Review Notebook

    Lenovo Yoga Duet 7i, Ringkas, Bertenaga

    Lufthi Anggraeni - 13 Januari 2021 13:45 WIB
    Lenovo Yoga Duet 7i, Ringkas, Bertenaga
    Lenovo YOga Duet 7i.
    Jakarta: Pandemi tidak lantas menyurutkan tingkat mobilitas masyarakat meski harus mengalihkan berbagai aktivitas ke rumah dan melakukannya secara online. Karenanya, perangkat komputasi ringkas dan ringan masih dibutuhkan oleh masyarakat.

    Hal ini juga mungkin yang disadari Lenovo sehingga meluncurkan rangkaian perangkat berbobot ringan dan berdesain ringkas. Salah satu produk yang dihadirkan Lenovo ini adalah Yoga Duet 7i, dengan desain menarik dan mengingatkan kami pada Microsoft Surface Pro.

    Yoga Duet 7i mungkin bukanlah laptop 2-in-1 dengan perangkat utama tablet pertama yang pernah dipasarkan oleh Lenovo. Meskipun demikian, perangkat ini merupakan perangkat terbaru yang dihadirkan Lenovo dengan dukungan stylus.

    Sejumlah media di luar Indonesia juga menggadang Yoga Duet 7i sebagai perangkat alternatif dari perangkat komputasi serupa karya Microsoft tersebut. Namun benarkah Yoga Duet 7i memiliki performa sepadan? Simak ulasan kami berikut.
     

    Desain

    Lenovo Yoga Duet 7i hadir dengan desain ringkas berupa tablet yang dibekali dengan kaki penyangga terintegrasi yang terbuat dari bahan metal dan dapat dibuka dengan sudut yang lebar, mendukung kesan bahwa laptop 2-in-1 ini merupakan perangkat high-end.

    Selain itu, Yoga Duet 7i juga hadir dengan dimensi bodi tipis dan ringan meski dengan keyboard terpasang layaknya sasis pelindung. Sebagai informasi, perangkat ini berbobot 800 gram tanpa keyboard dan 1,19kg dengan keyboard.

    Perangkat ini juga hadir dengan layar luas, berukuran 13 inci dan tetap mampu menghadirkan dimensi yang tergolong kecil berkat ukuran bezel yang tipis. Layar ini mengusung resolusi 2160 x 1350 piksel, cukup mampu menampilkan teks dengan tajam.

    Lenovo Yoga Duet 7i, Ringkas, Bertenaga

    Sudut pandang yang disuguhkan layar Lenovo Yoga Duet 7i ini juga tergolong luas dan terang, menyuguhkan pengalaman penggunaan menyenangkan saat digunakan untuk menonton film. Kesenangan ini juga didukung oleh ukuran layar yang pas untuk aktivitas tersebut.

    Sementara itu pada bagian belakang bodi perangkat, Anda akan menemukan kamera, mendampingi fitur kaki penyangga, sedangkan di sisi atas tablet terdapat lubang ventilasi udara perangkat. Anda juga akan menemukan dua USB-C di sisi kiri dan satu di sisi kanan tablet, mendampingi tombol daya.

    Namun satu USB-C di sisi kiri ini hanya berfungsi sebagai port untuk pengisian daya. Selain itu, Lenovo juga membekali Yoga Duet 7i dengan slot kartu microSD dan jack headphone 3.5mm di sisi kiri.

    Di bagian bawah, Anda akan menemukan bagian penghubung antara layar serupa tablet dan cover keyboard yang sudah termasuk ke dalam paket penjualan perangkat ini. Sementara itu, bagian belakang cover keyboard ini menggunakan bahan, mendukung kesan elegan yang diusung Yoga Duet 7i.

    Lenovo Yoga Duet 7i, Ringkas, Bertenaga

    Keyboard ini juga menghadirkan kesan kokoh dan secara sekilas, mungkin keyboard ini tampak dangkal karena desain yang menjadikan tinggi tombol keyboard sejajar dengan bodi luar di sekitarnya. Namun tombol keyboard Lenovo Yoga Duet 7i ini tetap mampu menyuguhkan kenyaman saat digunakan untuk mengetik dalam jangka waktu lama.

    Keyboard ini juga hadir dengan ukuran normal dan berbekal sejumlah tombol fungsi juga berbekal touchpad layaknya laptop reguler. Ukuran touchpad mungkin tidak sebesar sejumlah laptop yang saat ini tersedia di pasar.

    Meskipun demikian, touchpad ini tetap mampu menghadirkan kenyamanan dan presisi baik terutama saat digunakan untuk memotong foto di aplikasi editing.
     

    Fitur

    Pada Yoga Duet 7i, Lenovo menghadirkan dua USB-C 3.1 Gen 1 yang dapat Anda manfaatkan untuk menghubungkan perangkat ke monitor eksternal. Sayangnya, Lenovo tidak membekali Yoga Duet 7i dengan konektor USB tipe A, sehingga Anda akan membutuhkan konektor eksternal untuk dapat menghubungkan laptop 2-in-1 ini dengan perangkat pendukung lainnya.

    Namun, berkat kemajuan teknologi yang membekali berbagai perangkat dengan konektivitas nirkabel, Anda mungkin tidak perlu khawatir akan absennya port USB-A ini, sebab Lenovo Yoga Duet 7i kompatibel dengan Intel WiFi 6.

    Lenovo Yoga Duet 7i juga berbekal sejumlah fitur cerdas, termasuk layanan suara Alexa dan login wajah melalui kamera inframerah dan Windows Hello yang mampu membuka kunci layar secara cepat dan dengan lebih mudah, termasuk saat melakukannya di kondisi pencahayaan redup.

    Lenovo Yoga Duet 7i, Ringkas, Bertenaga

    Saat layar dalam kondisi nonaktif, Anda sering kali tidak perlu menekan tombol daya untuk membuka kunci, dan hanya perlu duduk di depan perangkat dan sensor akan secara otomatis mendeteksi wajah dan kunci layar akan terbuka.

    Selain itu, touchpad pada keyboard laptop 2-in-1 ini juga mendukung sejumlah gestur sentuh yang dihadirkan oleh Windows 10. Cover keyboard ini juga didukung oleh Bluetooth 5.0. Seementara itu seperti yang telah kami sebutkan pada bagian desain, Lenovo Yoga Duet 7i ini berbekal kamera di bagian belakang, meski bukan satu-satunya.

    Kamera ini juga didampingi oleh kamera depan atau di atas layar, dan keduanya mengusung resolusi 5MP. Kualitas gambar yang disuguhkan kedua kamera ini dalam hal hasil foto memang tidak sebaik foto yang dihasilkan kamera smartphone.

    Lenovo Yoga Duet 7i, Ringkas, Bertenaga

    Namun hal ini dapat dimaklumi mengingat kamera Lenovo Yoga Duet 7i tidak ditujukan sebagai perangkat pendukung fotografi. Namun, kualitas gambar kamera itu tergolong baik saat digunakan pada layanan konferensi video.

    Lenovo juga membekal Yoga Duet 7i dengan teknologi Dolby Audio, mendukung kesenangan saat menggunakan perangkat untuk menikmati konten video. Seperti perangkat komputasi terbaru karya Lenovo lainnya, Yoga Duet 7i juga dibekali dengan hub layanan Lenovo Vantage.

    Fitur paling menarik dari Yoga Duet 7i ini mungkin adalah kompatibilitas laptop 2-in-1 ini dengan stylus, bernama Lenovo E-Pen. Pena digital karya Lenovo ini sudah termasuk dalam paket penjualan dan terbuat dari bahan serupa metal dan tergolong sensitif terhadap tekanan.

    Sensitivitas ini memungkinkan Anda menggambar garis lebih tebal dengan menekan ujung stylus lebih keras. Ukuran Lenovo E-Pen ini juga tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, sehingga nyaman saat digenggam.

    Lenovo Yoga Duet 7i, Ringkas, Bertenaga

    Sayangnya, Lenovo tidak menyediakan slot khusus pada bodi Yoga Duet 7i untuk menyimpan Lenovo E-Pen. Hal ini menimbulkan peluang stylus mudah tertinggal dan hilang saat dibawa dalam perjalanan.

    Selain itu di bodi stylus, Anda akan menemukan dua tombol dengan kemampuan penyesuaian konfigurasi jalan pintas atau shortcut yang akan diakses saat tombol ditekan, melalui menu pengaturan.

    Lenovo E-Pen ini sangat didukung oleh berbagai layanan di Windows 10 yang menjadi sistem operasi pre-instal pada laptop 2-in-1 ini.
     

    Performa

    Lenovo Yoga Duet 7i yang kami uji ini didukung oleh chipset Intel Core i7 generasi ke10, grafis Intel UHD Graphics, serta dengan bekal RAM berkapasitas 16GB dan ruang penyimpanan SSD NVMe 512GB.

    Dengan spesifikasi tersebut, tidak mengejutkan jika laptop 2-in-1 ini menyuguhkan performa tergolong cepat dan bertenaga. Selain pada penggunaan sehari-hari yang disuguhkan tanpa kendala atau lag mengganggu, meski tidak demikian dengan skor hasil uji dengan software benchmark.

    Tidak mengecewakan, namun perolehan skor pada pengujian ini tidak sebaik ekspektasi kami. Pada pengujian yang melibatkan software 3DMark Fire Strike, Lenovo Yoga Duet 7i ini memperoleh skor sebesar 802.

    Sedangkan pada pengujian PCMark 10 Modern Office, laptop 2-in-1 ini memperoleh skor 3.587. Untuk pengujian yang melibatkan software Cinebench R20 single dan multi-core, Lenovo Yoga Duet 7i ini masing-masing mendapatkan skor 330 dan 766.
     
    Pengujian  PCMark 10 Modern Office 3DMark Fire Strike Cinebench R20 single/multi-core
    skor 3587 802 330/766

    Menggunakan perangkat dalam jangka waktu lama menyenangkan sebab tangan kami tidak merasakan panas, mengingat seluruh komponen penggerak perangkat berada di bagian bodi layar dan berbeda dari laptop pada umumnya yang terletak di bawah keyboard.

    Selain itu, bukan merupakan perangkat yang ditujukan untuk aktivitas gaming, ada baiknya jika Anda tidak menggunakan Lenovo Yoga Duet 7i ini untuk memainkan game dengan pengaturan grafis tinggi.

    Menyoal baterai, Lenovo Yoga Duet 7i ini mampu bertahan selama 9 jam 45 menit dalam pengujian yang melibatkan software PCMark Modern Office Battery, dan sedikit lebih lama yaitu sekitar 10 jam hingga 11 jam pada skenario penggunaan sehari-hari, namun dengan kondisi bukan penggunaan grafis berat dalam jangka waktu lama.

    Kesimpulan
    Lenovo Yoga Duet 7i ini sesuai untuk Anda yang menginginkan perangkat berdimensi ringkas dan ringan, serta masih mampu menyuguhkan performa baik untuk menunjang aktivitas komputasi profesional dengan grafis ringan.

    Tidak hanya performa yang tergolong baik, bekal stylus dan cover keyboard dalam paket penjualannya menghapuskan kebutuhan Anda membeli kedua aksesori secara terpisah, sehingga harga Rp19 jutaan yang dibanderol Lenovo untuk laptop 2-in-1 ini menjadi sepadan.
     
    Spesifikasi  Lenovo Yoga Duet 7i
    Prosesor Intel Core i7-10510U 1.8GHz hingga 4.9 GHz
    RAM 16GB DDR4 2933MHz
    Memori Internal  512GB SSD NVMe
    Layar 13 inci, WQHD, 2160 x 1350 piksel, 144Hz
    GPU Intel UHD Graphics
    Bobot 1,19 Kg
    Harga Rp18.999.000
     
     
    8.5
    Lenovo Yoga Duet 7i
    Plus
    • Portabilitas baik
    • Desain elegan dan high-end
    • Layar 13 inci jernih dan tajam
    • Stylus presisi
    • Berbekal 3 port USB-C
    • Berbekal cover keyboard dengan dukungan Bluetooth
    Minus
    • Sudut posisi keyboard tidak dapat disesuaikan
    • Tidak ada port USB-A
    • Tidak ada slot khusus di bodi perangkat untuk menyimpan stylus


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id