian bawah keyboard tersedia jalur untuk routing kabel sehingga bisa terlihat rapi di hadapan penggunanya. Di bagian kaki penyangga tersedia dua jenis yang dibedakan berdasarkan sudut kemiringan atau ketinggiannya.

    Razer Blackwidow V3 Tenkeyless, Menarik dan Ringkas

    Fitur ini adalah kelebihan lain yang menarik karena memberikan kenyamanan bagi pengguna. Soal pengalaman menggunakannya Razer Blackwidow V3 Tenkeyless menggunakan Razer Green Mechanical Switch yang terasa tacticle dan suara clicky yang terdengar kencang.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 5 5600X
    Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  Team Dark Alpha Z, T-Force Xtreem ARGB
    VGA  Zotac Gaming GeForce RTX 3070 Twin Edge, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
    Storage WD Black SN750 1TB, TeamGroup MP34 1TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id keyboard gaming Razer Blackwidow V3 Tenkeyless jelas menawarkan tampilan yang premium namun masih ada kekurangan yang bisa ditemukan. Jadi produk ini bukan satu-satunya keyboard gaming terbaik di pasar.

    Di Indonesia Razer Blackwidow V3 Tenkeyless dibanderol harga Rp1.599.000. Harga tergolong kompetitif untuk sebuah keyboard gaming dari merek ternama.
     
    9
    Razer Blackwidow V3 Tenkeyless
    Plus
    • Tampilan premium
    • Desain ringkas dan build quality bagus
    • Kinerja tombol responsif
    • Kaki penyangga ergonomis
    Minus
    • Desain keycap kasar
    • Kabel bukan jenis braided
    • Tidak ada on-board memory

     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id