Review Notebook

    Lenovo IdeaPad Gaming 3i, Desain Kasual tapi Mumpuni untuk Gaming

    Lufthi Anggraeni - 24 Juli 2020 12:29 WIB
    Lenovo IdeaPad Gaming 3i, Desain Kasual tapi Mumpuni untuk Gaming
    Lenovo IdeaPad Gaming 3i.
    Jakarta: Potensi ranah gaming yang semakin besar menggiurkan banyak pihak untuk ikut mencoba peruntungannya. Lenovo menjadi salah satu pihak tersebut, yang saat ini semakin menyeriusi ranah ini dengan merilis produk terbaik karyanya.

    Salah satu produk yang menjadi bukti keseriusan Lenovo ini adalah Ideapad Gaming 3i. Laptop gaming meski bukan dalam termasuk di lini khusus gaming karyanya Lenovo, yaitu Legion, ini ditunjang dengan spesifikasi dan fitur yang diklaim mumpuni untuk memainkan game.

    Medcom.id berkesempatan menjajal salah satunya yaitu Lenovo IdeaPad Gaming 3i (15IMH05) yang didukung spesifikasi utama yaitu prosesor Intel Core i7-10750H dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 1650 dengan harga Rp16 juta.

    Dengan dukungan spesifikasi tersebut, Lenovo mantap menyebut IdeaPad Gaming 3i ini sebagai perangkat mumpuni untuk gaming. Namun, benarkah perangkat ini patut untuk dilirik konsumen yang mencari laptop gaming?

     

    Desain

    Bongsor menjadi kesan pertama yang kami dapati saat melihat Lenovo IdeaPad Gaming 3i ini. Namun hal ini tidak mengejutkan mengingat perangkat ini disasar sebagai perangkat gaming. Meskipun demikian, desain perangkat secara keseluruhan tetap elegan, layaknya perangkat untuk pebisnis khas Lenovo.

    Selain itu, Lenovo IdeaPad Gaming 3i ini juga terlihat futuristik dalam balutan casing plastik solid berwarna Chameleon Blue yang menawan. Kesan futuristik dari perangkat ini juga terasa berdasarkan desain yang tidak sepenuhnya persegi, dan dengan desain keempat sudut yang tidak kaku.

    Selain itu, desain perangkat ini juga tergolong sederhana, sebab Lenovo hanya menyematkan logonya dalam ornamen berbahan yang tampil menyerupai bahan metal di sisi kanan perangkat, baik di permukaan luar bagian layar maupun di bagian dalam lokasi penyematan keyboard dan touchpad.

    Lenovo IdeaPad Gaming 3i, Desain Kasual tapi Mumpuni untuk Gaming

    Secara ukuran, Lenovo IdeaPad Gaming 3i ini memang bukanlah perangkat berdimensi kecil, yang menjadi ciri khas perangkat gaming, serta berkat usungan layar berukuran 15,6 inci. Namun bentang layar pada perangkat ini tampak lebih luas berkat bekal bezel cukup tipis di sisi kanan dan kiri.

    Bezel bagian atas layar pada laptop ini memang tidak terlalu tebal, namun juga tidak bisa dibilang tipis. Hal ini dapat dimaklumi mengingat pada bezel atas ini, Lenovo menyematkan kamera terintegrasi. Sementara itu sebagai perangkat gaming, aliran udara yang baik untuk menjaga suhu sehingga aktivitas gaming lebih nyaman telah menjadi keharusan.

    Lenovo IdeaPad Gaming 3i, Desain Kasual tapi Mumpuni untuk Gaming

    Karenanya, Lenovo membekali ventilasi udara tergolong banyak pada perangkat ini. Anda dapat menemukan ventilasi tidak hanya di bagian bawah perangkat, tapi juga di sisi kanan bagian keyboard.

    Ventilasi di sisi kanan Lenovo IdeaPad Gaming 3i ini mendampingi port SuperSpeed USB, menjadi satu-satunya port yang tersemat di sisi kanan tersebut.

    Sementara itu, sisi kiri Lenovo IdeaPad Gaming 3i ini lebih ramai oleh kehadiran port charger, port ethernet, USB, USB-C, dan jack headphone 3,5mm. Sisi kiri bagian keyboard laptop ini juga menjadi lokasi penyematan lampu indikator pengisian baterai dan daya.

    Lenovo IdeaPad Gaming 3i, Desain Kasual tapi Mumpuni untuk Gaming

    Ketidaknyamanan mungkin terasa bagi Anda yang menggunakan laptop untuk aktivitas non gaming dengan dukungan mouse sebagai perangkat navigasi, dan membutuhkan port USB lain untuk menunjang aktivitas Anda, sebab hanya tersedia satu port USB yang dapat dimanfaatkan.

    Meskipun ramai, jarak antara masing-masing port di sisi kiri laptop tergolong jauh, sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan saat Anda menghubungkan perangkat dengan alat pendukung lain secara bersamaan.

    Sementara itu, berbeda dengan sejumlah laptop lain, Lenovo menyematkan tombol daya di atas keyboard Lenovo IdeaPad Gaming 3i. Keberadaan tombol ini cukup mencolok dan mudah ditemukan sebab menjadi satu-satunya tombol di atas keyboard dengan bentuk bulat dan berbekal lampu di bagian tengahnya.

    Lenovo IdeaPad Gaming 3i, Desain Kasual tapi Mumpuni untuk Gaming

    Lampu ini akan berkedip saat daya baterai mencapai 20 persen, sesuai dengan pengaturan default dari Lenovo IdeaPad Gaming 3i ini. Menyoal keyboard, sebagai perangkat gaming, Lenovo membekali IdeaPad Gaming 3i keyboard angka terpisah dari tombol keyboard pada umumnya.

    Pembekalan bagian khusus angka yang tersemat di sebelah kanan ini turut menyebabkan trackpad tersemat di bagian sedikit lebih ke kiri, dan bukan di tengah, seperti yang umum ditemukan di laptop lainnya.

    Bagi Anda yang sebelumnya menggunakan laptop dengan layout keyboard standar, mungkin akan menekan tombol yang diinginkan secara tidak sengaja, dan membutuhkan waktu pembiasaan lebih lama. Meskipun demikian, keyboard ini turut mengusung ciri khas laptop karya Lenovo yaitu tombol keyboard yang empuk, meningkatkan kenyamanan saat menggunakan perangkat dalam jangka waktu lama.
     

    Fitur

    Lenovo juga membekali IdeaPad Gaming 3i ini dengan fitur dashboard gaming karyanya, bernama Lenovo Vantage, yang merupakan software bawaan khas Lenovo. Pada Lenovo Vantage, Anda dapat melakukan sejumlah penyesuaian, termasuk menyoal mode Thermal.

    Dashboard Lenovo Vantage hadir dengan antarmuka yang terlihat rapi meski tidak praktis. Sebab Anda harus menggulirkan tampilan ke bawah untuk menemukan seluruh fitur yang disediakan Lenovo. Selain itu, Lenovo Vantage juga tidak menyediakan eksplorasi mendalam terkait kemampuan gaming pada perangkat ini.

    Lenovo IdeaPad Gaming 3i, Desain Kasual tapi Mumpuni untuk Gaming

    Lenovo menyuguhkan sejumlah fitur pengaturan performa berdasarkan suhu (thermal). Saat diatur pada pengaturan tertentu, kami tidak dapat membedakan jika fitur telah berjalan, kecuali berdasarkan bunyi kipas yang lebih bising saat performa dipacu.

    Fitur lain yang tersedia di Lenovo IdeaPad Gaming 3i ini termasuk network boost untuk memacu koneksi internet saat membuka aplikasi tertentu, yang sudah diatur lewat WiFi 6, serta rapid charge untuk pengisian cepat baterainya dan menjaga baterai terisi maksimal hingga 80 persen saat terhubung.

    Lenovo IdeaPad Gaming 3i, Desain Kasual tapi Mumpuni untuk Gaming

    Lenovo juga menghadirkan fitur lain yang mungkin tidak ditemukan pada laptop lainnya yaitu lapisan penutup kamera terintegrasi. Lapisan penutup ini tidak kentara sebab berada di antara lensa kamera dan bagian luar yang bersinggungan langsung dengan lingkungan sekitar.

    Untuk membuka dan menutup kamera dengan memanfaatkan lapisan penutup ini, Anda hanya perlu menggeser tuas di bagian atas sekaligus bagian tepi dari bezel, yang diindikasikan oleh tekstur bergerigi. Saat lapisan penutup kamera terpasang, Anda akan mendapati titik berwarna merah pada kamera.

    Lenovo IdeaPad Gaming 3i, Desain Kasual tapi Mumpuni untuk Gaming

     

    Performa

    Lenovo IdeaPad Gaming 3i hadir dengan dukungan prosesor Intel Core i7-10750H dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 1650, serta RAM 16GB (2x8GB) DDR4 2933MHz dan penyimpanan 512GB SSD NVMe.

    Kami melakukan pengujian pertama dengan beberapa software untuk melihat kemampuan komputasinya. Lenovo IdeaPad Gaming 3i (15IMH05) mampu menyajikan skor yang memuaskan. Pengujian ini dilakukan dalam mode Performance alias pengaturan performa tertinggi yang disediakan Lenovo Vantage dan baterai terhubung ke sumber daya.

    Mode yang yang sama masih digunakan di pengujian untuk bermain game. Kami memainkan game Assassin's Creed Odyssey di kualitas grafis Ultra High. Hasil performanya memang tidak buruk, tapi kurang memuaskan karena frame rate rata-rata hanya 31fps.

    Lenovo IdeaPad Gaming 3i, Desain Kasual tapi Mumpuni untuk Gaming

    Saat kami ubah ke kualitas High, frame rate rata-rata Assassin's Creed Odyssey di Lenovo IdeaPad Gaming 3i hanya naik ke 53fps, belum menyentuh 60fps. Selanjutnya kami mencoba memainkan game Gears 5 di kualitas grafis Ultra dan frame rate rata-rata yang didapatkan hanya 39,3fps.

    Sedangkan di game World War Z yang lebih ringan dengan kualitas grafis Ultra, Lenovo IdeaPad Gaming 3i memperoleh frame rate rata-rata (average) berada di 95fps. Selain itu, kami juga menguji laptop ini dengan PCMark 10 Battery pada skenario Modern Office.
     
    Pengujian  PCMark 10 Modern Office 3DMark Fire Strike  Cinebench R20 single-core  Cinebench R20 multi-core  
    Skor 4831 1149 343 2048  

    Di perangkat, performa dipasang ke Quiet Mode, baterai ke dipasang ke mode hemat maksimal dengan tingkat kecerahan layar 20 persen dan backlit tidak aktif. Baterai Lenovo IdeaPad Gaming 3i (15IMH05) mampu bertahan selama enam jam lima menit menurut PCMark 10 Battery.

    Dan menurut kami, performa tersebut sudah cukup memuaskan dan dapat diandalkan dalam skenario penggunaan di luar ruangan.

    Kesimpulan
    Tanpa kesan gaming yang salah satunya kerap dihadirkan oleh fitur RGB, tampilan Lenovo IdeaPad Gaming 3i (15IMH05) tetap mampu memanjakan mata. Spesifikasinya juga cukup baik sebab masih mampu memainkan game di kualitas grafis Ultra dengan frame rate rata-rata melampaui 30fps.

    Bodi berdimensi tebal dan bobot seberat 2,2kg mungkin lebih ringan jika dibandingkan dengan laptop gaming lainnya, namun masih cukup berat untuk dibawa bepergian.
     
    Spesifikasi Lenovo IdeaPad Gaming 3i (15IMH05)
    Prosesor Intel Core i7-10750H
    RAM 16GB DDR4 2933MHz
    Memori Internal  512GB NVMe SSD
    Layar 15,6 inci IPS FHD
    GPU NVIDIA GeForce RTX 1650 4GB
    Bobot 2,2kg
    Dimensi 359mm x 249,6mm x 24,9mm
    Harga Rp16 juta
     
     
    7.8
    Lenovo IdeaPad Gaming 3i
    Plus
    • Layar lega masih dilengkapi webcam
    • Performa cukup baik
    • Bodi tidak ramping tapi ringan
    Minus
    • Fitur Lenovo Vantage kurang dieksplorasi


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id