Review Air Purifier

    Review Xiaomi Mi Air Purifier 3C, Kualitasnya Tidak Murahan

    Cahyandaru Kuncorojati - 30 November 2020 14:55 WIB
    Review Xiaomi Mi Air Purifier 3C, Kualitasnya Tidak Murahan
    Xiaomi Mi Air Purifier 3C.
    Jakarta: Xiaomi sudah dikenal memiliki jajaran produk teknologi yang beragam bukan cuma smartphone. Kini mereka semakin percaya diri untuk memasarkannya di Indonesia, misalnya seperti produk pembersih udara atau air purifier yang Medcom.id uji coba.

    Medcom.id berkesempatan untuk mencoba Mi Air Purifier 3C. Pertama, membahas desainnya memang produk ini punya tampilan yang menarik dan tidak murahan meskipun dibanderol di harga sangat terjangkau untuk sebuah air purifier yaitu hanya Rp1,799.000.

    Saat melebih lebih dekat dan menggenggamnya baru akan terasa bahwa produk ini berbeda dengan air purifier yang harganya belasan juta Rupiah. Namun build quality Xiaomi Mi Air Purifier 3C masih termasuk bagus.

    Desain
    Desain Mi Air Purifer 3C buatan Xiaomi sangat elegan sehingga menurut Medcom.id cocok untuk beragam gaya interior ruangan. Ada sejumlah lubang di empat sisinya yang berfungsi menyedot udara kotor dari luar. Kemudian udara bersih yang sudah disaring akan dihembuskan lewat lubang kipas di bagian atas.

    Review Xiaomi Mi Air Purifier 3C, Kualitasnya Tidak Murahan

    Mi Air Purifier 3C bisa dibersihkan dengan mudah. Ada sebuh tombol pengunci di sisi kanan dan kiri yang digunakan untuk membuka bagian dalamnya. Kami menemukan sebuah komponen seperti drum yang berfungsi sebagai penyaring udara.

    Bukan sekadar menyaring udara kotor dan menghasilkan udara bersih dengan sederhana. Xiaomi Mi Air Purifier 3C menggunakan filter udara standar True HEPA. HEPA adalah standar internasional untuk penyaringan udara standar tinggi.

    Xiaomi mengklaim Mi Air Purifier 3C bisa bekerja optimal untuk menghasilkan udara bersih hingga ruangan berukuran 106 meter persegi. Ukuran ini termasuk sangat luas. Proses penggantian filter penyaring di dalamnya juga mudah.

    Review Xiaomi Mi Air Purifier 3C, Kualitasnya Tidak Murahan

    Satu hal yang perlu diperhatikan adalah drum filter penyaring tadi harus diganti saat usianya menurut aplikasi Xiaomi sudah termasuk kotor dan tidak optimal. Ini akan kami bahas lebih jauh di bagian aplikasi pendamping.

    Fitur
    Kemudian masih membahas perangkat Mi Air Purifier 3C pada bagian depan akan terdapat panel layar LED. Fitur ini akan menampilkan kualitas udara lewat tiga lampu indikator. Warna hijau menandakan kualitas udara bersih dan merah adalah sangat kotor.

    Di sini juga diperlihatkan indikator seperti mode kinerja misalnya mode otomatis atau konfigurasi lewat aplikasi. Mode otomatis akan membuat kecepatan putar disesuaikan dengan tingkat kebersihan udara. Semakin kotor udara maka kipasnya berputar semakin kencang untuk menyedot dan menghasilkan udara bersih.

    Review Xiaomi Mi Air Purifier 3C, Kualitasnya Tidak Murahan

    Kinerja ini juga akan disesuaikan dengan ukuran ruangan lewat mode konfigurasi di aplikasi pendamping. Apakah suara kipasnya bising? Di kecepatan paling maksimal suara bising kipasnya bisa seperti kipas laptop gaming namun hal ini masih bisa kami tolerir karena tidak mengganggu saat tidur.

    Fitur untuk bisa terhubung ke aplikasi pendamping di smartphone menggunakan koneksi WiFi ke Mi Air Purifier 3C. Proses konfigurasi koneksi WiFi yang dibutuhkan menurut Medcom.id sangat mudah. Di bagian atas dekat kipas terdapat dua tombol yang berfungsi sebagai tombol Power dan pairing WiFi serta tombol pengaturan mode kinerja.

    Aplikasi Pendamping
    Xiaomi Mi Air Purifier 3C bisa dikendalikan lewat aplikasi Mi Home dan dapat diperintah lewat asisten suara seperti Google dan Alexa. Makanya air purifier ini tergolong canggih.

    Selama air purifier tersambug ke listrik Anda bisa mengaktifkannya hanya lewat aplikasi termasuk menjadwal waktu untuk menyala dan nonaktif. Di sini juga tersedia informasi mengenai sisa usia filter di dalamnya yaitu usianya sekitar 145 hari.

    Review Xiaomi Mi Air Purifier 3C, Kualitasnya Tidak Murahan

    Di mode konfigurasi manual, pengguna bisa menyesuaikan ukuran ruangan yang akan langsung disesuaikan ke kecepatan kipas penyaring. Di sini ada mode Parental Control yang berfungsi untuk menonaktifkan fungsi tombol fisik di Mi Air Purifier 3C jadi tidak akan berubah saat disentuh oleh anak.

    Sayangnya, keamanan masih jadi perhatian serius. Celah dari lubang kipas di bagian atas masih bisa menjadi lubang masuk beragam benda berukuran kecil yang mungkin dimainkan anak Anda misalnya pensil. Makanya Anda tetap harus mendampingi anak saat menggunakan perangkat ini.

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id produk Mi Air Purifier 3C dari Xiaomi bisa jadi solusi bagi Anda yang membutukan produk pembersih udara dalam ruangan tapi dengan dana terbatas.

    Berdasarkan penelusuran Medcom.id harga baru filter penyaring di dalamnya di kisaran harga Rp300.000 yang masih cukup terjangkau karena proses penggantian hanya enam bulan sekali atau maksimal setelah setiap 12 bulan.
     
    9.5
    Xiaomi Mi Air Purifier 3C
    Plus
    • Desain ringkas, built quality bagus
    • Mudah digunakan, proses konfigurasi mudah
    • Penggantian filter mudah dilakukan
    Minus
    • Bagian kipas rentan masuk benda asing


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id