comscore

Mencoba Router WiFi 6 Harga Rp1,5 Juta Asus RT-AX55

Cahyandaru Kuncorojati - 20 April 2022 17:02 WIB
Mencoba Router WiFi 6 Harga Rp1,5 Juta Asus RT-AX55
Router WiFi 6 Asus RT-AX55.
Jakarta: Dukungan teknologi koneksi WiFi 6 sudah bisa banyak ditemukan, mulai dari smartphone hingga PC dan laptop. Standar teknologi jaringan terbaru ini memang diklaim menyediakan kecepatan lebih kencang dan kapasitas perangkat yang terhubung lebih banyak.

Tidak heran apabila Anda kini melihat semakin banyak router WiFi yang menawarkan teknologi tersebut, salah satunya adalah Asus RT-AX55 yang menawarkan koneksi WiFi 6 AX1800 Dual Band.
Sesuai dengan namanya, router WiFi 6 ini menawarkan konektivitas dual band yaitu 2,4GHz dan 5GHz, masing-masing menyediakan bandwidth kecepatan hingga 574Mbps dn 1201MBps jadi di atas kertas router ini bisa menyediakan throughput atau kecepatan internet hingga 1800Mbps.

Sama dengan router dual band lain, Asus RT-AX55 menyediakan fitur untuk memisahkan atau menyatukan konektivitas 2,4GHz dan 5GHz. Di sini juga ada kemampuan cerdas yang langsung otomatis membaca dan mengatur perangkat yang terhubung, misalnya saat butuh koneksi bermain game online maka perangkat akan disambungkan ke channel 5GHz.

Mencoba Router WiFi 6 Harga Rp1,5 Juta Asus RT-AX55

Teknologi MU-MIMO dan OFDMA memungkin transfer data di koneksi internet berlangsung secara simultan antara sent-received. Hal ini yang memungkinkan koneksi internet dengan beberapa perangkat sekaligus pada Asus RT-AX55 tidak terasa lambat.

Bagi mereka yang membutuhkan koneksi kabel LAN atau wired agar lebih stabil tersedia empat port RJ45 Gigabits BaseT, sementara untuk jangkauan sinyal WiFi yang kuat router Asus RT-AX55 mengandalkan empat antena.

Mencoba Router WiFi 6 Harga Rp1,5 Juta Asus RT-AX55

Soal desainnya, Asus RT-AX55 tampaknya masih mempertahankan form factor router klasik yaitu desain yang lebar ke samping dengan empat antena di bagian belakang. Hal tersebut mungkin membuat desainnya kurang cocok dengan interior ruangan rumah apabila ditaruh di atas meja.
 

Fitur dan Performa Router

Sebelum bicara fitur, terlebih dulu kita bahas proses pengaturan awal. Router Asus RT-AX55 sudah mendukung aplikasi mobile Asus Router. Di sini proses pengaturan awal sangat mudah dengan panduan sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama.

Mencoba Router WiFi 6 Harga Rp1,5 Juta Asus RT-AX55

Tidak hanya jadi aplikasi pemandu saja, Asus Router juga bisa digunakan untuk kendali jarak jauh ke sejumlah fitur umum router misalnya VPN dan lainnya. Asus RT-AX55 juga bisa terintegrasi dengan sistem Alexa maupun Google Assistant.

 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-12900K
Motherboard  MAG Z960 Tomahawk WiFi
RAM  Kingston Fury Beast DDR5 16GB (2x8GB)
VGA  Nvidia GeForce RTX 3070 Ti Reference
Pendingin  Asus ROG Strix LC II 360 ARGB
Storage WD Black SN770 1TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Sesuai dengan standar router terkini, Asus RT-AX55 sudah menyediakan paket perlindungan dari TrendMicro. Di aplikasi Asus Router pada smartphone Anda bisa melihat jumlah serangan via internet ke jaringan Anda yang berhasil diblokir termasuk saat perangkat yang terhubung mengakses ke situs berbahaya.

Mencoba Router WiFi 6 Harga Rp1,5 Juta Asus RT-AX55

Hal yang paling menyenangkan dan dibutuhkan dari router sebagai perangkat penyedia WiFi adalah fitur untuk bisa mengendalikan siapa yang bisa terhubung dan kapan. Fitur tersebut sangat penting terutama saat Anda memiliki anak-anak yang sudah melek gadget, router Asus RT-AX55 juga menyediakan fitur untuk memblokir akses situs tertentu.

Internet kencang memang identik untuk kebutuhan bermain game yang stabil namun di sisi lain juga ada jenis kebutuhan yang berbeda misalnya streaming atau video conference. Prioritas konektivitas router Asus RT-AX55 juga bisa diatur secara mudah lewat aplikasi mobile Asus Router.

Jadi saat Anda ingin memprioritaskan koneksi internet untuk streaming film maka secara otomatis router Asus RT-AX55 bisa mengenali perangkat mana yang membutuhkan koneksi dan bandwidth internet lebih cepat dan besar.

Kami menguji Asus RT-AX55 di bangunan rumah dua lantai, kualitas kekuatan sinyal terpantau masih mencapai tiga baris menurut smartphone yang terhubung dan sudah mendukung koneksi WiFi 6. Soal kecepatan internetnya, hal ini tergantung dengan paket langganan WiFI yang Anda pilih namun di kami kualitas koneksinya tergolong cepat.

Kesimpulan
Menurut kami router Asus RT-AX55 menawarkan fitur yang cukup lengkap untuk sebuah router WiFi 6. Harganya yang mungkin menurut Anda agak tinggi untuk sebuah router sebenarnya pantas menjadi alternatif apabila dana belum mencukupi untuk menjajal perangkat router model Mesh WiFi. Kemampuan tersebut juga membuat Asus berani mengklaim bawah ini adalah salah satu router WiFi 6 terbaik di kelasnya.
 
 
9
Asus RT-AX55
Plus
  • WiFi 6 dan kualitas performa memuaskan
  • Integrasi ke aplikasi mobile
  • Fitur cukup lengkap
Minus
  • Desain masih form factor router biasa


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id