Review Keyboard

    Dareu A840, Keyboard Gaming Menarik dan Penuh Potensi

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 16 November 2020 13:49 WIB
    Dareu A840, Keyboard Gaming Menarik dan Penuh Potensi
    Dareu A840



    Jakarta: Dareu dikenal sebagai produsen peripheral yang menyasar konsumen kelas menengah. Jika mendengar merek baru, umumnya konsumen Indonesia memandangnya dengan sebelah mata. Ini karena reputasinya secara global tak sebesar pemain lama, sebut saja Razer, Logitech, atau Corsair.

    Namun, seiring dengan bertambahnya jam terbang, mereka terlihat semakin inovatif dan berani menciptakan hal baru. Salah satu pembuktian ini adalah keyboard Dareu A840. tak lagi bermain di kelas terjangkau, keyboard ini bisa dibilang salah satu produk paling “berani” yang pernah mereka ciptakan. Keyboard ini sudah datang di meja pengujian Medcom.id, dan impresi awal kami sangat positif.






    Dareu A840 adalah keyboard mekanik yang menggunakan komponen Cherry MX. Unit pengujian yang kami terima menggunakan red switch, yang umumnya hadir untuk menemani penggunanya bermain game. Komponen switch buatan merek ternama tentunya harus dibarengi dengan kualitas material yang baik, dan keyboard ini berhasil membuktikannya.

    Dareu A840, Keyboard Gaming Menarik dan Penuh Potensi

    Dareu A840 menggunakan material campuran metal dan plastik, dengan material metal berada di dasar keyboard, dan material plastik membungkus alas dan semua tombolnya. Tak seperti keyboard lain, setiap tombol menggunakan lapisan plastik bertekstur cenderung matte, yang ternyata punya daya tahan lebih baik dibanding tekstur glossy.

    Selain lebih awet, ia juga tak mudah kotor akibat keringat atau debu yang menempel, sehingga pada dasarnya ia tak perlu dibersihkan secara serius dalam waktu yang cukup lama. Sesekali Anda mungkin masih harus membersihkan debu yang berada di sela tombol atau antar kelompok tombol. Namun, hal ini juga bisa saja jarang Anda lakukan.

    Ini karena ada satu fitur unik yang terpasang pada Dareu A840. Keyboard ini dilengkapi pelapis tambahan yang cukup tebal dan bagus pada bodinya. Pelapis ini juga memberikan alternatif pilihan untuk pengguna yang terbiasa menggunakan keyboard dengan model tombol menonjol dari bodinya, atau ingin punya keyboard dengan tampilan klasik yang identik dengan pinggiran tombol terlindung.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 7 3800XT
    Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
    Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Pelapis ini terpasang menggunakan magnet, sehingga ia bisa mudah dilepas. Saya sendiri lebih menyukai penggunaan pelapis ini karena kesannya sebagai keyboard yang tebal. Selain itu, bodi keyboard ini juga lebih terlindung dari kotoran atau debu. Pelapis ini juga menggunakan motif yang sama dengan tombolnya.

    Hal menarik berikutnya yang kami lihat pada Dareu A840 adalah kaki penyangga yang dapat dipasang dalam dua pilihan. Di balik kaki penyangga ini ada satu penyangga tambahan yang dapat mengurangi sudut keyboard. Bisa dibilang ini model penyangga yang unik karena biasanya kaki penyangga keyboard dapat disetel dengan dua sampai tiga macam sudut.

    Dareu A840, Keyboard Gaming Menarik dan Penuh Potensi

    Penggunaan model kaki besar dan kecil pada keyboard ini memungkinkan sudut yang lebih tepat berkat ukurannya yang sama sekali berbeda. Untuk pengoperasiannya, ia memanfaatkan kabel USB-C, yang dinilai cocok untuk mendukung transmisi perintah secara cepat. Begitu terpasang, kabel ini dapat diatur dengan jalur yang sudah tersedia pada bodi keyboard.

    Kabel dapat menjulur langsung di tengah seperti pada umumnya, atau ke kanan dan ke kiri. Satu kekurangan yang kami lihat adalah kabel ini belum dirancang braided layaknya kabel khusus untuk keyboard gaming.

    Dareu A840, Keyboard Gaming Menarik dan Penuh Potensi


    Kesimpulan
    Pengalaman penggunaan kami membuktikan bahwa Dareu A840 punya kualitas yang memadai. Anda tak akan merasakan perbedaannya jika diadu dengan merek besar lainnya, dan ia dapat menghadirkan pengalaman gaming yang tak kalah bagusnya.

    Jenis game apapun, baik itu RPG, strategi, FPS, atau action, keyboard ini dapat menunjang semua perintah yang Anda berikan. Pengoperasiannya juga mudah karena ia tak menggunakan software tambahan. Dareu A840 hanya menyediakan satu backlit warna Ice Blue yang nyaman dipandang mata, tetapi ini sudah lebih dari cukup, bahkan sangat baik untuk beberapa fitur unik sebuah keyboard. Untuk pasar Indonesia, harga Dareu A840 adalah Rp1.250.000, kompetitif di kelasnya.
     
     
    9.5
    Dareu A840
    Plus
    • Punya dua model
    • Kualitas material bagus
    • Kaki penyangga unik
    • Warna backlit spesial
    Minus
    • Kabel tak braided


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id