Review Smartphone

    Samsung Galaxy M32: Layar Pemanja Mata

    Lufthi Anggraeni - 27 Agustus 2021 17:50 WIB
    Samsung Galaxy M32: Layar Pemanja Mata
    Samsung Galaxy M32.



    Jakarta: Smartphone lini Galaxy M karya Samsung mungkin lebih dikenal sebagai lini perangkat yang menawarkan dukungan kapasitas baterai besar. Namun, perkembangan teknologi dan permintaan konsumen turut mendorong Samsung menghadirkan kecanggihan lain pada seri ini.

    Salah satunya pada model Galaxy M32 ini, yang masih mengunggulkan baterai berkapasitas besar, namun juga didukung sejumlah fitur dan keunggulan lain, seperti layar Infinity-U, Multi Camera System, One UI versi 3.1 dan Anda Android versi 11.

     



    Bagaimana pengalaman penggunaan yang ditawarkannya? Simak ulasan berikut.
     

    Desain

    Menyoal desain, Galaxy M32 masih hadir dengan desain layar serupa sejumlah perangkat karya Samsung terdahulu, dengan desain berponi serupa huruf U, atau disebut Samsung dengan Infinity-U.

    Di bagian belakang, Anda akan menemukan pola garis vertikal yang menghiasi bodi berbahan plastik mengkilat, yang akan menampilkan pendaran warna pelangi di sudut tertentu saat terpapar sinar. 

    Samsung Galaxy M32: Layar Pemanja Mata

    Mengusung bahan plastik mengkilat artinya Anda harus lebih berhati-hati dan lebih rajin membersihkan bodi belakang ponsel ini, guna menjaga keindahannya tidak berkurang akibat noda sidik jari.

    Di bagian belakang smartphone, Anda juga akan menemukan empat kamera yang tersemat di ruang khusus berbentuk persegi dan sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan bodi lain di bagian belakang ponsel.

    Baterai berkapasitas besar memang menjadi salah satu keunggulan utama dari ponsel ini, dan keunggulan ini kerap dikaitkan dengan bobot perangkat. Meskipun demikian, Samsung Galaxy M32 ini tidak terasa berat saat digunakan, termasuk saat dengan satu tangan.

    Samsung Galaxy M32: Layar Pemanja Mata

    Bodi perangkat ini juga menyuguhkan kenyamanan dan kesan mantap saat digenggam. Selain itu, ukuran bodi Galaxy M32 ini juga tergolong pas saat dimasukan ke dalam saku celana. Sementara itu di sisi kanan, Anda akan menemukan tombol daya dan volume yang saling berdampingan.

    Namun, sedikit berbeda dari sebagian besar smartphone di pasar, Samsung menyematkan tombol volume di atas tombol daya, sehingga letaknya lebih tinggi dan menimbulkan kebingungan saat digunakan pertama kali bagi Anda yang tidak terbiasa dengan posisi ini.

    Samsung Galaxy M32: Layar Pemanja Mata

    Slot kartu SIM dan microSD dapat Anda temukan di sisi kiri atas perangkat, sedangkan port USB-C yang diapit oleh jack headphone 3.5mm dan lubang speaker terdapat di sisi bawah ponsel cerdas ini.
     

    Antarmuka dan Fitur

    Samsung Galaxy M32 hadir dengan antarmuka pengguna One UI generasi terbaru, 3.1, dan berbasis Android 11, menawarkan pengalaman navigasi familiar. Namun, perangkat ini berbekal aplikasi bawaan dalam jumlah banyak yang tentunya berpengaruh pada kapasitas memori perangkat.

    Sejumlah aplikasi ini dapat diuninstal langsung setelah Anda menggunakan perangkat, sehingga dapat mengurangi kesan penuh pada laci aplikasi Galaxy M32 ini. Selain itu pada perangkat ini, Samsung juga menghadirkan fitur Game Launcher, memungkinkan Anda memainkan game tanpa gangguan.

    Samsung Galaxy M32: Layar Pemanja Mata

    Sebab fitur ini memungkinkan Anda untuk memblokir notifikasi yang hadir dan gestur yang tidak diinginkan saat bermain game. Fitur Game Launcher ini juga memberikan opsi untuk mengelompokan game yang terpasang di perangkat dalam folder yang sama.

    Salah satu fitur yang diunggulkan Samsung pada Galaxy M32 adalah layar, dengan panel Super AMOLED dan beresolusi Full HD+. Layar berukuran 6,4 inci dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 ni juga didukung refresh rate 90Hz.

    Dengan fitur ini, Anda dapat menikmati tampilan gambar konten dengan lebih menyenangkan, meski Samsung tidak membekali Galaxy M32 ini dengan pengaturan adaptif untuk fitur refresh rate ini, sehingga layar tidak dapat menyesuaikan refresh rate dengan kegiatan yang Anda lakukan.
     

    Kamera

    Samsung Galaxy M32 hadir dengan empat kamera belakang, terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 2MP dan depth sensor 2MP. Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 20MP.

    Kinerja kamera utamanya cukup baik untuk pengambilan gambar di tempat dengan cahaya melimpah. Kamera smartphone ini juga tidak terlalu mengecewakan untuk hasil foto dalam kondisi pencahayaan redup, meski noise dapat terlihat jika Anda memperhatikan secara seksama.

    Samsung Galaxy M32: Layar Pemanja Mata

    Samsung Galaxy M32: Layar Pemanja Mata

    Samsung Galaxy M32: Layar Pemanja Mata

    Samsung Galaxy M32: Layar Pemanja Mata

    Hal ini dapat Anda tangani dengan memanfaatkan Night Mode yang tersedia di kamera perangkat ini, meski saat menggunakannya, Anda harus memegangnya dengan stabil sebab kamera membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

    Kamera depannya juga mampu menghadirkan hasil foto baik dengan akurat warna lebih detail. Kamera depan ini juga dibekali dengan mode beautification yang memungkinkan Anda mempercantik tampilan pada hasil foto.
     

    Performa

    Mengandalkan chipset MediaTek Helio G80, RAM 8 GB dan ruang penyimpanan internal 128 GB, Samsung Galaxy M32 ini mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan sehari-hari, seperti menjelajahi media sosial, peramban, dan galeri berisi beberapa gambar.

    Smartphone ini mampu memainkan game PUBG Mobile ini lancar baik pada pengaturan HDR, Balance atau HD, dengan pengaturan grafis HD dan frame rate High sebagai pengaturan default game.

    Sayangnya, smartphone ini tidak mendukung pengaturan grafis HDR dan lainnya yang lebih tinggi. Ponsel ini juga kami uji menggunakan aplikasi benchmark seperti PCMark dan 3DMark for Android.

    Samsung Galaxy M32: Layar Pemanja Mata

    Pada pengujian melibatkan 3DMark Slingshot Extreme OpenGL, Samsung Galaxy M62 memperoleh skor sebesar 1.363. Sedangkan pada pengujian yang melibatkan 3DMark Slingshot, smartphone ini memperoleh skor 1.673.

    Sedangkan pada pengujian melibatkan PCMark Work 3.0, memperoleh skor 6.242. Menyoal baterai, Samsung membekali Galaxy M12 dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, yang dapat bertahan hingga tiga sampai empat hari dalam satu kali pengisian daya.

    Samsung Galaxy M32: Layar Pemanja Mata

    Pada aplikasi PCMark, smartphone ini mampu bertahan selama 13 jam 15 menit. Dengan dukungan teknologi super fast charging 25W, baterai perangkat ini dapat terisi dari 15 persen hingga 100 persen dalam kurun waktu selama sekitar 1 jam 40 menit.

    Kesimpulan
    Dengan bekal baterai berkapasitas sebesar 5.000 mAh yang diunggulkannya, Samsung Galaxy M32 dapat digunakan selama berjam-jam, sesuai untuk mendampingi Anda melakukan berbagai aktivitas tanpa khawatir kehabisan daya saat tidak diinginkan.

    Selain itu, pengisian daya smartphone ini tergolong cepat atau jika dapat dikatakan standar untuk ukuran baterai 5.000 mAh. Layar Super AMOLED beresolusi Full HD+, refresh rate 90Hz juga menyuguhkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan.

    Performa multitasking ponsel cerdas ini juga cukup dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari, meski kurang maksimal untuk gaming tingkat kompetitif. Sebagai informasi, Galaxy M32 ditawarkan kisaran harga Rp3 jutaan.
     
    Spesifikasi Samsung Galaxy M32
    Prosesor Mediatek Helio G80 12nm
    GPU Mali-G52 MC2
    OS Android 11, One UI 3.1
    RAM 8 GB
    Memori Internal   128GB
    Kamera Belakang 64MP+8MP+2MP+2MP, Depan 20MP
    Baterai 5.000mAh 
    Layar Super AMOLED 6,4 inci, 1080 x 2400 pixels, 20:9
    Harga Rp3.299.000
     
    8
    Samsung Galaxy M32
    Plus
    • Refresh Rate 90Hz
    • Baterai Besar
    • Kamera baik di pencahayaan terang
    Minus
    • Bodi belakang mudah kotor oleh noda sidik jari
    • Speaker mono
    • Tidak ada pengaturan adaptif untuk fitur refresh rate 


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id