Review SSD

    Begini Performa TeamGroup MP34 M.2 NVMe SSD

    Cahyandaru Kuncorojati - 15 Februari 2021 18:39 WIB
    Begini Performa TeamGroup MP34 M.2 NVMe SSD
    TeamGroup MP34 M.2 NVMe SSD 1TB.
    Jakarta: Satu lagi produk terbaru yang datang ke meja pengujian Redaksi Teknologi Medcom.id masuk dalam kategori storage. Mengusung inovasi terkini, produk ini adalah TeamGroup MP34 M.2 NVMe SSD, perangkat penyimpanan PC yang sudah mengadopsi komponen chip flash sebagai medium.

    TeamGroup sendiri memang sudah dikenal dalam urusan storage flash dengan jam terbang cukup lama. Storage M.2 kali ini mencoba menawarkan performa tinggi dengan dimensinya yang tipis. Bagaimana dengan harga yang ditawarkan? Apa saja kelebihannya? Berikut review TeamGroup MP34 M.2 NVMe SSD oleh Medcom.id.

    Unit yang kami uji mengusung kapasitas 1TB. Sama seperti MP33 yang sudah kami ulas juga, PCB storage ini menggunakan warna biru. Warna ini memang menjadi pilihan kebanyakan vendor. Salah satu alasannya mungkin adalah memberikan kesan yang berbeda, karena secara umum PCB untuk komponen lain seperti motherboard mengadopsi warna hijau, dan kini semakin banyak yang memakai warna hitam.

    Di beberapa kasus, warna PCB tidak akan terlihat saat terpasang karena motherboard sudah menyediakan heatsink khusus yang bisa menempel cukup kuat. Ditambah lagi, warna PCB tak begitu terlihat karena tertanam chip dan dilapis label berisi nomor serial atau informasi penting lainnya. 

    Beberapa fitur yang ditawarkan mirip dengan jajaran storage M.2 TeamGroup lainnya, seperti S.M.A.R.T yang diklaim bisa meningkatkan efisiensi daya saat operasi. Ia juga telah mendukung protokol terkini NVMe 1.3, yang dapat mengurangi latensi atau lag transmisi data.

    Untuk kecepatannya, TeamGroup MP34 M.2 NVMe SSD tergantung pada kapasitas yang ditawarkan. Varian 1TB diklaim menawarkan kecepatan baca hingga 3.000MB per detik, dan kecepatan menulis hingga 2.600MB per detik.

    Kecepatan ini merupakan yang paling tertinggi dari semua pilihan kapasitas yang tersedia (ada versi 256GB dan 512GB). TeamGroup menyebut storage M.2 ini punya masa pakai hingga 1.660TB. Masa pakai ini tergolong sangat lama, mungkin sampai penggunanya bisa upgrade PC sampai 5 generasi.

    Beralih ke performa, kami menggunakan software CrystalDiskMark untuk membuktikan klaim kecepatan read dan write yang tertera pada TeamGroup MP34 M.2 NVMe SSD versi 1TB. Berdasarkan pengujian, terlihat storage M.2 ini mampu menghasilkan kecepatan baca 3.341MB per detik, dan kecepatan menulis mencapai 3.060MB per detik.

    Begini Performa TeamGroup MP34 M.2 NVMe SSD

    Ini berarti ia mampu menghasilkan performa yang melebihi perkiraan. Oleh karena itu, penggunanya tak perlu memikirkan wakto loading untuk mayoritas aplikasi yang dipakai, baik itu game maupun waktu boot Windows 10. 
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 5 5600X
    Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  Team Dark Alpha Z, T-Force Xtreem ARGB
    VGA  Zotac Gaming GeForce RTX 3070 Twin Edge, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
    Storage WD Black SN750 1TB, TeamGroup MP34 1TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Kesimpulan
    Di Indonesia, TeamGroup MP34 M.2 NVMe SSD versi 1TB dihargai mulai Rp3,5 juta. Harga ini berdasarkan pantauan kami di beberapa e-commerce Tanah Air. Harus diakui, harganya ini masih kalah dengan beberapa produk kompetitor seperti Kingston, WD, atau Adata. Storage M.2 di kategori yang sama mereka banderol kisaran Rp2,8 juta - Rp3 juta.

    Di sisi lain, kecepatan atau performa yang ditawarkan memang sangat menarik. Selain itu, kapasitas 1TB juga membuat Anda leluasa dalam menyimpan game, film, atau aplikasi lainnya yang memerlukan performa storage. Terlepas dari harganya ini, TeamGroup MP34 M.2 NVMe SSD masih layak menjadi pertimbangan konsumen yang ingin mengisi motherboard mereka dengan storage M.2.
     
    8.5
    TeamGroup MP34 M.2 NVMe SSD 1TB
    Plus
    • Kecepatan read dan write tinggi
    • Lifecycle tahan lama
    Minus
    • Harga di Indonesia

     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id