Review Smartphone

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Lufthi Anggraeni - 12 November 2020 16:05 WIB
    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming
    Sharp Aquos Zero 2 lebih mengutamakan pengalaman gaming ketimbang kamera.
    Jakarta: Pasar smartphone mungkin bukanlah fokus utama Sharp, sebab perusahaan asal Jepang ini tidak begitu aktif dalam merilis smartphone karyanya baik di pasar dunia, maupun di Indonesia. Namun Sharp telah mencoba peruntungannya di pasar smartphone Indonesia sejak tahun 2015 lalu.

    Pada tahun 2015 lalu, Sharp resmi memboyong ponsel 4G seri Aquos pertamanya ke pasar Indonesia, bertajuk Aquos Crystal. Kemudian, pada tahun 2017, Sharp kembali menghadirkan ponsel cerdas hasil garapannya ke pasar Indonesia.

    Dan kini, Sharp kembali menghadirkan smartphone terbaru karyanya di Indonesia bertajuk Sharp Aquos Zero 2. Perangkat ini hadir mulai dipasarkan di Indonesia pada bulan September lalu dan diklaim sebagai smartphone teringan di dunia. Lantas apa lagi keunggulan yang ditawarkan Sharp Aquos Zero 2 ini?
     

    Desain

    Menyoal desain, Sharp Aquos Zero 2 hadir dengan desain unik yang menarik perhatian kami saat pertama kali melihatnya. Smartphone ini hadir dengan bodi depan atau bagian layar melengkung di kedua sisi.

    Tidak hanya di bagian depan, bodi bagian juga hadir dengan desain melengkung serupa, meski menurut kami, lengkungan di bagian depan sedikit lebih curam jika dibandingkan bagian belakang. Selain itu, ponsel ini juga hadir dengan bagian depan yang didominasi oleh layar.

    Dominasi layar ini dapat dihadirkan Sharp pada Aquos Zero 2 berkat bekal bezel tipis di bagian sisi serta dukungan desain melengkung. Namun di bagian atas dan bawah layar, Anda masih akan menemukan bezel lebih tebal dan kentara, dengan bezel atas hadir dengan desain poni layar berbentuk huruf U sebagai lokasi penyematan kamera depan.

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Namun usungan bezel lebih tebal tersebut tidak mengurangi kesan luas yang disuguhkan layar berukuran 6 inci pada Sharp Aquos Zero 2 ini. Desain melengkung yang diusung Sharp Aquos Zero 2 ini juga menghadirkan kenyamanan saat menggenggam perangkat, selain berkat bobotnya yang juga ringan, seberat 141 gram.

    Selain itu, bentuk melengkung ini juga memungkinkan Anda menggenggam dan menggunakan smartphone Sharp Aquos Zero 2 dalam jangka waktu lama dengan nyaman. Namun, bodi belakang ponsel yang berbalut bahan mengkilat tergolong licin, begitu juga dengan bagian layar, meski kesan licin pada bagian layar memudahkan proses navigasi.

    Dengan demikian, kami menyarankan untuk lebih berhati-hati agar ponsel tidak terjatuh saat dalam genggaman Anda. Keunikan lain yang diusung desain Sharp Aquos Zero 2 ini dapat Anda temukan pada lokasi penyematan lampu indikator notifikasi.

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Lampu ini tersemat di sisi bawah, tepatnya di ujung kanan sisi bawah ponsel, berdampingan dengan port USB-C dan lubang speaker. Hal ini mungkin sedikit membingungkan Anda yang terbiasa melihat kedipan lampu notifikasi di bagian layar, sehingga Anda tidak menyadari saat memiliki notifikasi yang terlewatkan pada perangkat.

    Selain itu, jika bagian bodi depan dan belakang hadir dengan desain melengkung cenderung cembung, bagian sisi atas dan bawah bodi Sharp Aquos Zero 2 ini juga hadir dengan desain melengkung, namun lebih cenderung cekung.

    Anda tidak akan menemukan sensor pemindai sidik jari fisik pada bodi ponsel cerdas ini, yang umum ditemukan pada bagian belakang bodi perangkat, sebab Sharp telah menyematkannya di bawah layar. Dengan demikian pada bagian belakang, Anda hanya akan menemukan kamera ganda dan lampu flash LED.

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Selain itu, Anda juga tidak akan menemukan jack headphone 3.5mm pada ponsel ini, dan sebagai gantinya, Sharp menghadirkan adapter 3,5mm to USB-C, mendampingi earphone dengan jack 3.5mm pada kotak kemasan penjualan.

    Namun, jika Anda kurang menyukai juntaian kabel pada earphone, Anda sangat bisa memilih earphone bluetooth sebagai aksesori audio pilihan.

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming
     

    Fitur dan Antarmuka

    Diklaim sebagai perangkat yang ditujukan bagi konsumen penggemar game mobile, Sharp Aquos Zero 2 berbekal layar dengan refresh rate 240Hz dan touch sampling rate 240Hz, menjadi yang tertinggi di ranah smartphone saat ini.

    Layar ini juga dilapisi oleh bahan pelindung Gorilla Glass 6 sehingga Anda tidak perlu khawatir layar mudah tergores. Kenyamanan bermain game pada smartphone ini kian terdukung oleh dukungan teknologi HDR10 dan Dolby Vision.

    Dukungan dua teknologi tersebut tidak hanya menyuguhkan pengalaman visual gaming menyenangkan, tapi pada aktivitas multimedia lainnya. Fokus pada konsumen penggemar game juga ditampilkan via dukungan sejumlah shortcut terkait dengan game yang muncul pada drop down menu bar saat Anda mengakses aplikasi game.

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Menyoal konektivitas, Sharp Aquos Zero 2 berbekal konektivitas jaringan 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, serta Bluetooth 5.0. Selain itu, perangkat ini juga didukung dengan teknologi NFC, mendukung aktivitas pembayaran non tunai yang saat ini tengah digalakkan pemerintah dan menjadi tren di kalangan masyarakat.

    Sementara itu, Sharp Aquos Zero 2 menggunakan sistem operasi Android 10 murni, karenanya tampilan yang diusung antarmuka pengguna perangkat ini sangat sederhana, serta dengan dukungan aplikasi bawaan dalam jumlah sedikit.

    Dengan demikian, Anda dapat menginstal lebih banyak aplikasi tambahan yang diinginkan dan diperlukan. Pengaturan layar perangkat ini juga tergolong lengkap, sebab Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, dari menghilangkan tampilan desain poni layar hingga menyembunyikan tombol navigasi.

    Penyembunyian tombol navigasi ini menyebabkan Anda dapat memanfaatkan fitur gestur sebagai pengganti tombol Back, Home dan Recent Apps. Bagi Anda yang belum tersedia dengan fitur gestur untuk navigasi ini, menggunakan perangkat yang secara default telah menggunakan gestur akan sedikit kebingungan di awal penggunaan.

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Dan melalui fitur Fungsi Praktis Aquos atau Aquos Useful, Sharp menyuguhkan pengaturan lebih detail terkait fungsi tertentu, salah satunya adalah gestur. Dengan demikian, Anda dapat mengatur gestur yang difungsikan sebagai pengganti perintah tertentu di layar.

    Sharp Aquos Zero 2 juga hadir dengan tampilan yang terdiri dari tiga layar utama, dengan tambahan menu di laci aplikasi lain. Layar perangkat ini juga menyuguhkan responsivitas baik dalam proses perpindahan dari satu layar ke layar lain.
     

    Kamera

    Sharp Aquos Zero 2 hanya dibekali dengan kamera ganda di bagian belakang, dengan konfigurasi kamera dan ukuran lensa tergolong standar di kelasnya. Sebagai informasi, Sharp Aquos Zero 2 berbekal kamera belakang ganda dengan lensa utama 12.2MP dan aperture f/1.7, serta lensa sekunder 20MP dan aperture f/2.4.

    Sementara itu di bagian depan, tersemat kamera selfie yang tersemat di poni layar dengan resolusi 8MP. Secara kualitas, foto yang dihasilkan kamera pendukung Sharp Aquos Zero 2 cukup baik. Detail gambar serta warna terlihat cukup memadai untuk kelas harga yang ditawarkannya.

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Baik di pencahayaan redup maupun cukup, hasil foto Sharp Aquos Zero 2 mampu menyuguhkan gambar dengan tampilan optimal, tidak hanya dari sensor utama tapi juga dari sensor ultra wide. Hanya saja fitur kamera yang ditawarkan ponsel ini tergolong minim, jika dibandingkan dengan smartphone lain dengan harga jual Rp12 jutaan.

    Ponsel ini tidak berbekal fitur unggulan seperti Night Mode, AI Portrait, video 60FPS, Super Slo-mo, ataupun AR foto/video, yang saat ini banyak diusung smartphone berharga tinggi. Namun, kamera utama Sharp Aquos Zero 2 telah dibekali oleh fitur Dual Pixel PDAF dan OIS.

    Sedangkan untuk kamera selfienya, dengan kamera 8MP cukup memuaskan di kondisi pencahayaan cukup, namun kurang memuaskan pada kondisi pencahayaan lebih redup. Soal kemampuan merekam video, Sharp Aquos Zero 2 hanya mampu menghadirkan perekaman video dengan kualitas 4K pada kecepatan 30 frame per detik.

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Menariknya, kemampuan perekaman video yang ditanamkan sudah dikombinasikan dengan fitur gyro-EIS untuk stabilisasi dalam proses pengambilan video.
     

    Performa

    Sharp Aquos Zero 2 didukung chipset Qualcomm Snapdragon 855, versi pendahulu dari Snapdragon 865. Chipset ini didampingi oleh RAM 8GB dan ruang penyimpanan internal berkapasitas cukup lega, yaitu 256GB.

    Anda tidak dapat menambahkan ruang penyimpanan pada ponsel ini sebab Sharp tidak membekali slot microSD pada Aquos Zero 2. Dengan dukungan spesifikasi tersebut, ponsel cerdas ini mampu menyuguhkan performa menyenangkan, termasuk saat memainkan game PUBG Mobile.

    Kesenangan memainkan game PUBG Mobile turut dihadirkan smartphone ini berkat layar dengan refresh rate 240Hz. Dengan angka refresh rate tinggi tersebut, Sharp Aquos menyuguhkan tampilan game mulus tanpa gangguan lag.

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Kenyamanan dan kesenangan bermain game juga didukung oleh tampilan memanjakan mata berkat kehadiran layar berpanel OLED dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Performa baik dari ponsel ini juga ditampilkan pada hasil pengujian via aplikasi benchmark 3DMark.

    Pada pengujian 3DMark Sling Shot, ponsel ini memperoleh nilai sebesar 6.363, sedangkan pada pengujian 3DMark Sling Shot Extreme OpenGL, Sharp Aquos Zero 2 memperoleh nilai sebesar 4.525. Dan pada pengujian yang melibatkan aplikasi benchmark PCMark Work 2.0, Sharp Aquos Zero 2 memperoleh nilai sebesar 8.960.

    Sementara itu, smartphone ini berbekal baterai berkapasitas 3.130 mAh dan baterai ponsel ini hanya berkurang sebanyak 16 persen setelah memainkan PUBG Mobile selama 30 menit. Pada pengujian baterai yang melibatkan aplikasi benchmark, ponsel ini mampu bertahan selama 9 jam 50 menit.

    Sharp Aquos Zero 2, Lebih Utamakan Gaming

    Baterai ponsel ini mampu bertahan dalam jangka waktu lebih lama dalam penggunaan dalam kegiatan sehari-hari selama sekitar 11 hingga 12 jam. Sayangnya, Sharp tidak membekali Aquos Zero 2 dengan dukungan teknologi pengisian daya cepat.

    Kesimpulan
    Perangkat ini mungkin lebih mengutamakan suguhan pengalaman gaming ketimbang fotografi, terlihat dengan minimnya dukungan fitur terkait fotografi pada Sharp Aquos Zero 2 ini. Karenanya, tidak mengherankan jika foto yang dihasilkan smartphone ini tidak semewah ponsel lain di rentang harganya.

    Selain itu, Anda juga mungkin kurang dapat lebih berkreasi dengan kamera smartphone ini. Namun desain menawan dan elegan serta bodi ringan menjadi sejumlah faktor yang mungkin dapat menarik perhatian Anda. Terutama bagi Anda yang tidak keberatan untuk mengeluarkan biaya Rp13 juta untuk memperoleh smartphone karya Sharp ini.
     
    Spesifikasi  Sharp Aquos Zero 2
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 855
    GPU Adreno 640
    OS Android 10
    RAM 8GB
    Memori Internal  256GB
    Kamera 12.2MP + 20MP belakang
    8MP depan
    Baterai 3.130 mAh
    Layar 6,4 inci 1080 x 2340 piksel
    Harga Rp12.999.000
     
     
    8
    Sharp Aquos Zero 5
    Plus
    • Game mulus
    • Bodi ringan
    • Ada NFC
    • Android murni minim aplikasi bawaan 
    Minus
    • Kamera minim fitur


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id