Review Mouse

    Logitech M238 Marvel, Ringkas Tanpa Kabel

    Cahyandaru Kuncorojati - 28 Juni 2020 14:04 WIB
    Logitech M238 Marvel, Ringkas Tanpa Kabel
    Logitech M238 Marvel Collection.
    Jakarta: Meskipun laptop berukuran kecil maupun besar selalu menyediakan trackpad, di beberapa kondisi penggunanya kerap masih mengandalkan aksesori mouse. Hal tersebut yang membuat kehadiran perangkat tersebut masih dibutuhkan hingga saat ini.

    Wajar apabila Logitech masih konsisten merilis aksesori mouse non-gaming karena melihat peminatnya masih besar. Beberapa waktu lalu mereka merilis mouse dengan edisi khusus bertemakan superhero dari Marvel. Produk ini adalah Logitech M238 Marvel Collection.

    Tema tersebut tampil dari desain bagian punggungnya yang menampilkan topeng atau logo identitas sang superhero. Logitech M238 Marvel hadir dengan ukuran dimensi bodi yang mungil. Di sini ada plus dan minus yang langsung terlihat.

    Logitech M238 Marvel, Ringkas Tanpa Kabel

    Menurut Medcom.id, desain mungil ini membuat mouse tersebut menjadi ringkas. Aksesori ini tidak membutuhan ruang yang lega untuk menyimpannya, ditaruh di kantong tas laptop sudah sangat pas tanpa terasa mengganggu.

    Sayangnya, ukuran yang mungil ini dipastikan tidak akan nyaman digunakan oleh pengguna dengan ukuran tangan yang besar. Mereka akan merasa mouse Logitech M238 Marvel Collection terasa kecil dan masih lebih menggunakan trackpad.

    Logitech M238 Marvel, Ringkas Tanpa Kabel

    Kondisi tersebut tidak bisa dihindari. Di sisi konektivitas, fitur nirkabel lewat USB Dongle menjadi andalan Logitech M238 Marvel Collection mendukung desainnya yang ringkas. Semua sistem operasi seperti Windows, MacOS, Linux, dan Ubuntu kompatibel dengan mouse ini.

    Komponen USB dongle tersimpan di bagian bawah mouse yang bisa dibuka. Di dalamnya Anda juga akan menemukan baterai AA yang diklaim Logitech bisa mendukung penggunaan hingga 12 bulan.

    Logitech M238 Marvel, Ringkas Tanpa Kabel

    Bagaiman pengalaman menggunakan mouse Logitech M238 Marvel Collection? Bagi pengguna yang memiliki ukuran tangan sesuai dengan dimensi bodi mouse ini menurut Medcom.id akan sangat nyaman. Bodi samping atau grip menggunakan material karet sehingga memberikan genggaman yang mantap.

    Pengalaman klik dari tombol juga sangat nyaman atau tactile. Bagian wheel-scroller di mouse Logitech M238 Marvel Collection juga bisa diklik. Input klik ke antarmuka laptop atau komputer tidak lambat. Pergerakan kursor maupun wheel-scroller juga akurat.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Kesimpulan
    Mouse Logitech M238 Marvel Collection menurut kami nyaris sempurna. Tampilan bertemakan superhero bisa jadi pemikat bagi penggemar franchise film Marvel. Di segi fitur, mouse sederhana ini bisa sangat diandalkan terlebih dengan konektivitas nirkabel.

    Mouse ini sangat nyaman digunakan, namun hanya bagi pengguna yang memiliki ukuran tangan kecil atau ideal dengan dimensi perangkatnya. Pengguna dengan ukuran tangan besar sebaiknya mempertimbangkan mouse Logitech lain dengan dimensi perangkat yang sesuai dengan genggaman.

    Logitech M238 Marvel Collection dibanderol di kisaran harga mulai dari Rp300.000. Harga ini memang cukup tinggi meskipun produk tersebut menawarkan build quality yang bagus sehingga akan awet digunakan.
     
    8
    Logitech M238 Marvel Collection
    Plus
    • Desain ringkas
    • Koneksi nirkabel
    • Tampilan menarik
    Minus
    • Tidak cocok untuk pengguna ukuran tangan besar
    • Harga




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id